Cara Meracik Biji Pala Sebagai Obat Insomnia, Maag, dan Menghilangkan Jerawat

Sebagai obat, biji pala biasanya dikeringkan dulu lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Petani memperlihatkan biji pala saat proses pengeringan di Desa Darussalam, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Aceh. Cara Meracik Biji Pala Sebagai Obat Insomnia, Maag, dan Menghilangkan Jerawat. Foto: Antara/Rahmad

MAGENTA -- Pala merupakan golongan rempah-rempah dengan nama ilmiah Myristica fragrans. Sejatinya, perdagangan buah pala sudah dilakukan sejak zaman Romawi. Pala berasal dari Banda, Maluku.

Usia tumbuh pohon pala bisa mencapai ratusan tahun. Pala merupakan tumbuhan yang berumah dua, dikenal dengan istilah pohon betina dan pohon jantan. Tinggi batang pala bisa mencapai 10-20 meter.

BACA JUGA: Sering Jadi Lalapan, Daun Pegagan Bisa untuk Obat Bisul, Amandel, Asma, dan Tifus

.

Pohon pala menjulang tinggi ke atas membentuk piramid dengan percabangan tumbuh teratur. Daunnya berwarna hijau mengilap dan sedikit gelap dengan ukuran panjang 4-5 cm serta lebar 3-7 cm.

Buah pala berwarna hijau agak kekuning-kuningan dengan bentuk bulat lonjong. Daging buahnya tebal dan berasa asam. Pada buah pala terdapat kandungan gizi yang komplet, yakni karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, serta vitamin A, B1, dan C.

BACA JUGA: Beda dengan Muhammadiyah, Pemerintah Tetapkan Idul Adha 29 Juni 2023

Biji pala berbentuk bulat sampai lonjong dengan panjang 1,5-4,5 cm dan lebar 1-2.5 cm. Warna biji pala cokelat dan mengilap pada bagian luarnya, sedangkan bagian dalamnya berwarna keputih-putihan.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, biji pala berkhasiat mengatasi sakit mag, mual, diare maupun perut kembung. Biji pala juga mampu mengatasi gangguan insomnia, jerawat, serta noda hitam pada wajah.

Bila ingin digunakan sebagai bahan obat-obatan, biji pala biasanya dikeringkan terlebih dulu lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk.

BACA JUGA: Khasiat Daun Salam Bisa untuk Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

Cara Meracik biji pala sebagai obat...


Cara Meracik Biji Pala Sebagai Obat

Petani memperlihatkan biji pala saat proses pengeringan di Desa Darussalam, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Aceh. Foto: Antara/Rahmad

1. Mengatasi insomnia

Siapkan segelas susu hangat. Campurkan 1 sendok teh bubuk pala ke dalam gelas susu tersebut. Minum sebelum tidur.

BACA JUGA: Sholat Subuh: Bacaan Niat, Tata Cara Beserta Bacaan Doa Qunut

.

2. Menghilangkan jerawat dan noda pada wajah

Campurkan bubuk biji pala ke dalam susu whole milk, aduk hingga mrmbentuk pasta. Oleskan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa menit lalu bersihkan wajah seperti biasa.

3. Mengatasi rasa mual

Masukkan satu sendok teh bubuk pala bersama sendok teh garam halus ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya,

4. Mengatasi sakit maag

Masukkan satu sendok teh bubuk pala dan dua sendok teh bubuk buah pisang batu ke dalam 100 ml air hangat. Aduk rata dan segera minum selagi hangat. Lakukan sampai maag sembuh.

BACA JUGA:

Bolehkah tidak Sholat Jumat karena Hujan Lebat?

Apa Hukum Menunaikan Ibadah Haji Non-Kuota atau di Luar Prosedur Resmi?

Meski Pahit, Brotowali Bisa Mengobati Koreng, Diabetes, dan Rematik

Pernah Dengar Daun Binahong? Ternyata Bisa Mengobati Jerawat, Eksim, dan Diabetes

Kocak, Pak AR Lulus Bikin SIM Meski Motor Dituntun Saat Praktik

 
Berita Terpopuler