Jangan Diabaikan, 5 Gejala Ini Merupakan Tanda Peringatan Artritis

Anak muda juga bisa mengalami artritis.

www.freepik.com.
Nyeri lutut (ilustrasi). Radang sendi alias artritis dapat memengaruhi kualitas hidup dan bisa menyerang siapapun, termasuk anak muda.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artritis dan sendi kaku (amfiartrosis) adalah kondisi umum yang bisa memengaruhi kualitas hidup dan bisa menyerang siapapun, termasuk anak muda. Cedera, kelebihan berat badan, gaya hidup yang tidak sehat, dan kondisi genetik adalah beberapa faktor yang menyebabkan kondisi itu.

Deteksi dini terhadap gejala-gejalanya memungkinkan perawatan dan tindakan yang cepat. Dilansir Times of India, Senin (19/6/2023) berikut lima gejala peringatan artritis dan sendi kaku yang tidak boleh diabaikan.

1. Nyeri dan ketidaknyamanan
Anjenay Agarwal, seorang ahli Ayurveda, menjelaskan bahwa nyeri yang konsisten dan gerakan yang terbatas adalah gejala khas dari masalah sendi. Ini mungkin merupakan gejala dari masalah yang mendasarinya jika Anda mengalami ketidaknyamanan sendi yang terus-menerus atau merasa sulit untuk menggerakkan sendi melalui seluruh rentang geraknya.

"Satu atau lebih sendi dalam tubuh dapat mengalami berbagai tingkat nyeri sendi," kata Agarwal.

2. Pembengkakan dan sensitivitas
Masalah persendian sering kali disertai dengan peradangan. Masalah yang mendasarinya dapat diindikasikan dengan pembengkakan di sekitar sendi yang disertai dengan sensitivitas dan rasa hangat.

Kemampuan tubuh untuk bergerak dan melakukan aktivitas rutin dapat terhambat oleh sendi yang meradang dan nyeri. Pembengkakan atau iritasi yang berlangsung atau memburuk dari waktu ke waktu harus diawasi dengan cermat.

3. Gerakan terbatas
Kekakuan sendi dapat ditandai dengan kesulitan menggerakkan sendi secara bebas atau rentang gerak yang terbatas. Tindakan sederhana seperti membungkuk, menggapai, atau berjalan mungkin menjadi sulit dilakukan ketika seseorang mengalami kekakuan.

"Sangat penting untuk mengobati situasi ini sesegera mungkin," kata Agarwal.

Baca Juga

4. Perubahan bentuk sendi
Kelainan bentuk atau ketidaksejajaran yang terlihat dapat muncul pada kasus-kasus ekstrem dari masalah sendi. Peradangan jangka panjang dan kerusakan pada jaringan di sekitarnya dapat mengubah anatomi sendi.

Itu dapat mengakibatkan kelainan bentuk. Sendi jari bisa menonjol atau jari-jari kaki jadi tidak mengarah ke arah yang benar.

"Sangatlah penting untuk mengenali perubahan pada penampilan sendi sehingga kerusakan dapat dihentikan sebelum menjadi lebih parah," jelas Agarwal.

5. Ketidaknyamanan di pagi hari
Banyak orang yang memiliki masalah sendi terbangun dengan rasa kaku dan sakit. Adanya kekakuan yang berlangsung lebih dari 30 menit di pagi hari atau selama periode tidak aktif yang lama dapat mengindikasikan adanya masalah sendi.

Agarwal mengatakan bahwa mengompres dengan kompres panas atau dingin, melakukan latihan peregangan yang pelan, dan mempertimbangkan suplemen alami dapat berkontribusi pada kesehatan sendi.

"Ingatlah, sendi yang sehat adalah fondasi untuk kehidupan yang memuaskan dan bersemangat," kata Agarwal.

 
Berita Terpopuler