Lawan Palestina, Erick Thohir: Ayo Tunjukkan Siapa Kita

Erick tak mau nama besar Indonesia berkecil hati di depan Palestina.

Dok PSSI
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan pengarahgan kepada pemain timnas Indonesia jelang laga melawan Palestina.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyempatkan diri hadir ke stadion tempat di mana pemain Timnas Indonesia menggelar latihan terakhir menjelang pertandingan melawan Palestina dalam uji coba FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (14/6/2023) malam WIB. Ia meminta para pemain untuk tunjukkan kebanggaan tim Merah Putih.

Baca Juga

Laga melawan Palestina merupakan salah satu dari dua laga uji coba periode Juni 2023. Selain melawan Palestina, tim Garuda juga akan menghadapi Argentina pada pertemuan kedua. Mantan bos Inter Milan itu meminta agar pemain tidak hanya fokus pada laga melawan Argentina, sebab, kata dia, laga melawan Palestina juga penting untuk meningkatkan ranking Indonesia di FIFA.

Ia juga mengakui Palestina bukan lawan yang mudah. Di atas kertas, Palestina lebih diunggulkan. Tim asuhan Makram Daboub berada dalam posisi yang jauh lebih baik daripada Indonesia dalam ranking FIFA. Saat ini, The Lions of Canaan saat ini menduduki posisi ke-93 dunia, sementara Indonesia 149. Selain itu, Palestina datang dengan catatan empat kemenangan dari empat laga terakhir. 

Tapi Erick meminta agar para pemain tidak patah arang. 

"Kita ada dua FIFA Matchday, dua FIFA Matchday ini untuk mimpi kita. Kita punya target 100 besar dunia, setiap FIFA Matchday penting. Jadi saya berharap pertandingan besok tidak kalah pentingnya sama pertandingan melawan Argentina. Palestina ranking ke-93, kita 149. Mereka lebih bagus dari kita," kata Erick kepada pemain, seperti diunggah dalam video Instagram Erick Thohir, Rabu (14/6/2023).

"Fokus pertandingan besok, kita harus raih poin maksimal untuk Indonesia. Laga melawan Argentina juga tidak akan mudah. Jadi sangat penting untuk kita. Berikan yang terbaik, tunjukkan merah putih kita, tunjukkan siapa kita," ujarnya menambahkan. 

Pelatih Tim nasional sepak bola Indonesia Shin Tae-yong mengatakan akan menjadikan laga uji coba FIFA Matchday melawan Palestina sebagai gambaran bagi pemain sebelum berlaga di Piala Asia 2023. Adapun Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

"Palestina jadi salah satu tim yang paling baik di FIFA ranking, apalagi kita terpaut 50 ranking, apalagi di Piala Asia tahun depan atau Kualifikasi Piala Dunia kita akan bertemu dengan tim-tim seperti Palestina atau lebih baik, karena itu kita uji coba melawan Palestina untuk mencoba intensitas pertandingan kita sekarang," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan, Selasa (13/6/2023).

 
Berita Terpopuler