Pilu Aborsi Perempuan Afghanistan di Tengah Ancaman Taliban dan Impitan Hidup 

Aborsi di Afghanistan mengalami peningkatan sejak Taliban berkuasa

AP Photo/Ebrahim Noroozi
Wanita Afghanistan (ilusttrasi). Aborsi di Afghanistan mengalami peningkatan sejak Taliban berkuasa
Rep: Mabruroh Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL - Seorang guru sekolah Ghazni, Rodabeh (24) kehilangan pekerjaannya setahun yang lalu ketika pemerintah Taliban secara efektif melarang gadis-gadis Afghanistan menerima pendidikan menengah.

Baca Juga

Beberapa bulan kemudian, dia mengetahui bahwa dia hamil dan menghadapi pilihan yang jelas. "Suami saya mengatakan kepada saya bahwa dia tidak ingin menambah beban dengan membesarkan seorang anak dan memilih aborsi ilegal," kata Rodabeh dilansirbdari The New Arab, Rabu (7/6/2023). 

Aborsi merupakan tindak pidana di Afghanistan dan dianggap sebagai kejahatan serius, sehingga siapapun yang berani melakukan aborsi akan didenda bahkan kurungan penjara.

Rodabeh dan suaminya memilih melakukan aborsi ilegal dengan bimbingan dari seorang bidan. Dia membayar bidan itu sekitar 60 dolar AS (Rp 892 ribu).

Bidan meresepkan Rodabeh delapan tablet Misoprostol, yang biasanya diminum untuk menginduksi aborsi medis. Tapi itu tidak berhasil.

Hingga pekan depan, ibu Rodabeh menghabiskan sekitar 230 dolar AS (Rp 3,5 juta) untuk dua bidan lagi. Satu lagi menggunakan pil, sementara yang lain menggunakan ampul, wadah kaca kecil yang berisi cairan keruh. Keduanya gagal, meninggalkan Rodabeh dengan rasa sakit parah di punggung dan perutnya.

Semakin putus asa, Rodabeh pergi ke klinik swasta untuk USG dan mengetahui janin telah meninggal. Dia kekurangan dana, jadi jenazahnya tinggal di dalam dirinya selama beberapa pekan lagi sebelum dia bisa membayar biaya mengeluarkan janin tersebut.

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan

Di Afghanistan Taliban, cerita menyedihkan seperti Rodabeh sudah menjadi hal umum. The New Arab menemukan banyak wanita dengan pengalaman menyakitkan yang sama dengan aborsi kriminal yang berbahaya.

Selama bertahun-tahun, aborsi di Afghanistan hanya legal ketika melanjutkan kehamilan dan kelahiran akan menimbulkan ancaman bagi kehidupan.

Dengan biaya yang cukup besar, alias suap, pusat kesehatan dan bidan akan mencoba melakukan aborsi, baik melalui pembedahan atau medis melalui pil.

Kembalinya Taliban ke kekuasaan tidak menghasilkan perubahan hukum, seperti yang mungkin ditakuti beberapa orang, tetapi itu membuat aborsi jauh lebih mahal dan sulit, semakin membahayakan nyawa perempuan.

“Permintaan pasar gelap untuk tablet misoprostol telah meningkat secara eksponensial pada tahun lalu,” menurut seorang perawat yang berbasis di Kabul The New Arab berbicara dengan syarat anonim. 

Untuk wanita tanpa resep, yang hampir semuanya, harga pil telah meroket hingga 100 kali lipat dari harga 2021. Hanya orang kaya yang mampu melakukan aborsi medis. 

Sementara itu, keluarga berencana dan kesadaran terkait kesehatan sangat terbatas di Afghanistan. Banyak wanita menerima bimbingan yang meragukan dari teman dan keluarga.

Beberapa memesan kontrasepsi oral secara online dengan sedikit pemahaman tentang dosis yang direkomendasikan. 

Beberapa tunduk pada aborsi jarum, meskipun sedikit kesalahan dapat merusak rahim mereka, yang menyebabkan kerusakan jangka panjang yang serius atau bahkan kematian. 

"Aborsi semakin banyak dilakukan di rumah oleh bidan tradisional yang sering kekurangan pelatihan dan pengetahuan tentang perawatan pasca-aborsi," kata Batool Haidari, seorang psikolog klinis Afghanistan yang berbasis di Italia. 

Batool memberikan saran online kepada wanita Afghanistan kebanyakan remaja yang belum menikah dan wanita yang sudah menikah terlalu miskin untuk merawat anak. 

"Banyak yang terus memiliki masalah psikologis dan fisik karena stigma sosial dan prosedur yang tidak aman," katanya.

Masoomeh (41) seorang bidan di Kabul, biasa menerima satu permintaan aborsi per pekan. Tapi sekarang dia bilang dia mendapat dua kali lipat. 

Infografis Taliban Ganti Kementerian Perempuan dengan Polisi Moral - (Republika)

Pemerintahan Taliban, bersama dengan kekeringan parah dan krisis kelaparan, telah mendorong 97 persen warga Afghanistan ke dalam kemiskinan, menurut Komite Penyelamatan Internasional. Lebih dari setengah populasi bergantung pada bantuan kemanusiaan. 

Baca juga: Terpikat Islam Sejak Belia, Mualaf Adrianus: Jawaban Atas Keraguan Saya Selama Ini

Mantan kepala fakultas bidan di Kabul, Nesa Mohammadi, mengatakan bahwa salah satu langkah pertama yang diambil Taliban setelah berkuasa adalah menerapkan tekanan pada pusat keluarga berencana dan sumber pendanaan mereka. 

Nesa menjalankan klinik Kabul swasta selama bertahun-tahun, memberikan panduan tentang keluarga berencana dan hak reproduksi dan seksual. 

Beberapa hari setelah Taliban mengambil alih ibu kota, beberapa anggota kelompok Islam mengunjungi klinik untuk mengancamnya dan kliennya dan menghancurkan tempat itu.  

 

Dia mengatakan bahwa sementara pil KB secara teoritis tersedia untuk umum, Taliban telah memperingatkan apotek dan klinik untuk tidak menjualnya. "Hari-hari ini Taliban ada di mana-mana," kata Nesa.

Lingkungan yang mencekik ini diperparah pembatasan budaya. Di beberapa daerah, wanita tanpa mahram, atau pendamping pria, ditolak dari klinik kesehatan dan apotek yang menjual kontrasepsi. 

Tekanan keluarga juga berperan. Seorang wanita yang diajak bicara oleh The New Arab dengan syarat anonim mengatakan ibu mertuanya melarangnya menggunakan kontrasepsi. 

"Di Afghanistan, wanita sering diharapkan untuk tinggal bersama keluarga suami," kata Nesa. "Tidak jarang ibu mertua campur tangan dan melarang penggunaan alat kontrasepsi."

Mengingat situasi yang mengerikan dan kurangnya pilihan, wanita semakin dipaksa untuk mencari aborsi ilegal yang membahayakan kesehatan mereka. Seperti Rodabeh atau Sima Gull, yang berusia 31 tahun menderita aborsi pada Juni 2022. 

Suaminya menjual buah di sudut jalan Kabul, berpenghasilan cukup untuk memberi makan pasangan dan kelima anak mereka. 

Setelah memutuskan aborsi, saudara perempuan Sima membawanya ke seorang wanita yang mereka pikir adalah bidan. 

"Yang dia punya hanyalah obat dan pengukur tekanan darah," kenang Sima. "Aku bahkan tidak yakin dia dilatih." 

Wanita itu memasukkan dua pil ke dalam vagina Sima dan memberinya dua pil lagi secara oral. Sima berdarah selama empat jam sebelum keguguran. 

Tapi itu bukan akhir dari itu. Sima terus berdarah secara teratur selama dua bulan saat berat badannya anjlok. Akhirnya, ibunya datang membawa uang untuk membawanya dirawat di rumah sakit swasta. “Saya sangat kesakitan dan tidak punya uang," kata Sima. "Aku khawatir aku tidak akan bertahan." 

 

Sumber: newarab 

 
Berita Terpopuler