Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

Sebelum digunakan sebagai obat, sebaiknya akar pepaya dikeringkan terlebih dulu.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Ilustrasi pohon pepaya. Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya. Foto: Republika/Putra M. Akbar

MAGENTA -- Tanaman yang satu ini bisa tumbuh di mana-mana. Pepaya yang bernama ilmiah Carica papaya L bisa ditemukan di daerah tropis, subtropis, daerah basah, daerah kering, bahkan di pegunungan sekalipun. Pepaya berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika bagian utara.

Selain buahnya yang berasa manis, pohon pepaya yang mudah ditemukan di pekarangan rumah bisa juga diambil akarnya untuk digunakan sebagai obat. Sebelum digunakan sebagai obat, sebaiknya akar pepaya dikeringkan terlebih dulu.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Biji Pepaya dan Biji Pinang Bisa Obati Cacingan

.

.

Akar pepaya mengandung senyawa kimopapain, papain, fitokinase, kalsium maleat, asam malat, karpain, serta glikosida sianogenik. Karena ada kandungan glikosida sianogenik, penggunaan akar pepaya harus dengan hati-hati, terutama yang masih berbentuk akar segar.

Menurut buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, akar pepaya memberikan efek farmakologi sebagai obat cacing, obat penyakit ginjal, peningkat volume urine, mengobati gigitan ular berbisa, serta bisa mengobati rematik.

BACA JUGA: Jamaah Indonesia Bisa Sewa Kursi Roda dan Skuter untuk Tawaf dan Sai, Ini Tarifnya

Cara meracik akar pepaya sebagai obat...


Cara Meracik Akar Pepaya Sebagai Obat

Ilustrasi pohon pepaya. Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya. Foto: Republika/Putra M. Akbar

1. Mengobati gigitan ular berbisa

Siapkan 10 gram akar pepaya kering, potong menjadi ukuran yang lebih kecil. Tambahkan irisan 1 gram bawang putih. Rebus keduanya dalam 100 ml air selama kurang lebih 15 menit.

Setelah mendidih, saring airnya. Bila volume air ternyata kurang dari 75 ml, tambahkan air matang. Minum sebanyak 3 kali sehari, tiap kali minum sebanyak 25 ml.

.

.

2. Mengatasi gangguan saluran kencing

Ambil 3 potong akar pepaya kering. Rebus bersama 1 liter air hingga mendidih. Saring dan minum dengan dosis sehari sekali sebanyak setengah gelas.

3. Mencegah risiko batu ginjal serta radang ginjal

Siapkan 30 akar pepaya kering. Rebus dengan 800 cc air, sisakan 450 cc, saring dan dinginkan. Setelah dingin, campurkan madu secukupnya. Minum 3 kali sehari masing-masing sebanyak 150 cc.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

Akar pepaya sebagai obat cacingan dan rematik...


Cara Meracik Akar Pepaya Sebagai Obat

Ilustrasi pohon pepaya. Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya. Foto: Republika/Putra M. Akbar

4. Mengatasi cacingan

Siapkan 1 gram akar pepaya kering dan 1 gram bawang putih. Iris akar pepaya dan bawang tipis-tipis. Rebus bersama 100 ml air selama 15 menit, sisakan 75 ml. Minum sehari 3 kali, masing-masing sebanyak 25 ml.

BACA JUGA: Pertolongan Pertama Ketika Digigit Ular, Jangan Sedot Bekas Gigitan dengan Mulut!

.

.

5. Sebagai minuman penyegar

Ambil 2 potong akar pepaya kering dan 1 lembar daun pepaya. Tumbuk kedua bahan hingga halus. Rebus bersama 1 liter air sampai mendidih lalu saring. Campurkan madu atau jahe secukupnya agar rasanya lebih segar.

6. Mengatasi rematik

Siapkan 30 gram akar pepaya kering, 20 gram daun jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng cina, 30 gram daun sirih segar, serta 5 buah cabai rawit.

Haluskan semua bahan dan rendam dalam alkohol 75 persen selama tujuh hari. Setelah tujuh hari, peras dan saring airnya. Gunakan air perasan untuk menggosok/ mengurut bagian yang sakit sebanyak 2-3 kali sehari.

Catatan: Ramuan akar pepaya tidak boleh diberikan pada wanita hamil karena berdasarkan penelitian, pemberian raw papain akan menyebabkan efek embriotoksik dan teratogenik yang bisa menyebabkan keguguran.

BACA JUGA:

Khasiat Lengkuas Sebagai Obat Rematik, Gatal, dan Panu serta Cara Meraciknya

Daun Kumis Kucing untuk Obat Kencing Batu, Infeksi Saluran Kemih, dan Keputihan

Khasiat Daun Salam Bisa untuk Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

Terapi Makanan Prof Hembing: Bubur Lidah Buaya Kencangkan Kulit Wajah dan Atasi Flek Hitam

Generasi Z Ambisius, Milenial Si Kepo, Baby Boomer tidak Suka Dikritik, Kamu yang Mana?

 
Berita Terpopuler