Arnold Schwarzenegger Peringatkan Bahaya Penyalahgunaan Steroid untuk Besarkan Otot

Banyak binaragawan yang menyalahgunakan steroid untuk meningkatkan performa fisik.

EPA
Aktor Arnold Schwarzenegger mengakui dirinya juga menggunakan steroid saat masih menjadi binaragawan pada 1970-an.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Arnold Schwarzenegger memperingatkan bahaya penyalahgunaan steroid saat melakukan aktivitas binaraga. Bintang film Terminator itu mendapati masih banyak binaragawan yang menyalahgunakan steroid untuk meningkatkan performa fisik.

Schwarzenegger mengakui dirinya juga menggunakan steroid saat menjadi binaragawan pada 1970-an. Akan tetapi, dia secara legal melakukan rejimen testosteron dan D-Bol di bawah pengawasan dokter. Kala itu, binaraga selalu menganggapnya sebagai sesuatu yang aman.

"Tapi sekarang, tidak. Sekarang orang-orang sekarat. Mereka sekarat karena overdosis obat-obatan, dan mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan," ungkap pria yang kini berusia 75 tahun itu, dikutip dari laman Fox News, Senin (29/5/2023).

Walaupun dahulu menggunakannya, Schwarzenegger tidak menyarankan binaragawan dan binaragawati di masa sekarang memakainya. Penggunaan steroid untuk binaraga dilarang di Amerika Serikat pada 1990, setelah Undang-Undang Pengendalian Steroid disahkan.

Menurut Schwarzenegger, pemicu lain penyalahgunaan steroid adalah karena para binaragawan atau binaragawati mendapat nasihat medis keliru dari orang yang salah. Dia menyarankan, nasihat medis semestinya didapat dari dokter yang sah, klinik kompeten, atau pakar.

Mantan gubernur California itu mengingatkan penerusnya di dunia binaraga tidak "menyalahgunakan tubuh", atau akan menyesal di kemudian hari. "Saya ingin anak muda tahu bahwa saya telah melihat orang mendapatkan transplantasi ginjal, dan sangat menderita karenanya," tutur Schwarzenegger.

Baca Juga

Schwarzenegger menyadari mungkin banyak pihak enggan mendengarkan anjurannya karena dahulu dia melakoni hal tersebut. Akan tetapi, aktor yang membintangi serial Netflix Fubar itu merasa perlu mengingatkan orang-orang untuk tidak mengambil risiko.

Terlepas dari pemakaian steroid pada aktivitas binaraga, Schwarzenegger termasuk orang yang rajin menjaga kebugaran tubuh. Meski sudah berusia kepala tujuh, dia masih berolahraga dan rutin bersepeda setiap hari.

Schwarzenegger pun masih aktif menggeluti dunia akting. Bisnis pertunjukan jadi bagian penting dari hidupnya.

"Saya menyukai semua yang saya lakukan. Tidak ada kata pensiun. Saya masih menjalani hidup yang saya sukai, jadi saya bahagia. Rencana saya adalah untuk 'hidup selamanya', dan sejauh ini, hasilnya sangat bagus," tutur Schwarzenegger.

 
Berita Terpopuler