Mobil Listrik Vietnam Baru Enam Bulan Dipasarkan di AS Semuanya Harus Ditarik Kembali

Lebih dari 700 dari 999 unit masih berada di VinFast.

Reuters
Mobil listrik Vietnam, Vinfast terlihat selama pengiriman mobil tersebut ke Amerika Serikat di kota Haiphong, Vietnam, 25 November 2022.
Red: Firkah fansuri

REPUBLIKA.CO.ID,HANOI - Pembuat mobil listrik (EV) Vietnam, VinFast mengatakan menarik kembali semua kendaraan gelombang pertama yang dikirim ke Amerika Serikat pada November 2022 atau enam bulan lalu menyusul peringatan keselamatan yang dikeluarkan oleh otoritas AS.

Baca Juga

Langkah itu dilakukan setelah Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) mengatakan 999 kendaraan VF 8 VinFast mengalami kesalahan perangkat lunak pada tampilan dasbor yang mencegah informasi keselamatan penting ditampilkan dan "dapat meningkatkan risiko kecelakaan".

Lebih dari 700 dari 999 unit masih berada di tangan VinFast dan belum dikirimkan ke pelanggan atau layanan armada, menurut perkiraan NHTSA.

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters, VinFast mengatakan pihaknya mengeluarkan penarikan keselamatan sukarela dari VF 8 City Edition di mana layar dasbor menjadi kosong saat mengemudi atau saat berhenti.

"VinFast tidak mengetahui adanya laporan lapangan tentang insiden tersebut. Perusahaan mengeluarkan penarikan ini karena sangat hati-hati," katanya.

Pernyataan penarikan datang kurang dari dua pekan setelah VinFast mengumumkan akan mendaftar di Amerika Serikat melalui merger dengan perusahaan Black Spade Acquisition Co.

Kedua perusahaan memperkirakan entitas baru akan memiliki nilai ekuitas potensial sebesar 23 miliar dolar AS, dengan asumsi tidak ada pemegang saham Black Spade yang memilih untuk menguangkan.

Pada Februari, VinFast menarik kembali 2.781 mobil VF 8 yang dijual di dalam negeri Vietnam karena masalah dengan rem depan beberapa model.

VinFast, yang didirikan pada 2017 dan mulai menjual EV di California tahun ini, telah mengirimkan dua batch mobil VF 8 ke Amerika Serikat dengan total 2.097 unit. Itu juga berencana untuk mengirim kendaraan pertamanya ke Eropa pada Juli.

Dalam dokumen yang diajukan ke NHTSA, VinFast mengatakan pertama kali mengetahui masalah dasbor pada 27 April saat membaca komentar dan kekhawatiran pelanggan. Menurut badan keamanan, masalah tersebut telah didokumentasikan sebanyak 18 kali.

NHTSA mengatakan VinFast akan memperkenalkan pembaruan perangkat lunak yang akan memperbaiki masalah tersebut. Perbaikan perangkat lunak dijadwalkan untuk ditayangkan pada 25 Mei dengan surat pemberitahuan dikirim ke pemilik pada 29 Mei.

Bulan lalu, VinFast mengatakan telah menerima janji pendanaan senilai 2,5 miliar dolar AS dari induk Vingroup JSC (VIC.HM), konglomerat terbesar Vietnam, dan pendiri Pham Nhat Vuong, miliarder pertama Vietnam dan orang terkaya.

Mobil Listrik China Digugat Produsen China Lainnya 

Great Wall Motor telah mengajukan laporan kepada regulator China terhadap BYD. Dalam pernyataan Kamis (25/5/2023), Great Wall mengklaim dua model hybrid terlaris BYD tidak memenuhi standar emisi dan ini memicu pertengkaran publik yang langka.

BYD menolak klaim tersebut dan mengatakan kendaraannya memenuhi standar emisi China serta berhak mengambil tindakan hukum terhadap Great Wall Motor atas tuduhannya.

Tuduhan publik dari Great Wall Motor yang berbasis di Hebei - pembuat mobil terdaftar pertama di China - telah melemparkannya ke dalam pertarungan terbuka yang tidak biasa dengan BYD, pembuat kendaraan listrik dan plug-in hybrid terbesar dan tersukses di negara itu yang muncul sebagai saingan untuk Tesla.

Saham Great Wall yang terdaftar di Hong Kong ditutup turun 7,3 persen. Saham BYD yang terdaftar di Hong Kong pun turun 5,4 persen.

Di akun WeChat-nya, Great Wall Motor mengatakan telah menyerahkan dokumen pada 11 April ke kementerian ekologi dan lingkungan China, kementerian industri dan informasi dan regulator pasar utama yang menyatakan bahwa BYD gagal memenuhi standar emisi polutan dalam dua model hybrid plug-in.

Ketiga lembaga pemerintah tersebut tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters. "Kami dengan tegas menentang segala jenis perilaku persaingan yang tidak adil dan berhak untuk menuntut," kata BYD dalam sebuah pernyataan.

Great Wall Motor menuduh BYD menggunakan tangki bahan bakar non-tekanan dalam hibrida plug-in Qin Plus dan Song Plus, yang membiarkan cairan di dalamnya menguap lebih cepat daripada di tangki bertekanan. Song Plus adalah SUV terlaris BYD. Qin adalah sedan terlaris perusahaan.

Great Wall Motor tidak memberikan bukti atas klaimnya dan tidak menjelaskan mengapa ada masalah yang belum terdeteksi oleh regulator sebelumnya.

 

 
Berita Terpopuler