Harry Belafonte Meninggal Usia 96 Tahun

Harry Belafonte meninggal dunia di rumahnya di Manhattan hari Selasa karena gagal jantung kongestif

network /Impresi Republika
.
Rep: Impresi Republika Red: Partner

Instagram/calypso_king

Penyanyi/aktor Harry Belafonte meninggal dunia di rumahnya di Manhattan pada hari Selasa karena gagal jantung kongestif, kata juru bicara lamanya Ken Sunshine kepada The New York Times.

Lahir Harold George Bellanfanti Jr. di Harlem, New York dari orang tua kelahiran Karibia, Belafonte menjadi bintang besar di tahun 1950-an. Dia membantu mempopulerkan musik calypso, meskipun kemudian dia tampil di banyak genre lain seperti folk, blues, dan standar Amerika.

Musisi itu terkenal karena lagu-lagunya termasuk Day-O (The Banana Boat Song), Jump in the Line dan Perpisahan Jamaika, sementara album terobosannya tahun 1956 Calypso diyakini sebagai album pertama oleh seorang artis tunggal yang terjual lebih dari satu juta. salinan.

Selain karir musiknya, Belafonte juga menjadi seorang aktor, tampil di film-film seperti Carmen Jones, Island in the Sun, Odds Against Tomorrow, dan BlacKkKlansman 2018 - yang menandai peran terakhirnya.

Legenda pemecah penghalang itu juga seorang aktivis hak-hak sipil terkemuka dan seorang teman serta pendukung Martin Luther King Jr.

Belafonte menerima banyak penghargaan selama karirnya, termasuk Grammy Lifetime Achievement Award pada tahun 2000, Kennedy Center Honor pada tahun 1989 dan National Medal of Arts pada tahun 1994. Ia dianugerahi Jean Hersholt Humanitarian Award oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences pada tahun 2014 sebagai pengakuan atas aktivisme hak-hak sipilnya.

Ikon tersebut menikah dengan Marguerite Byrd antara tahun 1948 dan 1957, Julie Robinson dari tahun 1957 hingga 2004, dan Pamela Frank dari tahun 2008. Belafonte meninggalkan seorang istri Pamela, empat anak, dua anak tiri, dan delapan cucu.

 
Berita Terpopuler