Apa Itu Kanker Usus Besar ? Ini Gejala dan Cara Mencegahnya

Kanker usus besar makin banyak dialami usia lebih muda.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Kanker usus besar sering kali tidak menimbulkan gejala di awal. Ilustrasi. Foto : flickr.com

Kampus—Kasus kanker usus besar (kanker kolorektal) di usia muda kini meningkat. Kanker usus besar adalah penyakit kanker kedua terbanyak atau paling umum di Indonesia.

Seperti diberitakan republika.co.id, penyakit kanker besar ini diketahui lebih umum pada pria. Biasanya kanker ini lebih umum terjadi pada usia 50 tahun. Tetapi sekarang, makin banyak dialami usia lebih muda, bahkan di bawah 30 tahun.

Baca juga : Kanker Usus Kini Banyak Dialami Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Apa itu kanker usus besar ? Bagaimana cara mencegah kanker usurs besar ? Menurut dr Siswi Oktariani dari RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, seperti dilansir laman yankes.kemkes.go.id/, kanker usus besar adalah tumor ganas yang berada di usus besar. Kanker usus besar disebabkan oleh perubahan atau mutasi gen pada jaringan usus besar. Akan tetapi, penyebab mutasi gen tersebut belum diketahui dengan pasti. Meski penyebabnya tidak diketahui, ada beberapa gaya hidup yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker usus besar.

Faktor risiko akan dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker, namun tidak cukup untuk menjadi penyebab kanker. Faktor risiko tersebut, antara lain, usia yang lebih tua, gaya hidup yaitu diet tinggi daging merah, daging yang diolah, tinggi lemah rendah serat, dan konsumsi alcohol, obesitas, tidak suka bergerak, diabetes mellitus, dan merokok.

Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang menjadi faktor risiko seseorang menderita kanker usus besar, yaitu menderita polip usus, dan riwayat menderita kanker yang lain. Berikutnya adalah menderita peradangan usus yang disebut Crohn’s disease, riwayat kanker dalam keluarga, dan menderita kelainan genetik yang disebut Familial Adenomatous Polyposis (FAP) atau Syndrome Lynch.

Hal-hal yang mengurangi risiko kanker usus besar adalah diet tinggi serat pada buah, sayur, dan kacang-kacangan serta banyak melakukan aktivitas fisik.

Gejala Kanker Usus Besar

1. Perubahan pola buang air besar.

2. Nyeri perut

3. Kelemahan badan

4. Penurunan berat badan

5. Buang air besar juga dapat timbul baik itu tampak jelas maupun dari pemeriksaan laboratorium

6. Anemia dan pucat.

Cara Mencegah Kanker Usus Besar

1. Mengkonsumsi lebih banyak makanan berserat

2. Membatasi konsumsi daging merah dan daging olahan

3. Menghindari konsumsi alcohol

4. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

5. Mempertahankan berat badan ideal

6. Berolahraga secara teratur

Kanker usus besar sering kali tidak menimbulkan gejala di awal. Namun, jika sering mengalami gejala gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit, dan memiliki keluarga yang menderita kanker usus besar, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semakin awal terdeteksi, kemungkinan kanker usus besar untuk sembuh juga akan semakin besar.

Baca juga :

Tips Menghilangkan Sakit Kepala Secara Alami

Punya Pangkat Letkol Tituler TNI AD, Apakah Deddy Corbuzier Boleh Berbisnis dan Berpolitik ?

Unpad Jalin Kerjasama dengan Kota Sawahlunto, Dorong Pengembangan Kota

Angka Kemiskinan Terendah No 1 di Indonesia, Apa Rahasia Kota Sawahlunto ?

Kesempatan Kuliah Gratis di Akademi Pertambangan Milik BUMN dengan Beasiswa, Simak Info Lengkapnya

Unpad Siap Laksanakan Penerimaan Mahasiswa Baru dengan Tes Potensi Skolastik (TPS)

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com

 
Berita Terpopuler