On This Day: 1 April 2004, Google Luncurkan Gmail

Di awal kelahirannya Gmail memberi kapasitas ruang penyimpanan gratis 1 GB.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Logo aplikasi Gmail di sebuah iPad. On This Day: 1 April 2004, Google Luncurkan Gmail. Sumber: AP/Patrick Semansky

MAGENTA -- Tahukah Anda? Hari ini Google Mail (Gmail) berulang tahun yang ke-19. Gmail adalah layanan surat elektronik milik Google.

Pertama kali diluncurkan pada 1 April 2004, Gmail dalam bentuk beta saat itu hanya untuk kalangan tertentu dengan sistem undangan. Gmail baru bisa digunakan untuk publik pada 7 Februari 2007. Dua tahun kemudian, bersama seluruh produk Google Apps, layanan Gmail tidak lagi beta.

Adalah Paul Buchheit seorang insinyur komputer Google yang mencetuskan ide pengembangan Gmail dengan kode proyek bernama Caribou. Selama proses pengembangan awal, Gmail adalah proyek yang dirahasiakan dari sebagian komputer Google.

Dikutip dari The Washington Post pada 2019, di awal kelahirannya Gmail memberi kapasitas ruang penyimpanan gratis 1 GB per akun. Kapasitas tersebut mungkin terdengar tidak banyak saat ini, tapi pada 2004, 1 GB adalah jumlah yang sangat besar!

Bayangkan, saat itu pesaingnya, Hotmail dan Yahoo hanya memberikan kapasitas ruang penyimpanan 2 hingga 4 MB per akun. Jelas, Gmail langsung diterima masyarakat luas.

Gmail juga dapat mengirimkan lampiran hingga 25 Mb per email. Hingga Juni 2012, Gmail menjadi layanan surat elektronik berbasis web terbesar dengan 425 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Saat ini, Gmail menawarkan kapasitas 15 GB gratis untuk penggunanya.

Baca juga: 50 Tahun Evolusi Ponsel, dari Seukuran Batu Bata Hingga Layar Lipat


Perkembangan Gmail

Agustus 2011, Google memperkenalkan Gmail Offline, aplikasi yang didukung HTML5 untuk menyediakan akses ke layanan saat di luar jaringan (offline). Gmail Offline berjalan di peramban Google Chrome dan dapat diunduh dari Toko Web Chrome.

November 2014, Google memperkenalkan fungsi di aplikasi Gmail Android yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan email dari alamat non-Gmail (seperti Yahoo! Mail dan Outlook.com) melalui POP atau IMAP.

CEO Google Sundar Pichai berbicara mengenai fitur Gmail pada Mei 2018. Sumber: AP/Jeff Chiu

November 2016, Google mendesain ulang aplikasi Gmail untuk platform iOS. Pembaruan tersebut lebih banyak penggunaan warna, transisi yang lebih halus, dan penambahan beberapa fitur, termasuk Urungkan Pengiriman, pencarian lebih cepat dengan hasil instan dan saran ejaan, dan Gesek untuk Arsip/Hapus

Mei 2017, Google memperbarui Gmail di Android untuk menampilkan perlindungan dari serangan phishing. Outlet media memperhatikan perlindungan baru diumumkan di tengah serangan phishing yang meluas pada kombinasi Gmail dan layanan dokumen Google Docs yang terjadi pada hari yang sama.

Baca juga: Elon Musk Salip Obama Sebagai Orang dengan Pengikut Terbanyak di Twitter


Kelebihan Gmail

• Gmail menyediakan cloud storage atau penyimpanan data yang besar hingga 15 GB per akun. Ini adalah jumlah yang besar jika dibandingkan dengan layanan email lain.

• Gmail adalah layanan email yang teraman dari serangan malware serta virus. Google Mail bisa melakukan konfirmasi setiap ada email atau pesan yang masuk yang dianggap berbahaya atau mencurigakan. Gmail juga bisa melakukan scanning dokumen atau data yang dikirim pengguna lainnya.

• Gmail memiliki sumber daya besar sehingga berjalan dengan stabil. Sangat jarang Gmail mengalami masalah khususnya down.

• Gmail memberi izin pengguna supaya bisa login ke lebih dari satu akun. Pengguna bisa berganti dari satu akun ke akun lainnya dengan lebih cepat.

• Google memberikan fitur yang membuat pengguna bisa melihat email baru yang masuk ketika sedang membuka layanan Gmail. Gmail bisa refresh secara otomatis pada saat ada email yang baru saja masuk.

Baca juga:

Asal-usul THR: Dulu Hanya untuk PNS, Kini Semua Pekerja Terima

Fakta-Fakta Humza Yousaf, Muslim Pertama yang Pimpin Skotlandia

Kesederhanaan Bung Hatta: Ironi Sepatu Bally tak Terbeli dan Tas Branded Istri Pejabat

 
Berita Terpopuler