ITB akan Gelar PM dan KKN di Ibu Kota Nusantara (IKN), Ini yang Akan Dikerjakan

Sudah ada penandatanganan MoU antara ITB dan Otorita IKN.Ini

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Tim ITB mengunjungi Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu-Jumat, 8-10 Maret 2023. Foto : itb

Kampus—Institut Teknologi Bandung (ITB) berencana menggelar Pengabdian Masyarakat (PM) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Rencana itu diwujudkan dengan penandatangan MoU antara ITB dan Otorita IKN di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat terkait digitalisasi pembangunan.

Dilansir dari kamani tb.ac.id, program PM dan KKN yang tengah dirancang oleh ITB menyasar Kawasan IKN dan Kawasan Pengembangan Ibu Kota Nusantara (KPIKN) mulai disiapkan bersama pimpinan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan pemerintah lokal setempat. IKN yang tiga per empat lahannya berupa kawasan hutan memerlukan banyak pengetahuan dan terobosan untuk mewujudkan livable dan lovable city.

Sasaran kegiatan direncanakan berfokus pada tiga isu. Pertama pengembangan pariwisata lahan bekas tambang untuk wisata di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara berkolaborasi dengan PERHAPI, (F-TJSP), dan Satgas dan Pemanfaatan Lahan Bekas Tambang (PLTBA). Kedua, energi melalui teknologi pengolahan air bersih. Ketiga, ketahanan pangan melalui pelatihan pengolahan sumber daya hayati di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kunjungan ITB ke IKN dipimpin Rektor ITB Prof Reini Wirahadikusumah. Pemapran program persiapan PM dan KKN ITB di IKN disaksikan dan disambut dengan antusias oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, PhD dan jajarannya.

Tim ITB mendapat kehormatan secara khusus untuk meninjau beberapa lokasi terkait pembangunan infrastruktur seperti konstruksi jembatan Pulau Balang sebagai pintu masuk IKN hingga ke Titik Nol IKN, Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), hingga ke ground site Istana Presiden.

Dari hasil diskusi dan rencana penerapan program Pengmas dan KKN tahun 2023 ini, ITB telah menyiapkan sejumlah alokasi anggaran bagi dosen dan mahasiswa untuk aktif berkontribusi dalam pengembangan IKN. OIKN telah membuka peluang kegiatan penerapan pengabdian masyarakat di beberapa titik lokasi seperti botanical garden, persemaian Mentawir, pelatihan bidang pendidikan serta sosial kemasyarakatan di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, pengembangan potensi wisata di lahan galian bekas tambang di Kutai Kartanegara. Diperkirakan pada bulan Juni 2023 tim dari LPPM ITB, SAPPK, SITH, serta Direktorat Kemahasiswaan sudah dapat menugaskan dosen dan mahasiswa ITB melaksanakan program PM dan KKN di IKN.

Baca juga :

Empat Alasan Mengapa Gempa Turki Sangat Merusak Menurut Pakar ITB

Dua Tim STEI ITB Juarai Huawei ICT Competition 2022

Mahasiswa ITB Ciptakan Aspal Berbahan Limbah Plastik dan Organik

ITB Gelar MetaBinar Pertama di Indonesia, Apa Itu MetaBinar ?

ITB Punya Hybrid CreateView Smart Classroom, Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

Rancang Pembalut Ramah Lingkungan, Mahasiswa ITB Juara Lomba Falling Walls Lab Indonesia 2022

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id.Silakan sampaikan masukan, kritik, dan saran melalui komen di bawah ini dan melalui e-mail : kampus.republika@gmail.com.

 
Berita Terpopuler