Rabu 01 Mar 2023 02:52 WIB

Rep: Muhammad Rizki Triyana/ Red: Sadly Rachman

Cara Sederhana Merawat Para Lansia yang Telantar

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BANDUNG -- Herlina merupakan salah satu perempuan yang mendedikasikan hidupnya untuk berbakti kepada orang tua. Tetapi, ada yang berbeda. Pengabdian dan baktinya tak hanya untuk orang tua kandungnya saja, melainkan orang tua atau lansia yang ditelantarkan oleh keluarganya.

Lina, sapaan akrabnya merupakan generasi ketiga sebagai pengurus di Panti Sosial Werdha Laswi, Kota Bandung, Jawa Barat. Ia telah menghabiskan waktu selama 25 tahun untuk merawat para lansia laki-laki dan perempuan yang disapa oma dan opa.

Dalam perjalannya, tak jarang situasi sulit pernah dirasakan. Seperti di manfaatkan oleh pihak lain untuk 'menjual' kesulitan dan kesedihan penghuni panti demi kepentingan pribadi berkedok akan memberikan bantuan dari hasil open donasi lewat media sosial.

Tak hanya itu, Lina pun menceritakan tentang masih kurangnya perhatian warga sekitar jika salah satu penghuni panti ada yang meninggal dunia.

Namun, pemberian kasih sayang kepada para lansia yang ditelantarkan itu tak pernah surut. Karena, bagi Lina, dengan menjadi pendengar setia untuk mereka saja adalah cara sederhana menyayangi oma dan opa di Panti Laswi.


 

Karya: Muhammad Rizki Triyana

Videografer & Video Editor: Muhammad Rizki Triyana