Kalahkan Nottingham di Leg Pertama Semifinal Piala Liga Inggris, Man United Tatap Wembley

Manchester United mengalahkan Nottingham Forest 3-0 pada leg pertama semifinal.

Tim Goode/PA via AP
Wout Weghorst dari Manchester United (kiri) setelah mencetak gol kedua timnya pada pertandingan sepak bola leg pertama semifinal Piala Liga Inggris melawan Nottingham Forest di City Ground, Nottingham, Kamis (26/1/2023) dini hari WIB.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester United (MU) menjejakkan satu kaki ke final Piala Liga Inggris (Piala Carabao). Ini setelah MU memetik kemenangan 3-0 pada leg pertama semifinal yang berlangsung di markas Nottingham Forest, Stadion City Ground, Nottingham, Kamis (26/1/2023) dini hari WIB.

Baca Juga

Marcus Rashford membuka skor untuk Setan Merah. Sementara pemain baru Wout Weghorst menyumbang gol kedua, sekaligus gol perdananya sejak bergabung dengan Man United dengan status pinjaman dari Burnley pada bulan ini. Satu gol lagi dicetak Bruno Fernandes.

MU sudah memimpin saat laga baru berjalan enam menit. Berawal dari serangan dan tekanan tuan rumah yang gagal, bek MU dengan tenang mengalirkan bola ke Rashford yang berada di sisi kiri, sekitar 10 meter menuju garis tengah lapangan.

Tanpa penjagaan ketat, Rashford kemudian melakukan sprint lurus yang coba dibayangi pemain Forest. Ia kemudian mengubah arah ke kanan menuju kotak penalti Nottingham. Di sana, ada dua penjaga yang siap menahannya, tapi dengan kecemerlangan dan sedikit keberuntungan, Rashford lolos dari sergapan.

Satu bek lagi berusaha menutup, tapi Rashford lebih dulu melepaskan tendangan keras dari jarak cukup dekat. Bola yang meluncur deras ke tiang dekat tak bisa diamankan Wayne Hennessey.

Sam Surridge berhasil membalas pada menit ke-22. Namun golnya dianulit setelah pengecekan VAR yang melihat dia offside yang sangat tipis.

Man United...

Man United menambah keunggulan pada akhir babak pertama. Berawal dari Casemiro mendorong maju dari garis tengah, dia mengalirkan bola ke rekannya di timnas Brasil Antony.

Antony melepaskan tendangan rendah dan keras ke gawang. Hennessey melompat ke kiri dan menangkis bola, tetapi Weghorst bereaksi paling cepat untuk menyambut pantulan dari jarak sekitar enam meter. Gol pertama Weghourst untuk MU membuat skor berubah menjadi 2-0.

Memasuki babak kedua, MU tetap memberikan ancaman. Christian Eriksen nyaris membuat Setan Merah menjauh, tapi bola sepakannya yang melengkung hanya mengenai tiang.

Bruno Fernandes akhirnya benar-benar mencetak gol ketiga untuk MU pada menit ke-89. Ia menembak rendah dan keras dari tepi area penalti untuk membuat satu kaki MU hampir pasti berlaga pada partai final di Wembley. Tim asuhan Erik ten Hag hanya butuh minimal tak kalah dengan selisih lebih dari dua gol pada leg kedua di Old Trafford.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
Berita Terpopuler