9 Perempuan Masuk Bakal Calon Anggota Exco PSSI, Siapa Mereka?

Anggota Exco PSSI harus berisi minimal satu perempuan.

Republika/Putra M. Akbar
Sekjen PSSI periode 2017-2020 Ratu Tisha memberikan keterangan pers usai melakukan pendaftaran calon Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Ahad (15/1/2023). Ratu Tisha menjadi salah satu kandidat calon Wakil Ketua Umum PSSI yang akan dipilih pada Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari 2023.
Rep: Anggoro Pramudya Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Pemilihan (KP) PSSI telah mengumumkan nama yang masuk ke dalam bursa perebutan kursi Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk periode 2023 hingga 2027. Lima nama masuk sebagai bakal calon ketua umum, 20 nama untuk wakil ketua umum, dan 83 sebagai bakal calon anggota Exco.

Uniknya terdapat sekitar sembilan perempuan yang mencalonkan diri menjadi anggota Exco. Namun, mereka akan lebih dulu diverifikasi dan bila lolos dan akan bertarung pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari mendatang.

Para srikandi berparas cantik siap bersaing dengan para kompetitor lain demi mendapatkan suara terbanyak. "Sembilan perempuan yang terdaftar bakal calon Exco PSSI adalah Dizza Rasyid Ali, Fanny Irawatie, Ganisa Pratiwi Rumpoko, Maya Damayanti, Monica Desideria, Nirmala Dewi, Ratu Tisha, Vivin Cahyani dan Yosephine N BR. Sembiring," demikian keterangan PSSI yang didapat Republika.co.id, Selasa (17/1/2023).

Sebelum berkampanye di hadapan para voter, bakal calon harus melewati serangkaian pemeriksaan administrasi yang mendetail dari KP PSSI. Setelah terdaftar, semua bakal calon akan menjalani pemeriksaan administrasi oleh KP. Nantinya, KP akan menyampaikan soal kekurangan kelengkapan dokumen kepada pendaftar pada 19 Januari 2023 setelah verifikasi tuntas.

Pada 19-21 Januari 2023 para bakal calon dan pengusungnya dapat melengkapi kekurangan dokumennya. Baru pada 31 Januari 2023, KP akan mengumumkan daftar calon sementara Exco PSSI.

Selanjutnya, pada 1-3 Februari 2023 para bakal calon yang dinyatakan tidak lolos menjadi calon sementara dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI.

Ketika proses tersebut tuntas, maka KBP akan mengumumkan daftar calon tetap Komite Eksekutif PSSI pada 6 Februari 2023. Para calon tetap inilah yang akan mengikuti Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI pada 16 Februari 2023.

Dari sembilan perempuan bakal calon anggota Exco yang nantinya lolos untuk menjadi calon, bisa dipastikan satu di antaranya terpilih. Sebab statuta PSSI mengamanatkan harus ada minimal satu perempuan dalam anggota Exco PSSI.

Berikut profil singkat sembilan srikandi bakal calon Exco PSSI 2023-2027:

Ratu Tisha

Ratu Tisha kembali "turun gunung" untuk sepak bola Indonesia. Wanita berusia 37 tahun itu mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil ketua PSSI dan anggota Exco PSSI. Enam pemilik suara berasal dari Asosiasi Provinsi (Asprov) Banten, Asprov PSSI Maluku, Perserang Serang, PSIM Yogyakarta, Persekat Tegal, dan Sulut United dilaporkan mengusungnya.

Pemilik...

Pemilik nama lengkap Ratu Tisha Destria lahir di Jakarta 30 Desember 1985. Tisha lulusan ITB yang mengikuti program Master di FIFA. Ia sempat menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI periode 2017 hingga 2020 serta Wakil Presiden AFF. Tahun lalu, ia ikut membantu penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 di Jakarta.

Diza Rasyid Ali

Diza Rasyid Ali merupakan perempuan pertama yang menduduki posisi manajer di klub sepak bola Indonesia. Persija Jakarta menjadi tim yang dimanajeri Diza Rasyid Ali pada 1997.

Sosoknya jelas abadi bagi para pendukung Persija mengingat perempuan kelahiran 9 Juni 1963 tahun itu ikut menggagas lahirnya kelompok pendukung Persija, the Jakmania.

Tak hanya itu saja, Diza juga tercatat menjadi pengurus PSSI periode 2002 hingga 2006. Ia juga menjadi manajer PSM Makassar pada 2004/2005.

Pada 2006 hingga 2007 Diza menjadi pengurus Pengda (Asprov) PSSI Sulawesi Selatan sebagai Wakil Ketua Bidang Pembinaan. Ia juga sempat mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI periode 2011 hingga 2015 meski akhirnya tak lolos dalam seleksi akhir.

Nirmala Dewi

Nirmala Dewi masuk ke dalam bursa bakal calon anggota Exco PSSI. Perempuan cantik kelahiran Bandar Lampung, 18 Mei 1978, memiliki sederet jejak di dunia olahraga Tanah Air.

Sejak 2014 hingga pertengahan 2019, Nirmala menjabat sebagai Direktur Marketing dan Promosi PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), perusahaan pengelola klub Sriwijaya FC.

Di sisi lain, Nirmala Dewi menjadi Kepala Bidang Pemasaran Pengurus Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia Sumatera Selatan (KONI Sumsel) pada 2015.

Selain masuk dalam bursa bakal calon anggota Exco PSSI, ia masih mengemban tugas sebagai Sekretaris Jenderal PP Perbasi. Ia juga menjadi staf khusus Erick Thohir saat menjabat sebagai Presiden INASGOC pada Asian Games 2018 lalu.

Maya Damayanti

Baca Juga

Perempuan berikutnya yang masuk dalam bursa bakal calon Exco PSSI adalah Maya Damayanti. Maya Damayanti datang dan mendaftarkan diri untuk pemilihan Wakil Ketua Umum PSSI dan Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Bekal Maya mewujudkan harapan melalui pengalaman yang didapatkan saat berkecimpung di sejumlah klub Tanah Air. Salah satunya adalah menjadi manajer tim klub Liga 2 asal kampung halamannya, PSCS Cilacap.

Maya yang juga menjabat Bendahara Persipati Pati, Jawa Tengah. Ia juga menjadi dewan penasehat klub sepak bola putri Bintang Manis Kebumen sejak 2020 hingga sekarang.

Ganis Pratiwi Rumpoko

Ganis Rumpoko merupakan Ketua Askot PSSI Kota Batu untuk periode 2022 hingga 2026. Dirinya juga merupakan pemilik SSB Batu Football Academy.

Wanita yang pernah menempuh gelar Master Sport Business di University of Liverpool itu sempat santer digadang menjadi manajer Arema FC pada awal 2022 lalu.

Fanny Irawatie

Fanny Irawatie saat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) PSCS Cilacap. Sebelumnya ia menjabat sebagai manajer PSCS pada 2021 dan sempat bergabung dengan PSIM Yogyakarta pada 2019 hingga 2021.

Monica Desideria

Namanya malang melintang di dunia olahraga Tanah Air. Monica Desideria merupakan mantan pembawa acara olahraga tersohor era 1990-an.

Monica Desideria begitu membumi  karena penampilannya yang cantik dan luwes saat membawakan acara olahraga. Selain itu, pengetahuannya akan dunia olahraga patut diacungi jempol.

Ia sempat...

Ia sempat dipercaya untuk masuk ke dalam jajaran pengurus PSSI khusus untuk mengelola sepak bola wanita.

Vivin Cahyani

Sosok dengan nama lengkap Vivin Cahyani Sungkono ini lahir di Surabaya pada 20 September 1973 silam. Menariknya, dia tidak berangkat dari sepak bola.

Nama Vivin Cahyani melambung sebagai seorang atlet bola basket putri Indonesia. Sebelum akhirnya pensiun pada usia muda 23 tahun.

Pada 2019 kariernya di dunia sepak bola dimulai saat terpilih sebagai salah satu anggota Exco PSSI. Vivin Cahyani menjadi salah satu dari 12 sosok yang terpilih pada pemilihan yang dilangsungkan PSSI pada November 2019.

Sejak saat itu Vivin Cahyani resmi menjadi anggota Exco PSSI yang bekerja di bawah kepemimpinan dari Ketum Mochamad Iriawan.

Yosephine N BR. Sembiring

Yosephine Sembiring masih menjabat sebagai salah satu klub Liga 2 Indonesia, Karo United. Wanita yang akrab dipanggil Pipin, juga aktif dalam pergerakan positif untuk beberapa komunitas daerah.

 
Berita Terpopuler