Biasakan Jaga Kata Sandi di Tahun yang Baru

Jangan bosan mengganti secara rutin kata sandi untik berbagai layanan daring.

network /Vidita
.
Rep: Vidita Red: Partner

Dok Kaspersky

Tahun telah berganti menjadi 2023, namun hingga saat ini kebanyakan dari kita masih menganggap kata sandi hanyalah metode paling umum untuk otentikasi layanan daring. Namun bagi penjahat dunia maya, kata sandi jelas lebih dari itu.

Kata sandi menjadi jalan pintas ke kehidupan orang lain, alat kerja yang sangat penting, dan barang dagangan yang dapat dijual. Dengan mengetahui kata sandi, penjahat siber tidak hanya dapat memperoleh akun, data, uang, dan bahkan identitas pribadi.

Mereka juga dapat memanfaatkan hal ini sebagai rantai lemah untuk menyerang teman kita di jagat maya, kerabat, atau bahkan perusahaan tempat Anda bekerja atau miliki. Untuk mencegah hal ini, Kaspersky akan menyegarkan kembali ingatan para pengguna untuk melindungi identitas pribadi dan memahami bagaimana orang asing dapat mengetahui kata sandi sedari awal. Beberapa di antaranya:

Jangan menggunakan kembali kata sandi yang sama untuk beberapa akun.

Selalu buat kata sandi kita panjang dan kuat, lalu simpan dengan aman.

Mengubahnya segera setelah mendengar berita pertama tentang pelanggaran data di layanan atau laman yang kita gunakan.

Manfaatkan perangkat lunak pengelola kata sandi, seperti Kaspersky yang dapat membantu kita dengan semua tugas tersebut.

Perangkat lunak ini tersedia sebagai bagian dari solusi keamanan kami untuk UMKM dan pengguna rumahan. Selain itu, aplikasi Kaspersky memonitor keamanan semua kata sandi kita secara real-time.

Bahkan terdapat juga layanan untuk mengecek apakah benar terjadi kebocoran atau tidak. Aktifkan autentikasi dua faktor jika memungkinkan.

Ini memberikan lapisan keamanan tambahan dan akan mencegah peretas mengakses akun. Termasuk juga, jika seseorang berhasil mendapatkan login dan kata sandi Anda.

Hati-hati berbagi informasi

Berhenti membagikan informasi pribadi secara berlebihan, meskipun hanya dapat dilihat oleh teman. Karena hal ini sangat berpotensi menjadi sumber kebocoran di masa yang akan datang.

 
Berita Terpopuler