Penyebab Penaklukan Maroko oleh Pasukan Islam Jauh Lebih Sulit

Islam masuk Maroko melalui perjuangan para sahabat Nabi Muhammad SAW.

reuters
Ilustrasi Masjid Hassan II di Maroko. Islam masuk Maroko melalui perjuangan para sahabat Nabi Muhammad SAW
Rep: Mabruroh Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Maroko adalah sebuah negara di Afrika Utara yang memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Eropa. 

Baca Juga

Orang-orang Arab menyebutnya al-Mamlakah al-Maghribiyah atau Kerajaan Barat, sedangkan orang Persia mengenalnya Marrakech (tanah Tuhan).

Maroko merupakan wilayah yang strategis di Afrika Utara sehingga dari Maroko pun menjadi gerbang masuknya Islam ke Spanyol. Suku asli bangsa Maroko adalah suku Berber, suku yang sangat kuat dan keras.

Menurut Abdul Latif dalam Skripsinya “Dinasti Alawiyah: Kontribusi Maulay Ismail pada Kemajuan Kebudayaan di Maroko’ menyebutkan, Islam pertama kali masuk ke Maroko dibawa oleh Jenderal Uqbah Ibn Nafi dari Dinasti Umayyah, di bawah perintah khalifah Muawiyah ibn Sofyan yang memiliki tekad untuk menaklukkan Maroko dari bangsa Romawi.

Setelah ditaklukkan, suku Berber yang terkenal liar dan sulit diatur, ditambah dengan belum menguatnya Islam di kawasan tersebut, membuat bangsa Berber di bawah pimpinan Kusailani melakukan pemberontakan.

Momentum ini tidak dilewatkan bangsa Romawi untuk terus merebut Maroko dari kekuasaan Islam.

Perjuangan Uqbah menjaga tanah Maroko dilanjutkan Hasan ibn Nu'man yang melancarkan serangan di wilayah Tunisia, tetapi kembali dikalahkan pasukan Berber di bawah pimpinan Ratu Al-Kahina.

Sepeninggal ratu Al Kahina, atas izin khalifah Abdul Malik ibn Marwan, Hasan Ibn Nu'man kembali menundukkan suku Berber dan menjadikan wilayah kekuasaan Islam. 

Namun, bangsa Berber kerap kali selalu melakukan pemberontakan. Hingga kemudian Dinasti umayyah di bawah kepemimpinan Khalifah Al Walid bin Abdul Malik (705-715), memerintahkan Musa bin Nushair menjadi Gubernur di daerah Maroko.

Menyebarkan Islam di Afrika Utara lebih berat dibandingkan penyebaran Islam di wilayah lain. Bangsa Berber berkali-kali memberontak dan mencoba melepaskan diri dari kekuasaan Islam, dan bangsa Romawi kerap memanfaatkan kericuhan tersebut.

Dikutip dari buku “Bangkit dan Runtuhnya Andalusia” Raghib As Sirjani, menyebutkan bahwa penaklukkan wilayah Afrika Utara ini memakan waktu kurang lebih 53 tahun, dan atas keberhasilan panglima Thariq bin Ziyad, yang kemudian diangkat Musa bin Nusair untuk memerintah Maroko setelah ditaklukkan.

Sejak saat itu Thariq menetap di Maroko untuk memberikan memperkuat akidah dan agama Islam. Selama berada di kekuasaan Islam, Islam tidak pernah memperbudak ataupun menguasai.

Islam justru membebaskan mereka dari pemimpin yang dzalim seperti ketika mereka dikuasai bangsa Romawi.

Kemasyhuran Islam semakin tercium bangsa Siberia yang saat itu dipimpin Raja Roderick. Rakyat Siberia meminta Thariq untuk membebaskan mereka dari rajanya yang zalim dan dibenci rakyat.

Baca juga: Eks Marinir yang Berniat Mengebom Masjid Tak Kuasa Bendung Hidayah, Ia pun Bersyahadat

Thariq segera meminta izin Musa untuk berangkat menuju Andalusia. Thariq dan pasukannya kemudian bergerak dan menyebrangi selat yang kemudian dikenal dengan nama selat Jabal Thariq atau Gibraltar, karena Thariq pada saat menyeberangi selat tersebut berhenti di gunung itu.

Tariq kemudian menuju kawasan Jazirah Al Khadhra (green Island), di sana dia berhadapan dengan pasukan selatan Andalusia yang merupakan pelindung pasukan kristen di kawasan tersebut. Thariq menawarkan mereka untuk memeluk Islam dan memberikan pilihan, namun mereka menolak dan memilih perang.

Panglima mereka bernama Tedmore yang kemudian berkirim surat kepada Raja Roderick. Kabar pergerakan maju Thariq sampai kepada Roderick yang pada mulanya hanya menganggap serangan pasukan Islam tersebut hanya bagian dari penyamun.

Namun ketika pergerakan Thariq sampai ke Cordova, Roderick segera mengerahkan pasukan militernya yang dipimpin Vinceu.

Namun pasukan muslim berhasil mengalahkan mereka, kabar inipun membuat Roderick murka. Dia kemudian mengumpulkan 100 ribu pasukan berkuda dan memimpin mereka langsung untuk menyerbu Tariq dan pasukan Muslim.

Jumlah pasukan lawan yang besar ini terdengar oleh Tariq, yang saat itu hanya berjumlah 7.000 pasukan pejalan kaki dengan sejumlah kecil kuda. Thariq akhirnya mengirimkan pesan kepada Musa bin Nushair untuk meminta bantuan. 

Musa bin Nushair akhirnya mengirimkan Tharif bin Malik dengan memimpin 5.000 prajurit pejalan kaki dibawa dengan menggunakan kapal-kapal laut.

Tharif bin Malik pun tiba menemui Thariq bin Ziyad sehingga jumlah pasukan Islam pun mencapai 12 ribu prajurit. Thariq bin Ziyad pun mulai menyiapkan dirinya untuk menghadapi pertempuran.

Hal pertama yang dilakukannya adalah mencari lokasi yang tepat untuk melakukan pertempuran, hingga dia menemukan sebuah lokasi yang dikenal dengan nama Lembah Barbate. 

Di sisi belakang dan kanan lembah berdiri gunung yang tinggi. Itu tentu saja akan menjadi pelindung pasukan Islam, sehingga tidak ada seorang pun yang akan mampu berputar di sekitarnya. 

Sementara di sisi kirinya juga terdapat sebuah danau, sehingga ini menjadi sisi yang sangat benar-benar aman. Lalu di jalan masuk bagian selatan lembah ini (yaitu di bagian belakangnya), dia memasang kelompok pasukan yang kuat dipimpin  Tharif bin Malik, agar tidak ada seorangpun yang mampu menyerang bagian belakang kaum Muslimin.

Dengan begitu, dia akan mampu konsentrasi menghadapi pasukan Kristen dari arah depan kawasan tersebut, dan tidak ada yang dapat menyerangnya dari belakang.

Baca juga: Hidayah adalah Misteri, Dunia Clubbing Pintu Masuk Mualaf Ameena Bersyahadat

Dari kejauhan, datanglah Roderick dengan pakaian kebesarannya, menggunakan mahkota emas dan pakaian yang dipintal dengan emas, dan duduk di atas singgasana yang terbuat dari emas yang ditarik dua ekor bighal.

“Dia benar-benar tidak bisa melepaskan diri dari dunianya, bahkan hingga di saat-saat pertempuran dan peperangan datang memimpin 100 ribu prajurit berkuda, dan juga dengan tali temali yang diangkut di atas punggung-punggung bighalnya! Anda jangan terlalu heran dengan itu, karena dia sengaja membawa tali-tali tersebut untuk mengikat tangan dan kaki kaum Muslimin, setelah menurutnya kekalahan pasukan Islam pasti terjadi, kemudian ia akan menjadikan mereka sebagai budak,” kata Raghib.

Pada 28 Ramadhan 92 H (19 Juli 711 M), di Lembah Barbate, terjadilah pertempuran yang paling sengit dalam sejarah kaum Muslimin. Pasukan Muslim dalam jumlah kecil itu tetap teguh melawan pasukan Roderick. 

 

Janji kemenangan atau syahid di jalan Allah SWT memantapkan hati dan menguatkan kaki mereka dalam berperang. Perang selama delapan hari itu dimenangkan pasukan Muslim dan ini mengakhiri kekuasaan Roderick di tanah Andalusia. Thariq bin Ziyad selanjutnya berhasil mengibarkan bendera Islam di daratan Eropa.

 
Berita Terpopuler