Tayang 22 Desember, Cek Toko Sebelah 2 Ceritakan Sulitnya Jadi Orang Tua

Sekuel Cek Toko Sebelah tayang enam tahun setelah film pertamanya dirilis.

Republika/Rahma Sulistya
Press screening Cek Toko Sebelah 2 di XXI Epicentrum Jakarta, Senin (19/12/2022).
Rep: Rahma Sulistya Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekuel Cek Toko Sebelah akan tayang serentak di seluruh bioskop pada 22 Desember 2022. Ernest Prakasa mengakui bahwa dirinya semakin merasakan sulitnya menjadi orang tua ketika anak semakin dewasa.

"Baru sekarang kami berdua punya keresahan pribadi yang kompatibel dengan Cek Toko Sebelah. Anak kami sudah masuk SMP, kami mulai merasa, kok jadi orang tua makin sulit ya," ucap Ernest dalam press screening Cek Toko Sebelah 2 di XXI Epicentrum, Jakarta, Senin (19/12/2022).

Apalagi, menurut Ernest, anak usia remaja di era sekarang lebih kritis dan tidak segan melontarkan pertanyaan tabu. Sosok ini digambarkan seperti Amanda yang diperankan oleh Widuri Putri Sasono, yang tampak dengan enteng menanyakan hal sensitif kepada orang yang lebih tua.

Baca Juga



Di sisi lain, cerita ini juga menggambarkan bahwa orang tua rela melakukan hal apapun, bahkan terkesan mengontrol, demi kebaikan sang anak. Tetapi yang sering juga orang tua lupa adalah anak semakin dewasa maka semakin berkembang pula pola pikirnya.

"Pesannya itu, orang tua nggak selalu tahu yang terbaik buat anaknya. Kita pengen kasih lihat dilemanya orang tua, struggle-nya seperti apa untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya," papar Ernest.

Itu sebabnya, Ernest yang berperan sebagai Erwin serta merangkap sebagai sutradara baru mau menggarap Cek Toko Sebelah 2 setelah film pertama rilis di 2016. Selain memiliki keresahan, ia juga ingin skenario sekuel ini kuat.

"Kami sebagai kreator, tentu ini sesuatu yang menghantui. Kalau sekuel tuh nanti orang akan, ‘Ah bagusan yang pertama’. Kami merasa membuat Cek Toko Sebelah 2 itu beban yang sangat berat, kalau nggak punya skrip yang kuat kami nggak akan berani," ujarnya.

Cek Toko Sebelah 2 kembali dengan cerita keluarga Koh Afuk dengan dua cerita utama. Pertama, kisah Erwin yang hendak melamar Natalie, namun terbentur berbagai tuntutan mertua. Kedua, Koh Afuk yang mendesak Yohan dan Ayu untuk segera punya momongan.
 
Dalam sekuel ini juga hadir banyak karakter baru dan pergeseran pemeran. Karakter Natalie yang dulu diperankan oleh Gisella Anastasia kini dimainkan oleh Laura Basuki dikarenakan kebutuhan karakter dan peran. Kejutan tak hanya berhenti di situ. Widuri dan Maya Hasan juga terlibat memberi warna dalam Cek Toko Sebelah 2.

 
Berita Terpopuler