Tren dan Karakteristik Unik Gen Z di Instagram Sepanjang 2022  

Penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z di Instagram.

AP Photo/Jenny Kane
Logo Instagram. Sebanyak 3,2 miliar atau 41 persen dari populasi dunia adalah Gen Z.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Instagram telah merilis laporan bertajuk "Yang dicintai Gen Z Indonesia di Instagram". Melalui laporan tersebut, Instagram menyoroti hal-hal yang paling diminati Gen Z tahun ini, termasuk tren dan topik yang diikuti generasi tersebut di aplikasinya.

Hasil laporan tersebut merujuk kepada data internal Instagram dan bekerja sama dengan perusahaan survei konsumen, Populix. Survei yang dilakukan menjangkau sebanyak 2.000 pengguna Instagram berusia 18-25 tahun yang tersebar di 22 kota di Indonesia.

Direktur kemitraan kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara, Revie Sylviana, mengatakan bahwa 3,2 miliar atau 41 persen dari populasi dunia adalah Gen Z. Itu menjadikan mereka generasi yang sangat penting bagi industri digital, termasuk di Instagram.

"Mereka memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah populer. Kami menjabarkan deretan fitur, musik, dan tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan merangkum karakterisasi unik yang akan membedakan mereka dengan generasi sebelumnya," kata Revie lewat pernyataan resminya.

Menurut survei, Gen Z cenderung menyatukan aspek koneksi dan hiburan di satu tempat. Sejumlah 73 persen responden menyukai konten video yang dikonsumsi melalui Reels, diikuti dengan Instagram Story. Fitur "Stiker Add Yours" jadi salah satu fitur terfavorit Gen Z di Reels dan Stories.

Masih terkait dengan koneksi dan hiburan, Gen Z lebih memilih untuk mengikuti kreator sebagai sumber inspirasi mereka, dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Komedi, fashion, makanan, dan gaya hidup sehat menjadi empat topik yang paling dicari dan diikuti Gen Z dari para kreator.

Isu sosial menjadi salah satu topik yang paling diminati Gen Z di Instagram tahun ini. Lima topik yang paling banyak diikuti adalah lingkungan dan keberlanjutan, autentik dan menjadi diri sendiri, pemberdayaan perempuan, komunitas, dan kesehatan mental.

Identitas digital juga merupakan hal yang mengemuka dari Gen Z di Instagram. Penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z di Instagram, dengan ekspresi thumb up, blowing kissdan //winky menjadi tiga Avatar yang paling sering dibagikan.

Baca Juga

Berdasarkan hasil laporan yang ada, terdapat tiga tren yang akan terus relevan di Instagram sepanjang 2023. Tiga bidang itu yakni kuliner dan wisata, lagu dan tarian lokal, juga minat terhadap elemen-elemen web 3, seperti Avatar, AR, VR, dan NFT.

Sebagian besar tagar terpopuler di Instagram berhubungan dengan konten makanan dan traveling. Tagar #PesonaIndonesia, #Bali, dan #Kuliner menjadi beberap yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini. Sebanyak 40 persen dari Gen Z yang disurvei Populix mengaku aktif menggunakan ketiga tagar tersebut.

Di Reels, lagu dan tarian lokal lebih banyak dipakai dan dibagikan Gen Z daripada lagu asing. Sejumlah lagu favorit termasuk "Dunia Tipu Tipu" oleh Yura Yunita, "Ojo Dibandingke" oleh Farel Prayoga, "Full Senyum Sayang" oleh Evan Loss, "I Love Mama Mantu" oleh Bulan Sutena, dan "Hati-Hati di Jalan" oleh Tulus.

Sebanyak 65 persen responden Gen Z yang disurvei Populix mengaku ingin melihat lebih banyak lagi fitur realitas virtual (VR) di Instagram. "Kasat Mata" dan "ID Flag" buatan kreator dalam negeri menjadi dua AR Filter yang paling banyak digunakan oleh Gen Z Indonesia.

 
Berita Terpopuler