Tips Modifikasi Mobil Ceper

Ubahan suspensi perlu memoerhatikan kenyamanan dan keamanan

network /Eric Iskandar
.
Rep: Eric Iskandar Red: Partner

Foto-foto by HSR

JAKARTA--Modifikasi mobil pada bagian suspensi adalah salah satu modifikasi yang cukup diminati. Terutama modifikasi dengan mengubah ketinggian ground clearance atau yang biasa disebut ceper.

Brand Ambassador HSR Wheel, Haruns Maharbina mengatakan, bagi yang ingin melakukan modifikasi mobil ceper, ground clearance bisa disesuaikan dengan kebutuhan asal tidak mengganggu kenyamanan pengendara maupun kendaraan lain.

"Jika ingin menurunkan ketinggian mobil bisa dengan memasang lowering kit agar mobil tampil lebih ceper dan masih enak dilihat. Tapi, yang perlu diingat jangan sampai mobil terlalu ceper. Karena akan mengganggu performa dan kenyamanan saat berkendara," kata Haruns, Selasa (13/12/2022).

Menurut modifikator yang telah mencoba beragam aliran modifikasi tersebut, cara ini perlu diperhatikan oleh modifikator karena jika terlalu memaksakan untuk membuat mobil terlalu ceper maka hal itu bisa membuat kendaraan tidak nyaman dan bisa merusak sejumlah komponen.

Bahkan, mobil yang terlalu ceper juga bisa menggangu pengguna jalan lain karena mobil yang terlalu ceper kerap harus mengurangi kecepatan saat melewati jalan yang bergelombang. Dalam kondisi tertentu, hal ini bisa menggangu pengguna jalan lain bahkan berpotensi menimbulkan kecelakaan karena pengendara lain harus melakukan pengereman secara mendadak.

Bagi Haruns, performa dan kenyamanan adalah prioritas utama dalam melakukan modifikasi mobil. Itulah salah satu alasanya menggunakan pelek HSR Forged dan dibalut Ban Accelera.

“Saya suka dengan kualitas velg HSR Forged karena bahannya yang ringan dapat meningkatkan performa mobil di jalanan. Selain kualitasnya yang memang sudah terbukti bagus, desain velg ini juga sangat menawan dan bisa custom sesuai keinginan saya. Jadi, selain performa tampilan mobil juga makin keren," ujarnya.

 
Berita Terpopuler