Stuart Pearce Sarankan Southgate untuk Bertahan Sebagai Pelatih Timnas Inggris

Kabar pengunduran diri Gareth Southgate muncul setelah Inggris tersingkir

AP/Sang Tan
Stuart Pearce
Rep: reja irfa widodo Red: Muhammad Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain bertahan Timnas Inggris, Stuart Pearce, mengaku telah mengirimkan pesan kepada Gareth Southgate pasca kegagalan The Three Lions di Piala Dunia 2022.

Dalam pesan tersebut, Pearce meminta mantan rekan setimnya di Timnas Inggris itu untuk bertahan di kursi pelatih The Three Lions. Inggris terpaksa kembali mengubur mimpi untuk bisa mengakhiri puasa gelar Piala Dunia, yang terentang sejak 1966 silam.

Di gelaran Piala Dunia 2022, Harry Kane dan kawan-kawan mengakhiri langkah di babak perempat final usai menyerah, 1-2, di tangan juara bertahan turnamen, Prancis, Ahad (11/12/2022) dini hari WIB.

Kabar pengunduran diri Gareth Southgate sebagai pelatih Timnas Inggris pun mengemuka usai kegagalan ini.

Hingga saat ini, pelatih yang masih terikat kontrak menukangi The Three Lions hingga 2024 itu belum mengambil keputusan final terkait kabar rencana pengunduran diri tersebut.

Namun, Pearce berharap, Southgate memutuskan untuk tetap bertahan menukangi The Three Lions. Pengoleksi 78 caps buat Timnas Inggris itu pun secara khusus mengirimkan pesan kepada Southgate untuk terus menukangi The Three Lions.

''Saya mengirim pesan kepadanya pagi ini, Ahad (11/12/2022) waktu setempat, hanya untuk mengatakan, betapa bangganya saya terhadap dia dan skuad Inggris.”

“Saya harap, dia tetap bertahan di posisi tersebut dan membawa tim ini terus berkembang pada masa mendatang,'' ujar Pearce kepada Talk Sports, Senin (12/12/2022).

Penggawa Timnas Inggris pada dekade 90an itu menilai, meski Southgate gagal membawa Inggris menembus babak semifinal Piala Dunia 2022, eks pelatih Middlesbrough itu dinilai bisa membawa angin perubahan di skuad The Thre Lions.

Sinyal perubahan ini pun telah terlihat saat Southgate sukses membawa Inggris melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2018 dan partai final Piala Eropa 2020.

Secara khusus, Pearce menyebut, mantan rekan setimnya saat sama-sama masih membela The Three Lions itu merupakan sosok yang mampu meningkatkan rasa kebersamaan di skuad Timnas Inggris.

Begitu pula dengan kemampuan Southgate untuk menemukan solusi dalam berbagai masalah yang dihadapinya. ''Saya harap, dia terus menangani tim tersebut.”

“Dia adalah sosok yang bisa membuat skuad itu kompak. Saya akan sangat khawatir apabila dia mundur. Dia mampu mencari solusi terhadap semua problem.”

“Dia mempelajari apa yang harus dilakukan. Mari berharap, dia tetap bertahan di posisi tersebut,'' kata Pearce, yang menjadi pendahulu Southgate saat menukangi Timnas Inggris U-21 tersebut.

 
Berita Terpopuler