Republik Gobar Etape #2, Menjajal Trek Bersepeda di Kabupaten Bandung

Peserta Republik Gobar diajak menempuh trek dengan kondisi bervariasi. 

Muhammad Fauzi Ridwan/Republika
Peserta Republik Gobar Etape #2 bersiap gowes bareng dari titik start di Lapangan Upakarti Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (11/12/2022). Peserta akan menempuh rute sekitar 18 kilometer hingga finis di Kampung Pa’go, Pasirjambu, Kabupaten Bandung.
Rep: Dea Alvi Soraya/Muhammad Fauzi Ridwan Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Setelah sukses menggelar "Republik Gobar" Etape #1, Republika Perwakilan Jawa Barat menggelar agenda gowes bareng Etape #2, Ahad (11/12/2022). Pada Etape #2 ini para peserta Republik Gobar diajak menempuh rute dengan panjang mencapai sekitar 18 kilometer.

Baca Juga

Pada Republik Gobar Etape #1, yang digelar 20 November 2022, peserta menempuh jarak sekitar 10 kilometer dari titik start di kantor Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jalan AH Nasution, Arcamanik, Kota Bandung, hingga finis di Maranganani Camp, Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Sementara pada Etape #2, peserta akan memulai gowes bareng dari titik start di Lapangan Upakarti Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, Soreang. Peserta diarahkan menuju Jalan Terusan Al-Fathu, Jalan Soreang-Cipatik, Jalan Cimareme Pareng, Bojong, Kutawaringin, Cikadu, Bangsaibane, Cadas Ngampar, Sadu, lalu ke Jalan Raya Soreang-Ciwidey, dan finis di Kampung Pa’go, Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Trek yang ditempuh pada Etape #2 ini bervariasi, mulai dari jalur datar, turunan, hingga tanjakan yang menantang. Sembari gowes, peserta bisa menikmati panorama kaki pegunungan, sawah, sungai, serta melintasi perkampungan. Peserta Republik Gobar juga bisa beristirahat sementara di kedai atau warung-warung warga.

Bagi peserta yang merasa kelelahan atau tidak sanggup melanjutkan perjalanan, panitia menyiapkan beberapa tim evakuasi. Ambulans juga disiagakan. “Yang jelas, kami tidak ingin peserta memaksakan diri. Kami juga sediakan mobil evakuasi dan petugas yang siap untuk membantu peserta yang mengalami kesulitan,” ujar Ketua Panitia Republik Gobar 2022 Yusuf Supriatna.

Agenda Republik Gobar ini merupakan hasil kerja sama Republika dengan Bank BJB, didukung oleh Bank BJB Syariah, Aman Palestin Indonesia, RS Hermina Soreang, Elbrusland Adventure, Track, Kampung Pa'go, dan Pemkab Bandung. Yusuf berharap Republik Gobar Etape #2 ini berjalan lancar, sebagaimana juga kegiatan gowes bareng pada Etape #1.

 
Berita Terpopuler