Sudah Dapat Tiga Dosis Vaksin, 30 Persen Penderita Covid-19 Alami Gejala Awal Seperti Ini

Gejala awal Covid-19 itu terlihat pada penderita infeksi delta dan omicron.

Max Pixel
Sakit kepala (ilustrasi). ZOE Covid Study mengungkap 30 persen penderita Covid-19 di Inggris yang sudah mendapatkan tiga dosis vaksin mengeluhkan kehilangan nafsu makan di awal perjalanan penyakitnya.
Rep: Desy Susilawati Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada berbagai macam gejala yang bisa muncul saat tertular Covid-19. Menurut ZOE Health Study, yang mencatat gejala penderita Covid-19 di Inggris, kehilangan nafsu makan adalah tanda awal infeksi SARS-CoV-2.

Saat ini, gejala tersebut dialami hingga 27 persen orang menderita Covid-19 dengan varian delta dan omicron. Mereka sudah mendapatkan tiga kali vaksin Covid-19.

Baca Juga

Angka itu tidak separah saat awal pandemi, ketika tiga dari 10 orang dewasa yang positif Covid-19 dilaporkan mengalami kehilangan nafsu makan. Pada kelompok usia di atas 65 tahun, perbandingannya empat dari 10 orang.

Data yang dikumpulkan oleh ZOE juga menunjukkan bahwa penderita Covid-19 yang lebih parah sering mengalami kehilangan nafsu makan bersamaan dengan munculnya rasa kebingungan. Kehilangan nafsu makan juga bisa timbul seiring dengan sesak napas, diare dan sakit perut. Orang-orang yang mengalaminya juga lebih mungkin berakhir di rumah sakit.

Tidak ada nafsu makan selalu merupakan tanda kesehatan yang buruk

Studi tersebut menjelaskan bahwa melewatkan makan sebagai gejala Covid-19 pertama kali terlihat di panti jompo. Perawat melihat penghuni panti tidak makan. Para lansia juga sering kehilangan nafsu makan selama sakit.

Dilansir dari laman Express, Selasa (22/11/2022), kehilangan nafsu makan adalah bagian normal saat orang tidak sehat dan dapat disebabkan oleh rasa terlalu sakit atau lelah untuk membuat atau makan. Tidak memiliki nafsu makan selalu merupakan tanda kesehatan yang buruk dan harus diwaspadai pada kerabat yang lebih tua atau orang yang Anda rawat.

Kehilangan nafsu makan adalah tanda awal Covid-19. Akan tetapi, nafsu makan biasanya muncul kembali setelah beberapa hari.

"Di awal pandemi, kami menemukan bahwa ada kelompok gejala Covid-19 gastrointestinal yang berbeda, termasuk sakit kepala, kehilangan penciuman, kehilangan nafsu makan, diare, sakit tenggorokan, nyeri dada, namun tanpa batuk," ujar peneliti studi tersebut.

Menurut peneliti, jika mengalami kehilangan nafsu makan bersamaan dengan gejala Covid-19 lainnya, bisa jadi Anda positif terinfeksi SARS-CoV-2. Lalu, haruskah memaksakan diri untuk makan saat hilang selera atau sedang terlalu lemah untuk mengisi perut?

"Tidak perlu memaksakan diri untuk makan jika Anda tidak menginginkannya, tetapi sangat penting untuk tetap minum cairan untuk membantu mengganti air yang hilang saat tubuh Anda melawan infeksi," kata peneliti studi ZOE.

 
Berita Terpopuler