Mengupas Makna Surat Al Kautsar

Surat Al Kautsar turun terkaiit hubungan Nabi Muhammad dan kaum musyrik.

Pixabay
Ilustrasi Surga. Mengupas Makna Surat Al Kautsar
Rep: Zahrotul Oktaviani Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ulama memiliki perbedaan pendapat tentang di mana Surat Al-Kautsar diturunkan. Meski demikian, ada beberapa konsensus tentang alasan turunnya wahyu tersebut.

Baca Juga

Ada beberapa riwayat yang menyebut ayat ini berhubungan dengan situasi tertentu, yaitu antara Nabi Muhammad dan kaum musyrik. Ayat ini disebut diturunkan karena berkaitan dengan Al-'As ibn Wa'il.

Setiap kali nama Rasulullah disebutkan di hadapannya, Al-'As ibn Wa'il akan berkata, "Tinggalkan dia, karena sesungguhnya dia adalah seorang pria yang terputus dari tidak memiliki keturunan. Jadi ketika dia meninggal, dia tidak akan diingat."

Oleh karena itu, Allah SWT menurunkan surat ini. Ibn 'Abbas, Mujahid, Sa'id ibn Jubayr, dan Qatadah semuanya menceritakan kisah yang sama. 'Uqbah ibn Mu'ayt, Ka'b ibn Al-Ashraf, dan Abu Lahab juga dilaporkan mengartikulasikan ucapan serupa. Mereka, dan sayangnya banyak lainnya, digunakan untuk mencemarkan nama baik Nabi untuk mencegah orang mendengarkannya.

Setelah kematian awal putra-putra Nabi, orang-orang musyrik berpikir Nabi dan pesannya akan dilupakan setelah dia meninggal. Mereka akan terdengar mengatakan, “Jangan ganggu dia, dia akan mati tanpa keturunan dan itu akan menjadi akhir dari misinya!”

Oleh karena itu, ketika Surat Al Kautsar diturunkan, ia melakukan beberapa hal. Pertama, menenangkan hati Nabi dengan mengingatkan pada kebaikan melimpah yang Allah berikan di kehidupan sekarang dan di akhirat.

Kedua, surat ini bertujuan meyakinkan Nabi Muhammad tentang kehilangan dan nasib yang menunggu orang-orang musyrik. Dan terakhir, surat tersebut bermakna untuk membimbing Nabi, tentang bagaimana dia harus bertindak ketika menghadapi ejekan.

 

 

 

Dalam sebuah artikel di About Islam, Ali Al-Hawani berusaha membedah ayat-ayat dalam surat tersebut dan memperhatikan maknanya. Ayat pertama dari surat tersebut berbunyi, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu Al-Kautsar”.

Istilah Al-Kautsar berasal dari Al-Kathrah, yang berarti 'kelimpahan' dan 'jumlah yang besar'. Hal ini digunakan untuk melambangkan kebaikan yang telah diberikan Allah SWT kepada Nabi-Nya.

Kebaikan yang melimpah, berjumlah banyak dan tiada habisnya ini, benar-benar melawan segala fitnah yang dikatakan orang-orang kafir tentang Nabi dan Allah SWT. Ketika seorang Muslim membaca Alquran, bisa terlihat bagaimana Al-Kautsar mengalir dengan kekayaan bagi semua orang yang mendekatinya.

Sebagian ulama mengatakan, Al-Kautsar melambangkan sungai di Jannah. Mereka benar; namun, sungai yang disebutkan dalam beberapa hadits, hanyalah contoh dari kelimpahan yang tidak terbatas ini!

Baca juga : Viral Soal 'Pemimpin Beruban', Wagub Jabar Unggah Foto Bergaya Rambut Hokage Keempat

Lihat salah satu dari banyak hadits yang menyebutkan Al-Kautsar sungai. Imam Ahmed mencatat dari Ibn 'Umar bahwa Rasulullah berkata, “Al-Kautsar adalah sungai di surga yang tepiannya terbuat dari emas dan mengalir di atas mutiara. Airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu”. (At-Tirmidzi)

Ayat “Sesungguhnya Kami telah memberimu Al-Kautsar”, menunjukkan kepastian akan kelimpahan yang tidak pernah berakhir yang diberikan kepada Nabi dalam kehidupan ini, serta kabar gembira untuk beberapa dari apa yang akan diberikan kepadanya di surga.

Tentunya, ketika karunia ini datang dari Yang Mahakuasa, dan Dia menyebutkan ini dalam Alquran-Nya, ini pasti menghibur hati Nabi. Hal ini pula yang membuatnya merasa yakin bahwa dia akan menjadi pemenang di kedua kehidupan. Perintah Ilahi kepada Nabi dan orang-orang beriman.

Baca juga : Otoritas Iran Hukum Warganya yang Jadi Pendukung Negara Lawan di Piala Dunia

 

 

Ayat kedua memiliki arti, “Maka berdoalah kepada Tuhanmu dan berkurbanlah kepada-Nya.” Sebagai imbalan atas kebaikan yang melimpah dan sanggahan ilahi atas tuduhan palsu yang dibuat oleh orang-orang musyrik, Alquran mengarahkan Nabi untuk bersyukur sepenuhnya dan tulus kepada Allah.

Dia dibimbing untuk menyontohkan dan menjalankan semua tindakan ibadah, termasuk shalat wajib dan pengorbanan dengan tulus dan demi Allah saja, tanpa menyekutukan-Nya, Maha Suci-Nya. Sebagai orang yang benar-benar beriman kepada Allah, baik Nabi maupun pengikutnya, tidak boleh mengikuti langkah orang-orang kafir, dengan cara apa pun.

Terakhir, ayat ketiga dari surat ini berbunyi, "Sesungguhnya yang membencimu itulah yang terputus." Dalam ayat terakhir dari surah ini, yang dimakasud adalah orang-orang yang memfitnah Nabi. Mereka yang mengatakan dia tidak memiliki keturunan dan menganggap pesannya tidak baik, mereka adalah orang-orang yang benar-benar terputus.

Orang-orang ini tidak lagi diingat oleh siapa pun, kecuali apa yang telah mereka katakan dan lakukan yang bertentangan dengan kebenaran. Sebaliknya, pengaruh Nabi yang luar biasa terhadap umat manusia masih dan akan dikenang hingga akhir zaman. 

Baca juga : Musim Dingin yang Beku di Ukraina

 
Berita Terpopuler