Waspadai Penyakit Gagal Ginjal Anak, Kenali Gejalanya

Untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut, orang tua perlu mengenal beberapa gejala penyakit Gagal Ginjal Akut pada anak.

.
Rep: ruzdy nurdiansyah Red: Partner

Kenali penyakit gangguan Gagal Ginjal Akut pada anak.

ruzka.republika.co.id--Penyakit Gagal Ginjal Akut pada anak disebut juga Acute Kidney Injury (AKI). Gangguan penyakit tersebut menyebabkan terjadinya penurunan secara tiba-tiba pada fungsi ginjal. Penyakit tersebut harus diwaspadai para orang tua.

Untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut, orang tua perlu mengenal beberapa gejala penyakit Gagal Ginjal Akut pada anak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dr Mary Liziawati mengimbau para orang tua untuk mewaspadai penyakit Gagal Ginjal Akut misterius yang kini banyak diderita oleh anak-anak.

"Para orang tua harus memperhatikan kondisi anak yakni jumlah frekuensi buang air kecil, hingga tidak buang air kecil sama sekali dan warna urine berubah menjadi coklat," ujar Mary, Kamis (27/10/2022).

Menurut Mary, gejala lainnya yang timbul bagi penderita Gangguan Gagal Ginjal Akut pada anak-anak yakni demam, batuk, pilek pada anak usia 0-18 tahun. Kemudian, infeksi saluran cerna seperti mual dan muntah.

"Jika mengalami gejala tersebut segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Kemudian, pastikan anak mendapatkan cairan yang cukup selama sakit," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk dapat mencegah terjadi gangguan Gagal Ginjal Akut pada anak, para orang tua sebaiknya mencukupi cairan harian, konsumsi makanan lengkap dan gizi seimbang. Selain itu juga perlu menerapkan pola hidup sehat (PHBS).

"Kami berharap para orang tua waspada dan mulai meningkatkan perhatian kesehatan anaknya," harap Mary. (Rusdy Nurdiansyah)

 
Berita Terpopuler