Livescore Liga Champions: Inter Tumbangkan Barcelona di Giuseppe Meazza

Gol Hakan Calhanoglu pada babak pertama cukup membawa Inter menang 1-0 atas Barcelona

AP Photo/Antonio Calanni
Gelandang Inter Milan Hakan Calhanoglu (kanan) merayakan golnya ke gawang Barcelona dalam pertandingan Grup C Liga Champions di Giuseppe Meazza, Rabu (5/10/2022) dini hari WIB.
Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inter Milan mengamankan poin penuh saat menghadapi Barcelona pada matchday ketiga Grup C Liga Champions di San Siro, Rabu (5/10/2022) dini hari WIB. Gol tunggal Calhanoglu dalam pertandingan tersebut membawa Inter menang 1-0.

Baca Juga

Hasil ini menempatkan Inter di posisi kedua Grup C dengan nilai enam, tiga angka di bawah pemuncak klasemen Bayern Muenchen. Barcelona ada di posisi ketiga dengan nilai tiga, tapi berpeluang membalas saat gantian menjamu Inter di Camp Nou, tengah pekan depan.

Barcelona mengambil inisiatif dengan menguasai bola sejak awal, Inter bermain lebih sabar dan memanfaatkan serangan balik untuk menyerang. Inter bermain di bawah tekanan pada lima menit pertama. Federico Dimarco terpaksa harus memutar dan membuang bola keluar di dekat bendera sudut kiri, karena tekanan tinggi Barcelona. 

Pada menit ketujuh, Eric Garcia mencuri bola dari Lautaro Martinez di tepi kotak penalti Barcelona, tapi ​​bola mengalir ke jalur Calhanoglu. Gelandang Turki ini langsung melesatkan bola ke gawang. Namun si kulti bundar masih bisa digapai oleh Ter Stegen dan ditepis keluar, hanya menghasilkan tendangan sudut bagi Inter.

Tim tamu terus menekan untuk mencari gol pembuka. Peluang dimiliki Barcelona pada menit ke-11 saat Raphinha mengirim tendangan sudut dari kanan, tetapi Marcos Alonso hanya mampu melepaskan sundulannya yang masih melebar dari sasaran.  Selanjutnya Barca merebut bola lepas dari Calhanoglu, saat Alonso dan Pedri bergabung di sisi kiri untuk menghasilkan sepak pojok lagi.

Pada menit ke-23, VAR mengintervensi pertandingan untuk melihat rekaman, karena tim tuan rumah mengklaim penalti untuk handball yang jelas oleh Garcia. Namun Barcelona lolos dari penalti karena offside dalam pergerakan Inter menciptakan serangan tersebut. 

Empat menit berselang, Joaquin Correa berhasil menyarangkan bola ke gawang Ter Stegen. Namun, bendera asisten seketika naik untuk menunjukkan Correa offside dan menganulir gol tersebut.

Setelah beberapa saat, Blaugrana kembali menguasai bola di dalam setengah lapangan Inter. Namun, mereka kesulitan untuk memecah kebuntuan, dan tidak dapat melihat jalan yang jelas melalui tembok Nerazzurri yang menghadap mereka. 

Sementara itu, setelah beberapa kali terkena jebakan offside, skema serangan balik Inter akhirnya membuahkan hasil. Tim tuan rumah berhasil memetik keunggulan pada menit kedua injury time, sebelum turun minum. Calhanoglu berhasil membuat perbedaan setelah beberapa tembakan rekannya berhasil diblokir di area pertahanan. Skor 1-0 bagi Inter menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Barcelona kembali mendominasi penguasaan bola. Peluang dimiliki saat Onana dipaksa mengambil bola dari udara dari umpan silang Raphinha. Strategi pertahanan Inter bekerja dengan baik saat ini, karena bek sayap mereka mengisi untuk mendukung tiga bek dalam menghadapi Dembele dan Raphinha.

Barcelona mencoba melepaskan tendangan jarak jauh di menit ke-61. Barca membuka peluang saat Dembele mengambil bola di ruang di sisi kiri kotak penalti dan menembak dari sudut sempit.  Bola melesat ke tiang dekat tapi membentur tiang gawang dan tangan Onana. Inter berhassil menghindari ancaman.

Lima menit berselang, Barcelona menyamakan kedudukan saat Dembele berhasil menghindari Dimarco di sebelah kanan, sebelum mengirim umpan silang yang ke kotak 16 Inter. Fati dan Onana sama-sama melakukan kontak di tengah dan Pedri berhasil mencetak gol dari jarak dekat. Namun, VAR menunjukkan Fati menyentuh bola dengan tangannya tepat sebelum Pedri memasukkan bola ke gawang. Gol dibatalkan, dan Inter lolos lagi.

Pada menit ke-78, Onana melakukan penyelamatan penting dengan tinjunya saat ia meninggalkan posisi terlalu jauh dari gawang. Blaugrana memiliki serangkaian tendangan sudut selama beberapa menit terakhir, tetapi masih tidak bisa membuka pertahanan tuan rumah yang begitu kokoh.

Pertahanan Inter tampak goyah di menit-menit akhir setelah sejumlah pergantian pemain. Namun Skriniar masih mampu bertahan dengan baik untuk menghindari bola berbahaya melintasi kotak yang sebenarnya hampir menjadi gol bunuh diri baginya.

Barcelona terus menggempur selama tambahan waktu delapan menit. Namun gelombang serangan itu berhasil diatasi oleh Inter. Tidak ada peluang yang membuahkan hasil bagi Barcelona. Skor bertahan 1-0 hingga peluit akhir dibunyikan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler