Mahasiswa Ajari Masyarakat Moncek Timur Cara Membuar Abon Cabai

Desa Moncek Timur salah satu penghasil cabai di Sumenep

network /Rahmat Fajar
.
Rep: Rahmat Fajar Red: Partner

Keterangan: pelatihan pembuatan abon cabai oleh KK IST Annuqayat di Desa Moncek Timur

Sumber: Istimewa

NYANTRI--Kuliah Kerja Nyata (KKN) IST Annuqayah mengajarkan cara membuat abon cabai kepada masyarakat Desa Moncek Timur, Lenteng, Sumenep, Sabtu (20/8). Ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan ekonomi kreatif warga setempat. Sebab, di desa tersebut salah satu penghasil cabai di Sumenep.

Cabai tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari untuk dikonsumsi dalam rumah tangga. Bahkan tanaman ini diproduksi oleh industri skala besar hingga kecil. Pasalnya, cabai digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Koordinator KKN IST Annuqayah di desa setempat, Alisa Firdausiyah mengatakan desa Moncek Timur merupakan salah satu desa yang dominan hasil pertaniannya adalah cabai. Oleh karena itu tim berinisiatif untuk membuat produk abon cabai yang dikombinasikan dengan teri, dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat Moncek Timur.

"Agar mereka tidak hanya bertumpu pada hasil tani tetapi mereka juga dapat menciptakan produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi,” ujar Alisa.

Kegiatan tersebut mendapatkan sambutan yang bagus dari peserta yang hadir yakni anggota PKK. Menurut mereka abon cabai cocok dijadikan bahan kombinasi dengan makanan lain seperti rujak buah, kerupuk dan seblak kering.

Peserta pelatihan diikuti oleh PKK, KWT dan Muslimat. Mereka diberikan teori dan praktik bagaimana cara pengolahan cabai yang sudah kering mulai dari pemilihan cabai, teknik pengolahan hingga pengemasan agar produk memiliki nilai tambah.

Abdul Warist

 
Berita Terpopuler