Kapolsek di Sidoarjo Ditangkap Atas Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

Ada dua anggota kepolisian di Polsek Sukodono turut ditangkap karena kasus narkoba.

Republika/Yasin Habibi
Narkoba (ilustrasi) Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Dirmanto membenarkan penangkapan Kapolsek Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur, AKP I Ketut Agus Wardana atas dugaan penyalahgunaan narkoba.
Rep: Dadang Kurnia Red: Nur Aini

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Dirmanto membenarkan penangkapan Kapolsek Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur, AKP I Ketut Agus Wardana atas dugaan penyalahgunaan narkoba. Selain Kapolsek Sukodono, kata Gatot, ada dua anggota kepolisian di Polsek Sukodono berinisial Aiptu YHP dan Aiptu YS juga turut ditangkap dalam kasus yang sama.

Baca Juga

"Selain oknum Kapolsek itu, juga ada dua orang anggota di Polsek itu yang juga diduga menggunakan narkoba," kata Dirmanto di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa (23/8/2022).

Dirmanto menjelaskan, penangkapan terhadap tiga oknum di Polsek Sukodono itu berawal dari informasi masyarakat. Kemudian, Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polda Jatim melakukan penyelidikan di Polsek setempat dengan cara melakukan tes urine.

"Kemudian dilakukan tes urine terhadap Kapolsek dan dua anggota tersebut, dan hasil tes urin dinyatakan positif menggunakan sabu," ujarnya.

Saat melakukan penangkapan terhadap tiga oknum polisi tersebut, Dirmanto menyebut petugas juga menemukan beberapa barang bukti di salah satu ruangan di Polsek Sukodono, yang diduga sebagai tempat menggunakan barang haram itu. Di antaranya ditemukan korek api, sedotan pendek, dan plastik bekas sabu.

"Tapi ini bukan pesta narkoba. Sekali lagi ini bukan pesta narkoba oknum Kapolsek dan dua anggotanya. Jadi ada informasi, kemudian Kabid Propam Polda Jatim turun ke lapangan, cek lapangan, tes urine, dan diperiksa," kata Dirmanto.

Dirmanto mengatakan, ketiga oknum polisi tersebut saat ini sedang menjalani pemeriksaan intensif di Polda Jatim. Penyidik, kata Dirmanto, terus melakukan pendalaman sudah berapa lama ketiga oknum polisi itu menyalahgunakan narkoba.

"Sekarang ketiga oknum itu masih dalam pemeriksaan ya. Berapa lama pakai sabu masih didalami. Rekan-rekan mohon sabar, nanti akan disampaikan lebih lanjut," ujarnya.

Dirmanto menegaskan, penangkapan terhadap ketiga polisi tersebut sebagai komitmen Polda Jatim memberantas penyalahgunaan narkotika tanpa pandang bulu. Selain penyalahgunaan narkotika, kata Dirmanto, yang juga menjadi fokus penertiban adalah praktik perjudian, baik itu daring maupun konvensional.

 
Berita Terpopuler