Tokoh Lintas Agama Upacara Kemerdekaan di Masjid Istiqlal

Tokoh-tokoh perwakilan dari agama-agama yang ada di Indonesia melakukan upacara kemerdekaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-77 di Masjid Istiqlal

network /Fuji E Permana
.
Rep: Fuji E Permana Red: Partner

Tokoh lintas agama setelah upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-77 di Masjid Istiqlal, Rabu (17/8/2022). Fuji E Permana

Tokoh-tokoh perwakilan dari agama-agama yang ada di Indonesia melakukan upacara kemerdekaan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-77 di Masjid Istiqlal pada Rabu (17/8/2022). Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar menyampaikan pidato dalam upacara memperingati hari kemerdekaan tersebut.

Dalam pidatonya, Kiai Nasaruddin mengatakan, dari lubuk hati paling tulus, mari semua memanjatkan syukur ke hadirart Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena atas perkenan-Nya maka semuanya dapat hadir di lapangan upacara Masjid Istiqlal ini guna menghadiri perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-77.

"Upacara ini menjadi sangat khusus karena inilah sejarah pertama dalam lintasan sejarah bangsa Indonesia, upacara kemerdekaan RI dilaksanakan secara lintas agama di halaman salah satu rumah ibadah. Terasa sangat tepat pelaksanaan acara ini di depan Masjid Istiqlal atau Masjid Kemerdekaan," kata Kiai Nasaruddin dalam pidatonya, Rabu (17/8/2022).

Ia menyampaikan, upacara bersama tokoh lintas agama ini diharapkan menjadi salahsatu kekuatan yang akan berfungsi sebagai filterasi bangsa. Pemahaman esensi ajaran agama sedapat mungkin masih tetapi dalam bingkai NKRI. Filter keindonesiaan perlu selalu menjadi pegangan di dalam mengembangkan ajaran agama masing-masing. Jika ini terjadi maka kekhawatiran Agamaphobia, Islamophobi, radikalisme, dan penyimpangan agama atau kepercayaan niscaya tidak akan terjadi.

Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo bersama tokoh-tokoh agama lain menghadiri Upacara Kemerdekaan Indonesia di Masjid Istiqlal pada Rabu (17/8/2022). Kardinal Suharyo mengatakan bahwa pesan kemerdekaan yang disampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal menjadi alasan yang sangat kuat untuk bersyukur.

"Tantangan bagi kita semua warga bangsa Indonesia untuk terus mengambil peran yang berbeda-beda untuk menghadapi tantangan itu, saya pribadi yakin, kita yakin, dalam kerjasama yang baik, semua tantangan akan dapat diatasi sebagaimana sudah ditunjukkan oleh sejarah bangsa kita ini," kara Kardinal Suharyo di Masjid Istiqlal saat diwawancarai, Rabu (17/8/2022).

Di tempat yang sama, Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi), Siti Hartati Murdaya, mengatakan, bersyukur sampai sekarang bangsa Indonesia masih tetap bersatu sejak merdeka. Berharap masyarakat Indonesia kedepannya maju dan sejahtera.

Tokoh lintas agama setelah upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-77 di Masjid Istiqlal, Rabu (17/8/2022). Fuji E Permana

 
Berita Terpopuler