8 Makanan Kaya Kalsium untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kedelai adalah salah satu makanan kaya kalsium dan sumber vitamin D

Boldsky
Kedelai adalah salah satu minuman kaya kalsium dan sumber vitamin D
Rep: Haura Hafizhah Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia, tubuh terutama tulang mengalami keausan. Keausan ini mengurangi mobilitas dan kesehatan. Keausan ini adalah proses alami dan mungkin tidak sepenuhnya dapat dicegah. Namun, perawatan yang tepat dapat mengurangi dan memperlambat degradasi tulang dan otot.

Dilansir dari ndtv pada Jumat (12/8/2022), kalsium adalah salah satu nutrisi terpenting yang berkaitan dengan kesehatan tulang dan otot. Mengkonsumsi kalsium yang cukup memastikan tulang tetap kuat dan sehat.

Berikut makanan kaya kalsium yang meningkatkan kesehatan tulang yaitu :

1. Kedelai

Tahu akan menjadi alternatif bijak untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda jika Anda vegan dan sadar akan pola makan. Tahu tidak mengandung kolesterol dan secara alami bebas gluten. Produk kedelai lainnya, seperti tempe, susu kedelai yang diperkaya dapat menjadi sumber kalsium dan vitamin D yang juga tinggi kalsium.

2. Sayuran

Sayuran yang lebih populer dengan sebutan sayuran berdaun hijau ini sangat kaya akan nutrisi. Kelompok makanan ini termasuk selada, bayam, kol, brokoli, kembang kol dan sebagainya. Sayuran merupakan sumber kalsium yang bagus untuk para pelaku diet nabati.

3. Produk Susu

Produk susu merupakan sumber protein dan kalsium yang populer. Produk olahan susu seperti susu dan yoghurt khususnya dikenal manfaatnya bagi tubuh terutama tulang. Keju adalah sumber kalsium lainnya. Sebagian besar produk susu dapat disiapkan dan dikonsumsi dengan berbagai cara, menjadikannya sebagai tambahan yang ideal untuk diet harian Anda.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin D dan sebagainya. Nutrisi ini dikenal untuk meningkatkan kesehatan tulang dan meningkatkan mobilitas. Ikan berlemak juga kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu penyerapan banyak nutrisi.

5. Almond

Kacang-kacangan pada umumnya kaya akan berbagai nutrisi. Almond adalah sumber protein dan kalsium yang baik, yang keduanya memastikan kesehatan tulang, otot, dan persendian lebih baik. Kacang almond juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara seperti susu almond, mentega almond dan lain sebagainya.

6. Telur

Telur kaya akan berbagai nutrisi termasuk protein, kalsiumndan vitamin D. Semua nutrisi ini membantu meningkatkan kesehatan tulan.'Namun, untuk memastikan Anda mengekstrak nutrisi yang cukup, pastikan Anda mengonsumsi telur utuh dan bukan hanya putih telur.

7. Biji

Makanan kecil yang padat nutrisi ini, seperti biji chia, biji poppy, dan seledri, kaya akan kalsium. Selain itu, ia menyediakan protein dan asam lemak vital yang baik untuk tulang dan kesehatan Anda secara umum. Mineral boron, yang ada dalam biji chia, membantu perkembangan tulang. Ini membantu metabolisme fosfor, magnesium, dan kalsium tubuh.

8. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan terdiri dari berbagai kacang-kacangan dan lentil. Kacang dan lentil terkenal tinggi serat, protein, dan mineral lainnya, tetapi beberapa juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Anda tidak boleh kekurangan kebutuhan kalsium harian Anda karena kacang-kacangan dan lentil termasuk kedelai, kacang hijau, millet merah, dan kacang polong mengandung banyak kalsium.

Menambahkan makanan ini ke dalam diet Anda akan memastikan umur panjang tulang Anda. Tulang yang kuat kurang rentan terhadap cedera dan penyakit terkait tulang lainnya yang mungkin berisiko lebih tinggi pada usia 40-an.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler