TikTok Uji Coba Fitur Tingkatkan Fitur Pencarian, Ancaman Serius Bagi Google

TikTok bisa menjadi ancaman baru bagi Google Search.

AP/Kiichiro Sato
Logo aplikasi TikTok. Fungsi pencarian TikTok memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dan tren.
Rep: Meiliza Laveda Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform media sosial TikTok sedang menguji fitur baru yang bertujuan meningkatkan fungsi pencarian aplikasi video pendek populer. Fitur baru itu menyoroti kata kunci dalam komentar dan tautan ke hasil pencarian untuk istilah tersebut.

Fungsi pencarian TikTok memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dan tren. Fitur baru akan membawa kemampuan pencarian aplikasi tersebut menjadi lebih luas.

Baca Juga

Fitur pengujian juga menunjukkan TikTok tertarik untuk bersaing lebih dari sekadar pesaing media sosialnya. Sebab, sekarang TikTok ingin mengusik produk inti Google.

Tampaknya, fitur tersebut saat ini tersedia untuk sekelompok kecil pengguna yang merupakan bagian dari pengujian terbatas. Uji coba dilakukan karena Google telah mengakui bahwa TikTok memotong produk Search-nya.

Wakil Presiden Senior Google Prabhakar Raghavan yang menjalankan organisasi Pengetahuan & Informasi Google, belum lama ini mengatakan, pengguna yang lebih muda sering beralih ke aplikasi seperti Instagram dan TikTok daripada Google Search atau Maps.

Raghavan menjelaskan pengguna yang lebih muda mencari untuk menemukan konten dengan cara baru dan imersif. Menurut dia, hampir 40 persen anak muda pergi ke TikTok atau Instagram ketika mencari tempat makan dibandingkan Google Maps atau Search.

Dilansir Tech Crunch, Rabu (10/8/2022), Google berencana untuk meningkatkan Google Search demi memenuhi permintaan pengguna yang lebih muda akan konten visual. Uji coba fitur baru TikTok dinilai menjadi ancaman serius sehingga Google perlu memikirkan kembali strateginya.

Sejauh ini, TikTok telah berhasil menjadi mesin pencari karena kemampuannya dengan cepat menampilkan video yang relevan dan pendek berdasarkan apa yang pengguna cari saat itu. Misalnya, jika pengguna mencari resep roti pisang, dia mungkin dapat menemukan resep yang lebih baik di TikTok dibandingkan dengan Google Search.

Hal tersebut menunjukkan TikTok mampu menyalip produk inti Google. TikTok berencana untuk menjadi lebih baik dalam melakukannya.

 
Berita Terpopuler