Sudah Tahu? Lima Hal Ini Dapat Dilakukan oleh Google Maps

Google Maps telah menyertakan banyak hal selain alat navigasi yang jelas.

Pexels
Google Maps. Google Maps telah menyertakan banyak hal selain alat navigasi yang jelas.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Maps adalah salah satu alat navigasi di luar sana. Apapun ponsel cerdas yang Anda gunakan, baik Android atau iPhone, Google Maps akan selalu ada untuk penggunanya, menawarkan rute cepat dan mudah ke tujuan Anda dengan berjalan kaki, transportasi umum, mobil, kereta api, dan banyak lagi.

Baca Juga

Dilansir dari T3, Senin (8/8/2022), Google Maps telah menyertakan banyak hal selain alat navigasi yang jelas.

Pertama, mengukur jarak. Mengetahui seberapa jauh jarak satu sama lain sangat berguna, terutama jika Anda merencanakan jalan-jalan besar.

Google Maps menyertakan fitur pengukuran bawaan, yang dapat diakses di desktop dan seluler. Pilih lokasi, baik dengan mengeklik kanan pada desktop atau menekan lama pada ponsel untuk drop a pin, dan pilih Measure Distance.

Pilih tempat lain di peta dan Google akan memberi tahu Anda seberapa jauh jarak kedua tempat itu. Anda kemudian dapat menambahkan lebih banyak tempat untuk diukur dari sana.

Kedua, menambahkan multiple stops. Tidak semua perjalanan dari A ke B dan Google telah memikirkan hal ini.

Untuk menambahkan perhentian, pilihan tujuan pertama dan klik tiga titik yang muncul di sudut kanan atas pada ponsel. Pilih “Add stop” dari menu dan pilih tujuan kedua.

Anda akan dapat menyusun ulang tujuan dan melihat perkiraan waktu kedatangan untuk masing-masing tujuan. Sayangnya, fitur ini hanya berfungsi untuk mengemudi atau berjalan kaki, bukan transportasi umum.

 

Ketiga, Google Street View adalah cara sempurna untuk melihat ke mana Anda pergi atau membuang banyak waktu. Google diam-diam telah menambahkan fitur yang cukup rapi dalam Street View yang memungkinkan Anda kembali ke masa lalu untuk melihat bagaimana jalan atau tempat itu terlihat.

Untuk perjalanan waktu, pilih lokasi Street View dan, di kanan atas, klik tanggal. Street View kemudian akan menampilkan rentang, seperti dari tahun 2008 hingga sekarang, yang tersedia untuk lokasi tersebut.

Keempat, navigasi. Di aplikasi seluler, ketuk ikon pengguna di sudut kanan atas dan pilih “Aktifkan mode penyamaran” untuk beberapa penjelajahan pribadi, seperti di Chrome.

Fitur ini tidak membuat Anda sepenuhnya tidak terlihat tetapi akan mencegah tempat tersebut muncul dalam pencarian terakhir Anda. Setelah selesai, navigasikan ke menu yang sama dan matikan mode penyamaran.

Kelima, membuat peta Anda sendiri. Google Maps memungkinkan Anda menyimpan dan membuat katalog tempat untuk nanti. Untuk melakukannya, klik tiga garis di kiri atas desktop dan pilih Your Places > Maps > Create Maps.

Dari sana, Anda dapat membuat penanda, menambahkan arah, rute, dan mengukur jarak. Pada dasarnya semua yang Anda butuhkan atau ingin lakukan.

Peta khusus ini kemudian akan muncul berlapis, di atas pengaturan Maps standar Anda. Ini fitur yang memiliki sedikit kekuatan tetapi begitu Anda memahaminya, itu sepadan.

 
Berita Terpopuler