Bumi Berputar Lebih Cepat, Hari Jadi Lebih Pendek, Apakah Ini Tanda-Tanda Kiamat?

Bumi berputar lebih cepat 1,59 milidetik pada 29 Juni 2022 sehingga hari menjadi lebih pendek.

network /Kurusetra
.
Rep: Kurusetra Red: Partner

Bumi Berputar Lebih Cepat. Bumi berputar lebih cepat 1,59 milidetik pada 29 Juni 2022 sehingga hari menjadi lebih pendek. Foto: Republika.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Bumi dilaporkan berputar lebih cepat pada 29 Juni dan 26 Juni 2022. Bumi berputar lebih cepat 1,59 milidetik pada 29 Juni 2022 sehingga hari menjadi lebih pendek.

Fenomena bumi berputar lebih cepat adalah temuan terbaru dari rangkaian rekor kecepatan perputaran bumi sejak 2022. Seperti dilaporkan Time and Date, dalam waktu lama putaran bumi melambat, sebab setiap satu abad atau 100 tahun, bumi membutuhkan beberapa milidetik atau lebih untuk satu putaran (24 jam), di mana satu milidetik sama dengan 0,001 detik.

BACA JUGA: Download WhatsApp GB (WA GB) Versi Terbaru Agustus 2022: Cepat, Mudah, dan Dijamin Anti-banned

Dalam pola ini, kecepatan putaran bumi berfluktuasi. Waktu yang dibutuhkan bumi untuk menyelesaikan satu putaran naik atau turun seperkian milidetik dalam pergantian hari.

Namun dalam beberapa tahun terakhir bumi berputar lebih cepat. Pada 2020 lalu, Time and Date melaporkan bumi telah mencapai 28 hari terpendeknya sejak pengukuran akurat menggunakan jam atom. Saat itu dilaporkan hari terpendek pada 2020 adalah -1,47 milidetik pada 19 Juli.

BACA JUGA: Gus Samsudin Pasang Tarif Rp 10 Juta untuk "Penanganan Khusus", Kuitansi Pengobatan Viral

Meski begitu penyebab bumi berputar semakin cepat belum diketahui. Beberapa ilmuan mempunyai sejumlah teori yang menjadi penyebab Bumi berputar lebih cepat, di antaranya karena mencairnya gletser berarti lebih sedikit beban di kutub, gerakan inti cair bagian dalam planet, aktivitas seismik, dan The “Chandler wobble" atau pergerakan kutub geografis Bumi melintasi permukaannya

Imbasnya jika bumi berputar lebih cepat adalah mengarah pada pengenalan detik kabisat negatif pertama yang pernah ada. Detik kabisat negatif berarti jam melewati satu detik yang berpotensi menimbulkan masalah bagi sistem teknologi.

BACA JUGA: Hubungan Tugu Kujang dengan Prabu Siliwangi yang tak Tertandingi


Dengan berputarnya bumi lebih cepat dari biasanya, waktu selama satu hari menjadi lebih pendek. Seperti dilaporkan di atas, pada tanggal 29 Juni 2022, rotasi penuh Bumi membutuhkan waktu 1,59 milidetik atau kurang dari 24 jam.

Laporan dari pengukuran baru yang dilakukan Laboratorium Fisika Nasional Inggris menunjukkan bumi saat ini berputar lebih cepat daripada setengah abad yang lalu. Jika kecepatan rotasi terus meningkat, manusia mungkin perlu menghilangkan satu detik dari jam atom.

BACA JUGA: Download Video Youtube Ubah Jadi Lagu (MP3) Pakai MP3 Juice: Dijamin Mudah, Cepat, dan Gratis

"Jika rotasi cepat Bumi berlanjut, itu bisa mengarah pada pengenalan detik kabisat negatif pertama," lapor astrofisikawan Graham Jones melalui Timeanddate.com.

Menurut dia, hal tersebut perlu dilakukan untuk waktu sipil yang didasarkan pada detak jam atom yang sangat stabil, sejalan dengan waktu matahari, yang didasarkan pada pergerakan matahari melintasi langit. Sehingga detik kabisat negatif berarti jam saat ini melewati 1 detik yang berpotensi menimbulkan masalah bagi sistem IT.

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
> Humor Gus Dur: Jenderal Orba Menang Lomba Tebak Umur Mumi, Caranya Dipukulin Sampai Ngaku Sendiri

> Sejarah Sumpit yang Diharamkan Dipakai Umat Islam untuk Makan

>Tak Perlu Pakai Pawang, Begini Cara Muhammadiyah Cegah Hujan

> Pawang Hujan Mandalika, Ustadz Khalid Basalamah: Pawang Hujan Itu Dukun, Haram Hukumnya dalam Islam

> Humor Gus Dur: Gara-Gara Dikirimi PSK, Gus Dur Terpaksa Tidur di Sofa

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

 
Berita Terpopuler