5 Negara yang Mengakui Hingga Dilatih Militer Indonesia

Blog Militer Review: 5 Negara yang Mengakui hingga Dilatih Militer Indonesia

retizen /Oktavia
.
Rep: Oktavia Red: Retizen

Setiap orang bisa mengetahui berbagai hal tentang dunia militer, seperti militer Indonesia melalui blog militer. Salah satunya tentang negara di dunia yang mengakui dan meminta militer Indonesia untuk melatih pasukannya.

Pasalnya, saat ini Indonesia menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara dan peringkat ke 15 dunia menurut penilaian Global Fire Power. Penilaian tersebut berdasar pada skor index (Pwrindx) 0,02251.

5 Negara yang Dilatih Militer Indonesia versi Blog Militer

Negara Indonesia memiliki banyak satuan pasukan khusus dan elit pada TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, hingga Angkatan Udara. Lantas, militer Indonesia melatih pasukan negara mana saja?.

1. Timor Leste

Sudah tersedia blog militer yang bermanfaat untuk masyarakat dalam hal mengedukasi tentang serba serbi dunia militer. Termasuk negara lain yang mengakui kekuatan militer Indonesia, seperti Negara Timor Leste yang letaknya bersebelahan dengan Indonesia.

Sejak 2012 lalu, Wakil Panglima militer Timor Leste yang bernama Filomeno Da Paixa De Jesus meminta secara terang-terangan. Filomeno meminta Kopassus Indonesia untuk melatih pasukan tembaknya agar memiliki kekuatan yang sama.

Atas permintaan tersebut sehingga terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan Timor Leste. Kerjasama tersebut dalam bidang penjualan senjata produksi PT. Pindad serta atribut militer buatan Sritex, Solo.

2. Myanmar

Blog militer tidak hanya memuat tentang suatu pasukan di negara saja, melainkan berbagai hal yang berkaitan dengan militer di dunia. Termasuk membahas tentang pasukan hingga alat tempur yang menjadi kekuatan militer Indonesia.

Negara kedua yang mengakui kekuatan militer tanah air serta meminta Indonesia melatih pasukannya adalah Myanmar. Bahkan pemerintah Myanmar yang secara langsung meminta militer Indonesia untuk memberikan pelatihan kepada pasukan militernya.

Lebih tepatnya saat ajang Asean Armies Rifle Meet (AARM) pada tahun 2014 lalu atas dasar rasa kagum pemerintah Myanmar pada Kopassus. Pasalnya, Kopassus Indonesia berhasil meraih 29 medali sehingga terpercaya dalam pertahanan negara.

3. Brunei Darussalam

Tidak hanya Timor Leste dan Myanmar saja, bahkan blog militer juga menyebut bahwa Brunei Darussalam juga mengakui kekuatan Indonesia. Tentu hal ini bisa menjadi salah satu alasan masyarakat harus bangga dan menghormati perjuangan militer Indonesia.

Negara Brunei Darussalam ternyata juga mengakui kekuatan Kopassus TNI AD milik Negara Indonesia. Tidak heran jika pemerintah Brunei meminta militer tanah air untuk melatih pasukan militernya.

Pemerintah Brunei Darussalam meminta agar Indonesia bisa melatih grup tembak yang akan tampil di ajang tembak dunia. Tidak heran jika pemerintah Brunei sangat percaya dengan kekuatan pertahanan tanah air hingga rela menyewanya.

4. Afrika Utara

Harumnya nama Kopassus TNI AD milik Indonesia ternyata tercium hingga ke berbagai negara dan banyak yang mengakui hal tersebut. Termasuk Negara Afrika Utara sebagai salah satu negara yang mengakui keunggulan Kopassus tanah air.

Ada berbagai hal menarik tentang militer dunia yang bisa masyarakat ketahui dari blog militer yang bisa diakses secara online. Bahkan perihal pengakuan beberapa negara tentang kekuatan militer Indonesia hingga meminta untuk melatih pasukannya.

Negara Afrika Utara sendiri sudah membuktikan keunggulan dari Kopassus Indonesia dan berjasa atas pasukannya. Pasalnya, TNI AD bersedia melatih pasukannya di bidang strategi, survival, dan bela diri yang tidak bergantung pada alat.

5. Kamboja

Negara terakhir yang mengakui sekaligus sudah membuktikan kekuatan militer Indonesia adalah Negara Kamboja. Pasalnya, satuan TNI AD Indonesia yang bernama Batalyon Komando 911 pernah melatih pasukan militer Kamboja.

Bahkan pasukan militer Kamboja yang pernah menjadi murid militer Indonesia terkenal sebagai pasukan terganas hingga saat ini. Hal tersebut tentu tidak lepas dari peran militer tanah air yang berhasil melatih pasukan Kamboja.

Ternyata banyak hal membanggakan dari Kemiliteran Indonesia hingga berhasil membuat negara lain mengakuinya. Tidak hanya tentang militer Indonesia, blog militer juga menyajikan berita tentang persenjataan terbaru hingga kabar pertempuran.

 
Berita Terpopuler