Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI Gelar Coaching Clinic Simulasi Siaran

Simulasi menitikberatkan pada aktivitas praktik mahasiswa peminatan TV-Film

Universitas Bina Sarana Informatika
Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar
Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persaingan sumber daya manusia yang semakin ketat, serta kebutuhan kualifikasi tenaga kerja yang kian meningkat, adalah tantangan yang harus dihadapi oleh semua perguruan tinggi. Hal ini membuat Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar "Coaching Clinic-Simulasi Siaran : Pendekatan Nyata Dunia Kerja". Bertempat di Aula Universitas BSI kampus Kalimalang, Jakarta Timur, acara ini digelar pada tanggal 7, 8 dan 9 Juni 2022 bulan lalu. 

Anisti selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI mengatakan, simulasi ini menitikberatkan pada aktivitas praktik seluruh mahasiswa yang mengambil peminatan TV-Film. Prioritas kegiatan simulasi siaran ini, ditujukan pada pemberian pengalaman belajar yang sesuai dengan realita dunia kerja kepada mahasiswa. 

“Mahasiswa dibagi menjadi kelompok program berita, kelompok program non drama serta kelompok program film televisi. Kelompok-kelompok ini diarahkan untuk membentuk organisasi seperti halnya stasiun tv siaran lengkap, dengan perangkat struktural jabatannya. Ini dilakukan guna menciptakan suasana simulasi siaran seperti suasana nyata pada dunia kerja,” ujar Anisti dalam rilis yang diterima, Jumat (15/7/2022). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, simulasi siaran yang dilakukan merupakan aktivitas kuliah yang berkonsep terintegrasi. Termasuk didalamnya mata kuliah program TV, produksi film, dan produksi animasi. Karena bersifat terintegrasi, maka penggunaan team teaching, menjadi pilihan untuk diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar karena sangat efektif.

 
Berita Terpopuler