Tantowi Yahya: Bob Tutupoly Seniman Hebat yang Layak Disebut Entertainer

Bob Tutupoly terkenal sebagai penyanyi dan pembawa acara profesional.

ANTARA
Penyanyi lawas bersuara emas, Bob Tutupoly, saat peluncuran album pada 2011. Bob meninggal dunia pada Selasa (5/7/2022).
Rep: Desy Susilawati Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi dan pembawa acara Tantowi Yahya menyebut Indonesia punya banyak seniman hebat, namun hanya beberapa saja yang layak disebut entertainer. Dalam unggahannya di Instagram, mantan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru tersebut mengatakan mendiang Bob Tutupoly merupakan satu dari yang sedikit itu.

Tantowi lalu menceritakan sekilas profil Bob Tutupoly. Ia mengatakan, Bob mengawali kariernya sebagai penyanyi kemudian merantau ke Amerika Serikat dan pulang ke Indonesia untuk kemudian menjadi penyanyi sekaligus pembawa acara papan atas sampai akhir hayatnya.

Baca Juga



Menurut Tantowi, Bob adalah seniman profesional di saat adjektif ini belum benar-benar dijiwai di Indonesia. Ia menilai seseorang disebut profesional jika disiplin, menghargai komitmen, terus belajar dan meningkatkan kemampuan, dan selalu berusaha memberikan lebih.

"Bob mampu bertahan hampir lima dekade di panggung hiburan Indonesia, perlahan mundur hanya karena faktor kesehatan. Namun, namanya terus harum," ujarnya.

Menurut Tantowi, bersama Kris Biantoro dan Koes Hendartmo yang semuanya sudah berpulang, Bob telah mengangkat derajat dan harkat seniman Indonesia, khususnya legiun pembawa acara. Tantowi menyebut, mendiang Bob mewariskan banyak ilmu bagi sejawat dan generasi setelahnya.

"Ia memang tidak membuka sekolah keterampilan MC maupun menyanyi, dia membimbing dengan memberikan contoh."

Di mata Tantowi, mendiang Bob telah memberikan contoh bagaimana memilih lagu yang pas dengan suasana serta komunikasi di panggung yang efisien, jelas, dan nyambung dengan zaman.

"Saya beruntung mengenal dan banyak belajar dari bung Bob secara langsung. Bagi saya, dia penyanyi hebat, tidak terjebak dalam stereotipe," ujar Tantowi.

"Sebagai Pembawa Acara, Bob akan selalu saya jadikan panutan. Ia satu dari sedikit pembawa acara yang mampu bertutur dalam bahasa Indonesia dan Inggris sama baiknya."

"Selamat jalan Bung Bob. We will miss you. Atas semua kebaikan dan ilmu yang kau wariskan, semoga Surga menjadi tempat abadimu."

 
Berita Terpopuler