UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN-BH 2021/2022

IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Universitas Indonesia (UI) mendapat dia penghargaan Liga PTN-BH. Foto : ui

Kampus—Universitas Indonesia (UI) meraih penghargaan tertinggi Perguruan Tinggi Negeri-Badan Hukum (PTN-BH) 2021/2022. UI mendapat dua penghargaan, yakni dalam kategori Penghargaan Keunggulan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2021/2022, yakni IKU PTN-BH (IKU 6). Tahun lalu UI di ranking 8, sekarang ranking 1. Satu lagi adalah Penghargaan IKU Tertinggi Top 10% Liga PTN BH.

Hasil itu diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada Senin, 27 Juni 2022. IKU adalah ukuran atau indikator kinerja suatu instansi, terutama dalam hal mencapai tujuan dan sasaran tertentu.

Dikutip dari laman ui.ac.id, IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret. Kebijakan tersebut juga menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. IKU yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi nomor 3/M/2021 memiliki delapan indikator utama. Ke delapan indikator utama IKU yaitu, lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, dan praktisi mengajar di dalam kampus; IKU. Berikutnya adalah hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional, program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif; dan program studi berstandar internasional.

Pada kesempatan yang sama, Kemdikbudristek bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), meluncurkan Merdeka Belajar Episode ke Dua Puluh Satu: Dana Abadi Perguruan Tinggi. Program ini merupakan lanjutan dari Merdeka Belajar Episode ke Enam: Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi. Dana Abadi Perguruan Tinggi ini sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengakselerasi kualitas pendidikan tinggi agar memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing global.

“Kemdikbudristek bekerja sama dengan LPDP menyediakan alokasi pendanaan dari Dana Abadi Perguruan Tinggi untuk menunjang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) menjadi perguruan tinggi kelas dunia. Kemendikbudristek dan LPDP akan melakukan pemadanan (matching) terhadap peningkatan dana abadi berupa dana pokok maupun investasi yang berhasil digalang,” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Alokasi pendanaan tersebut terbagi dalam tiga periode, periode pertama 2 Juni sampai 31 Desember 2022 dengan total dana Rp 445 miliar. Periode kedua, 1 Januari 2023 sampai 31 Desember 2023 dengan total dana Rp 350 miliar dan periode ketiga, yaitu 1 Januari 2024 sampai 31 Desember dengan total dana Rp 500 miliar.

Di acara yang sama, Kemdikbudristek juga meluncurkan ekosistem penunjang berupa kebijakan dan sistem guna membangun tata kelola perguruan tinggi yang berdaya saing global. Kebijakan tersebut meliputi kebijakan dan Sistem Penilaian Angka Kredit Baru, Basis Data dan Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BIMA), Science and Technology Index versi 3 (SINTA), serta Sistem WCU Analytics dan PTNBH Analytics.

Baca juga :

1.707 Mahasiswa Baru Diterima UI Lewat SBMPTN 2022, Psikologi dan Pendidikan Dokter Paling Banyak

Teliti Kebakaran Lahan Gambut, Mahasiswa FTUI Raih Best Student di Oslo

10 Peserta dengan Nilai Tertinggi SBMPTN 2022 di Prodi Soshum, UGM dan UI Terbanyak

Ini 10 Peserta dengan Nilai Tertinggi SBMPTN 2022 di Prodi Saintek, Kedokteran Mendominasi

UI Peringkat Satu di Indonesia Versi THE Asia University Rankings Juni 2022

Tim Mahasiswa UI Juara Asia Pacific pada Shell Eco-Marathon Autonomous Programming Competition 2022

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

 
Berita Terpopuler