11 Dokter Spesialis Kawal Kesehatan Jamaah Haji

Kesehatan jamaah haji dikawal 11 dokter spesialis.

Republika/Ali Yusuf
11 Dokter Spesialis Kawal Kesehatan Jamaah Haji. Foto: Kementerian Kesehatan resmi melepas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan tahun 1443 Hijriyah/2022 di lapangan utama Kemenkes, Selasa (31/5/2022).
Rep: Ali Yusuf Red: Muhammad Hafil

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan tahun 1443/2022 tengah hadir sejak pukul 06.00 WIB untuk melaksanakan apel siaga di lapangan Kementerian Kesehatan, Selasa (31/5/2022). Apel siaga ini dilakukan untuk persiapan keberangkatan menuju Arab Saudi pada tanggal 1 Juni.

Baca Juga

PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan yang akan diberangkatkan ini akan ditempatkan di daereh kerja (daker) Madinah dan Bandara. Hari ini yang akan berangkat sebanyak 119 dari total 304 petugas kesehatan dan jika gabungan dengan tenaga kesehatan haji (TKH) sebanyak 776.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana menyampaikan, dalam rangka pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi jamaah haji di Arab Saudi, Kementerian Kesehatan telah merekrut petugas kesehatan. Mereka akan bertugas sebagai PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan dan Tenaga Kesehatan Haji (TKH) Kloter.

 "PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan akan diberangkatkan dalam tiga (3) gelombang," kata Budi saat menyampaikan laporannya, dalam apel siaga, Selasa (31/5/2022).

Budi menuturkan, gelombang pertama tim Advance telah berangkat tanggal 28 Mei 2022 yang berjumlah 12 Orang, gelombang kedua tim PPIH Arab Saudi Bidang kesehatan daerah kerja Madinah dan Tim Kesehatan Bandara, berangkat tanggal 1 Juni 2022, berjumlah 118 orang, gelombang ketiga tim PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan derah kerja Mekkah berangkat tanggal 9 Juni 2022 berjumlah 157 orang.

"Selain itu Kemenkes juga akan memberangkatkan tim asistensi yang berjumlah 5 orang, dan direncanakan diberangkatkan pada bulan Juli Tahun 2022," katanya.

Budi mengatakan, ada 11 dokter spesialis yang masuk dalam PPIH Arab Saudi bidang kesehatan. Di antaranya spesilis

1. Anastesi 

2. Penyakit dalam

3.Penyakit Paru

4. Spesialis Bedah

5. Spesialis Jiwa/Psikiater

6. Spesialis Mikro Biologi Klinik pencegahan pengendalian infeksi

7. Spesalis Syaraf

8. Emergency Medik

9.Ortopedi

10. Spesialis Rehab Medik

11. Spesialis jantung & pembuluh darah

Budi mengatakan, seluruh PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan akan berkumpul di Asrama Haji Pondok Gede satu (1) hari sebelum keberangkatan ke Arab Saudi. Adapun petugas yang diberangkatan terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, perawat, dan tenaga Kesehatan lainnya.

Adapun Tenaga Kesehatan Kloter (TKH) akan diberangkatkan sejumlah 465 orang yang akan bertugas pada 241 Kloter dan diberangkatkan melalui 13 Embarkasi Haji yaitu:

1.     Embarkasi Aceh

2.     Embarkasi Medan

3.     Embarkasi Padang

4.     Embarkasi Batam

5.     Embarkasi Palembang

6.     Embarkasi Jakarta

7.     Embarkasi Bekasi – Jawa Barat

8.     Embarkasi Solo

9.     Embarkasi Surabaya

10. Embarkasi Makassar

11. Embarkasi Balikpapan

12. Embarkasi Banjarmasin

13. Embarkasi Lombok

Petugas TKH kloter terdiri dari satu orang dokter dan satu orang perawat. Kloter akan diberangkatkan secara bertahap yaitu kloter awal tanggal 4 Juni sampai Kloter terakhir tanggal 3 Juli Tahun 2022.

"Tim ini akan berkolaborasi menangani jamaah di Arab Saudi," katanya.

 

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Sekjen Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha berharap petugas kesehatan aktif melayani jamaah haji. Pesan itu disampaikannya saat melepas petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang Kesehatan, di lapangan Kemenkes, Selasa (31/5).

"Saya mengharapkan peran saudara-saudara sekalian, selain memberikan pelayanan kuratif, untuk terus melakukan pendampingan upaya preventif dan promotif agar kondisi kesehatan para jemaah dapat terjaga dengan baik sehingga mengurangi risiko kematian," kata Kunta. 

Kunta mengatakan, pada oprasional haji tahun ini, petugas akan menghadapi penyelenggaraan kesehatan haji pada masa pandemi COVID19, tentunya kondisi tersebut berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya. Penerapan protokol kesehatan untuk meminimalisir penularan COVID-19 merupakan hal yang sangat mandatory, baik untuk petugas terlebih kepada jemaah haji. 

"Oleh karena itu saya berharap agar petugas kesehatan dapat menjadi pionir dan memberikan contoh yang baik kepada jamaah dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Tentu saja, kata dia semua, berharap jamaah dan petugas kita semua terbebas dari COVID-19 baik pada saat keberangkatan hingga kembali ke Tanah Air. Kemudian saya juga menghimbau kepada para petugas PPIH sekalian untuk mewaspadai perubahan cuaca ekstrim di Arab Saudi yang diperkirakan pada Bulan Juni-Juli suhunya akan lebih panas daripada kondisi biasanya.

"Oleh karena itu, terus lakukan edukasi dan ingatkan jamaah untuk banyak minum agar tidak mengalami dehidrasi," katanya.

Kunta meminta, kegiatan berupa gerakan minum bersama dengan slogan #jangantungguhaus harus benar-benar dipastikan dilakukan, serta terus mengingatkan. Tujuannya agar jamaah dapat membatasi aktivitas fisik di luar ruangan. 

"Saudara-saudara sekalian adalah petugas, bukan jamaah haji, jadilah petugas yang amanah dan professional. Embanlah amanah Allah ini dengan sebaik-baiknya, tawakal, sabar dengan senantiasa selalu mengharap RidhoNya," katanya.

"Dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”, dengan ini saya melepas secara resmi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2022. Semoga usaha kita agar pelaksanaan haji tahun ini jauh lebih baik senantiasa diberikan kemudahan oleh Allah SWT, dan para petugas serta jemaah dapat kembali ke tanah air dan keluarga dengan selamat dan sehat wal afiat,"

Pada kesempatan ini, kunta ertama-tama marilah kita panjatkan Puji dan Syukur ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita berada dalam keadaan sehat wal afiat untuk mengikuti acara “Pelepasan PPIH Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2022.” 

 

 

 

 

 
Berita Terpopuler