Bupati Dapat Info dari Menteri Bahlil, Tesla Bangun Pabrik di Batang

Bupati Batang mengeklaim, Tesla membangun pabrik ekosistem baterai dan mobil listrik.

Dok Pemkab Batang
Bupati Batang Wihaji.
Rep: Antara Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang mengkelaim, perusahaan Tesla yang bergerak dalam bidang otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat (AS) akan membangun pabrik di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Hanya saja, sumber informasi itu masih sebatas dari Menteri Bahlil Lahadalia.

"Ya itu benar. Menurut informasi dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Tesla akan berinvestasi di Kawasan Industri Terpadu Batang," kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (20/5/2022).

Menurut dia, kehadiran investor produsen mobil listrik Tesla yang dipimpin oleh Elon Musk itu akan menjadi sinyal Kabupaten Batang akan menjadi luar biasa dikenal pengusaha luar negeri maupun dalam negeri. Apalagi perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif dan penyimpanan energi itu, melakukan investasi di KITB dalam dua bentuk, yaitu ekosistem baterai mobil dan mobil listrik.

Wihaji mengatakan, pada Juni 2022 mulai dibangun pabrik sepatu, pabrik mobil listrik, pabrik motor listrik, pabrik pipa, pabrik cat, dan pabrik lampu di KITB. "Sudah ada 14 perusahaan yang siap berinvestasi dan membangun pabriknya di kawasan industri tersebut," kata politikus Partai Golkar itu.

Dia mengatakan, berdirinya KITB harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat lokal dan mulai sekarang sudah mempersiapkan keterampilan sumber daya manusia. "Warga jangan hanya sebagai penonton saja namun perlu kesiapan dengan hadirnya KIT Batang. Minimal harus lulusan SMA/SMK dan kalau bisa kuliah, bagi orang tua yang mempunyai anak ayo perhatikan pendidikannya,: kata Wihaji.

 
Berita Terpopuler