Hindari Kecurangan, UI Periksa Peserta UTBK-SBMPTN 2022 yang ke Toilet

UI menyiapkan 1.309 komputer utama dan 193 komputer cadangan.

network /Kampus Republika
.
Rep: Kampus Republika Red: Partner

Pusat UTBK Universitas Indonesia (UI) menerapkan protokol kesehatan ketat karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Foto : ui.ac.id

Kampus—Pusat UTBK Universitas Indonesia (UI) melakukan pengawasan ketat terhadap pesertan UTBK-SBMPTN 2022. Untuk menghindari kecurangan, panitia memeriksa peserta yang pergi ke toilet.

“Untuk menghindari kecurangan, petugas akan mengecek peserta yang keluar ruangan (pergi ke toilet),” Rina Rahmawat, penanggung jawab lokasi UTBK–RIK UI, seperti dikutip dari laman ui.ac.id.

Rina mengatakan, peserta yang pergi ke toilet, sebelum kembali memasuki ruangan, akan diperiksa ulang menggunakan alat. “Setiap peserta juga dilarang menulis atau mencoret apa pun di dalam kartu peserta selama ujian berlangsung,” kata Rina menjelaskan.

Kepala Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI), Dr Gunawan, menyampaikan, pelaksanaan UTBK hari pertama berjalan dengan kondusif dan lancar. Para peserta mayoritas telah mengikuti ketentuan yang dipublikasikan LTMPT maupun Pusat UTBK UI. Gunawan mengimbau kepada peserta UTBK UI 2022, terutama peserta hari berikutnya untuk selalu mematuhi ketentuan agar proses ujian berjalan lancar.

“Harapan kami, kegiatan UTBK UI 2022 ini bisa berjalan lancar, kondusif, dan tentunya tetap menjaga protokol Kesehatan, karena pandemi belum berakhir,” kata Gunawan, yang juga merupakan dosen Fakultas Teknik.

Dari total kapasitas 33.695 kursi ujian, 99,91% telah terisi, yaitu sebanyak 33.665 kursi. Tercatat 35 peserta difabel yang terdiri atas 12 disabillitas tunanetra dan 23 peserta tunadaksa yang memilih pusat UTBK di UI. Untuk peserta disabilitas tunadaksa, ujian dilaksanakan di Fasilkom Gedung Lama, sedangkan bagi peserta disabilitas tunanetra, di Lab. 1105 Fasilkom Gedung Lama. Peserta disabillitas didampingi oleh petugas dan dicek kelengkapan ujiannya oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Sebagai Pusat UTBK, UI menyiapkan 63 ruang ujian dari 29 lokasi ujian dengan fasilitas 1.309 komputer utama dan 193 komputer cadangan yang tersebar di UI Depok dan UI Salemba. Di UI Depok, UTBK dilaksanakan di 21 titik lokasi yang tersebar di Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), serta lokasi lain di beberapa fakultas. Adapun di UI Salemba, UTBK dilaksanakan di Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sekolah Ilmu Lingkungan, serta Sekolah Kajian Stratejik dan Global.

Demi kelancaran UTBK, UI telah melakukan serangkaian persiapan, antara lain membentuk panitia khusus serta memberi pembekalan bertahap (real-like situation) di laboratorium komputer bagi admin server, teknisi lokal, dan pengawas. UI juga menyediakan tenaga medis (lengkap dengan ambulans) dan tim Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) pada hari pelaksanaan apabila ditemukan peserta yang sakit saat UTBK berlangsung.

Berit terkait : UTBK-SBMPTN 2022 di UI, Hanya Peserta Kategori Hijau yang Boleh Masuk Ruangan

Sebagaimana dua tahun lalu, pelaksanaan UTBK 2022 juga menerapkan protokol kesehatan ketat karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Beberapa aturan yang perlu diperhatikan, yaitu peserta wajib vaksin Covid-19 minimal dosis kedua. Peserta yang baru mendapat dosis pertama wajib melampirkan Swab Antigen yang berlaku 1×24 jam atau hasil tes PCR yang berlaku 3×24 jam. Peserta yang belum divaksin wajib melakukan tes PCR dan membawa surat keterangan dokter yang menerangkan alasan tidak/belum divaksin.

Berita terkait : Begini Aturan Ikut UTBK-SBMPTN 2022 di UI, Wajib Vaksin Dosis Dua

Untuk memasuki lokasi ujian, peserta harus memiliki suhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius. Peserta harus memindai barcode dengan aplikasi PeduliLindungi dan wajib menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker medis 3 lapis, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sebelum UTBK dimulai, kelengkapan persyaratan ujian akan dicek, meliputi kartu tanda peserta ujian, kartu identitas (KTP/SIM), dan fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi. Peserta dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam ruangan selama UTBK.

Berita terkait :

Agar Lancar, Ikuti Tips Persiapan Sebelum Hari H UTBK 2022 dari LTMPT

Biaya Kuliah di UI Mahal ? Tergantung, Kedokteran Bisa Rp 0 Lho

UI Siapkan 1.576 Kursi di SBMPTN 2022, Cek Prodi Paling Banyak Peminat

Ini Jadwal Lengkap Terbaru UTBK-SBMPTN 2022 Setelah Perubahan

Siapkan Diri, Ini 10 Tips Lolos UTBK-SBMPTN 2022

Peserta Wajib Tahu, Begini Sistem Penilaian dan Strategi Mengerjakan Soal UTBK-SBMPTN 2022

Ikuti informasi penting dan menarik dari kampus.republika.co.id. Silakan menyampaikan masukan, kritik, dan saran, melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

 
Berita Terpopuler