Ini Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS

Animo menjadi PNS sangat tinggi mengingat berbagai benefit yang didapatkan

UBSI
Animo menjadi PNS sangat tinggi mengingat berbagai benefit yang didapatkan.
Red: Christiyaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki pekerjaan yang mapan hingga mendapatkan tunjangan di hari tua tentunya menjadi idaman banyak orang. Salah satu profesi idaman di Indonesia yang sampai saat ini banyak diminati orang adalah menjadi Pengawai Negri Sipil (PNS). 

Baca Juga

Hal ini ditunjukkan oleh besarnya antusias masyarakat yang mendaftar CPNS hingga menembus angka lima juta jiwa pendaftar. Animo menjadi PNS sangat tinggi mengingat berbagai benefit yang didapatkan mulai dari gaji, tunjangan besar, jenjang karier jelas, hingga masa depan terjamin berkat dana pensiun.

Dengan berbagai kenyamanan dan fasilitas yang didapatkan, maka tidak dapat dipungkiri syarat menduduki kursi PNS membutuhkan proses dan seleksi ketat. Salah satu persyaratan yang tidak kalah penting untuk dapat menjadi seorang PNS adalah bidang akademis. Pendidikan sangat dibutuhkan sebagai salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi. 

Penasaran dengan beberapa jurusan kuliah yang  berpeluang besar untuk menjadi PNS? Yuk simak, berikut ini beberapa jurusan tersebut!

Jurusan Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan program studi yang mengarah pada engineering. Lulusan jurusan Teknologi Informasi akan memiliki keahlian di bidang perancangan teknologi, implementasi, pengembangan, serta manajemen atau dukungan terhadap sistem informasi yang berbasis computer, baik hardware ataupun software.

Seiring dengan aktivitas manusia yang semakin banyak dilakukan secara digital, tenaga di bidang teknologi informasi pun kian dibutuhkan. Untuk itu, jurusan-jurusan seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, maupun Ilmu Komputer akan dibutuhkan di pemerintahan. 

Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen merupakan jurusan yang mempelajari ilmu pengelolaan bisnis seperti pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, hingga keuangan. Tak hanya itu, jurusan manajemen juga mempelajari pelbagai bidang keilmuan seperti kegiatan perusahaan atau korporasi yang masih memiliki keterkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis.

Melihat banyaknya bidang keilmuan yang ada di Jurusan Manajemen, maka tak heran jika jurusan ini memiliki banyak kesempatan di sektor pemerintahan. Mengutip data dari Kemnaker, tes CPNS 2021 Kementerian Luar Negeri membutuhkan lulusan S1 manajemen untuk posisi perencana, arsiparis, penata kanselerai, analis kelembagaan, dan yang lainnya.

 

 

Jurusan Bahasa Inggris

Mengambil jurusan Bahasa Inggris, memang membutuhkan kemauan untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kata dan kalimat Bahasa Inggris. Kebanyakan orang memang kurang berminat untuk belajar Bahasa Inggris mengingat tingkat kesulitan yang dipelajari. Namun, di balik hal tersebut jurusan ini adalah jurusan yang paling potensial dalam pemerintahan. 

Beberapa posisi yang dibutuhkan di pemerintahan seperti posisi konsultan, staf ahli kepresidenan, menteri luar negeri, serta menjadi staf dubes negara. Kemampuan berbahasa dan menulis dalam Bahasa Inggris, menjadi suatu bidang yang wajib direkomendasikan untuk dipilih dan ditekuni untuk bisa lolos menjadi abdi negara pada seleksi CPNS.

Jurusan Teknik

Jurusan Teknik bukan jurusan yang asing. Prospek kerja jurusan ini tak hanya dibutuhkan di perusahaan swasta, tapi juga pemerintah. Jurusan ini memiliki peluang besar dalam setiap CPNS. Keahlian dalam jurusan ini masih sangat minim di Indonesia. Oleh sebab itu jurusan teknik adalah salah satu jurusan yang selalu dibutuhkan dalam setiap penerimaan.

Program studi yang dibutuhkan untuk mengisi formasi PNS di pemerintahan tidak cuma teknik informatika dan sejenisnya. Misalnya, dalam CPNS 2021 Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) membutuhkan Penyusun Respon Insiden Keamanan dengan salah satu kualifikasinya S1 Teknik Elektro.

Kemudian, Badan SAR Nasional juga menyaratkan S1 Teknik Perkapalan, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dan Teknik Sipil untuk mengisi formasi Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli. Demikian juga di Kementerian PUPR, lulusan S1 Teknik Sipil menjadi kualifikasi posisi Ahli Pertama-Auditor.

Nah, itu dia beberapa jurusan yang punya peluang paling banyak sebagai PNS. Jika kamu tertarik untuk memilih salah satu dari jurusan tersebut, kamu bisa memilih kuliah di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). 

Universitas BSI memiliki beberapa fakultas, untuk Fakultas Teknik & Informatika terdapat jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (S1), Ilmu Komputer (S1), Teknologi Informasi (S1), Sistem Informasi (D3 & S1), Teknik Industri (S1), Sistem Informasi Akutansi (D3), dan Teknologi Komputer (D3).

Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI memiliki berbagai pilihan jurusan seperti, Sastra Inggris (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Bahasa Inggris (D3), Hubungan Masyarakat (D3), Penyiaran (D3), dan Periklanan (D3).

Sementara itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI menyediakan jurusan Akuntansi (D3 & S1), Manajemen (S1), Administrasi Perkantoran (D3), Administrasi Bisnis (D3), Perhotelan (D3), dan Manajemen Pajak (D3).

Tunggu apa lagi, yuk buruan daftarkan dirimu sekarang, karena saat ini menjadi waktu yang tepat untuk mendaftar kuliah di Universitas BSI, yang sudah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB). Kampus ini sudah membuka PMB untuk perkuliahan periode September 2022. Saat ini, PMB Universitas BSI sudah masuk pada gelombang 3 yang akan berakhir pada 7 Juni 2022 mendatang.  

 

Pendaftarannya bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di Play Store secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
Berita Terpopuler