Islamofobia dan Komodifikasi Kebencian

Islamofobia adalah bisnis besar.

network /Muhammad Subarkah
.
Rep: Muhammad Subarkah Red: Partner

Meme Islamofobia

Oleh: Sophia Rose Arjana***

Para sarjana, di antaranya Deepa Kumar, Todd Green, Nathan Lean, dan saya sendiri, telah menulis tentang Islamofobia – asal-usulnya, sejarahnya, perannya dalam politik, dan penyebarannya dalam budaya Amerika.

Pekerjaan kami telah berusaha mengungkap sejarah wacana anti-Muslim, menampilkan simbol-simbolnya, dan menggambarkan perannya dalam politik dan ekonomi. Seperti yang ditulis Green, “Islamofobia merupakan salah satu bentuk fanatisme yang paling dapat diterima di Barat saat ini.”


Kekhawatiran seputar Islamofobia cukup beralasan, tetapi fenomena ini bukanlah hal baru. Retorika anti-Muslim telah menjadi modus operandi wacana Barat sejak awal hubungan Kristen-Muslim. Ini dimulai dengan fantasi tentang Saracen (nama abad pertengahan untuk orang Arab), Nabi Muhammad, dan ras mengerikan, yang kadang-kadang termasuk makhluk yang merupakan bagian dari Afrika dan Yahudi juga, seperti Saracen Hitam atau orang-orang Yahudi yang berdoa kepada “Mahomet .”

Dalam Renaisans, Muslim, biasanya berperan sebagai orang Turki, digambarkan sebagai pembunuh Kristus, atau ditempatkan dalam adegan yang menggambarkan eksekusi orang suci. Dalam satu contoh, figur Turki dengan sorban ditampilkan melihat St. Lucy dibunuh; dalam lukisan lain, mereka berpartisipasi dalam penyiksaan Kristus bersama orang-orang Yahudi, yang selanjutnya mengabadikan fantasi konspirasi besar Yahudi-Muslim.

Penggambaran mengerikan dibawa ke periode modern dalam fiksi Gotik, dan kemudian, dalam fiksi ilmiah dan horor. Islamofobia berbeda dari gambar-gambar ini dalam hal-hal penting. Secara khusus, Islamofobia menggunakan bahasa dan mesin modernitas untuk menjelek-jelekkan Muslim sebagai “abad pertengahan” dan “tidak beradab”, menghadirkan kita sebagai tidak dapat diterima untuk kewarganegaraan, persahabatan, atau kesetaraan di Barat.

Islamofobia telah dipopulerkan dalam beberapa tahun terakhir berkat politisi sayap kanan, organisasi berita seperti Fox, dan media populer seperti serial Showtime Homeland, yang semuanya menggunakan api politik dalam presentasi mereka tentang Muslim sebagai penjahat, atau lebih buruk lagi. Dalam program berita, platform politik, dan drama televisi, Muslim direndahkan, direndahkan, dan direndahkan dengan cara yang tidak terpikirkan oleh kelompok agama lain. Tingkat pelecehan ini begitu besar sehingga anggota LDS (Gereja Yesus dan Orang-Orang Suci Zaman Akhir, umumnya dikenal sebagai Mormon) telah melihat dalam diri Muslim pengingat akan penganiayaan mereka sendiri, yang mencakup pelecehan, pengasingan, dan pembunuhan.

Kelompok-kelompok Yahudi juga telah menyuarakan keprihatinan mendalam atas perlakuan terhadap Muslim, melihat gema dari masa lalu yang sangat menyakitkan dan tragis.


Selama setahun terakhir, Islamofobia telah mengumpulkan lebih banyak perhatian karena siklus pemilu AS. Kebangkitan Donald Trump telah berkontribusi pada meningkatnya permusuhan terhadap Muslim. Retorika kebencian Trump – dan para pendukungnya – difokuskan pada minoritas, termasuk Muslim. Trump telah berjanji untuk melarang Muslim memasuki negara itu, mengebom karpet negara-negara mayoritas Muslim, dan membunuh kerabat non-pejuang teroris asing.

Pernyataannya, "Saya pikir Islam membenci kita" menunjukkan bahwa Islam adalah identitas tunggal, bukan seperangkat keyakinan dan tradisi yang dianut oleh 1,6 miliar orang di seluruh dunia.

Iklim politik saat ini membuat Muslim Amerika (yang merupakan sekitar 1 persen dari populasi Amerika) dalam posisi rentan sebagai individu yang ditargetkan, dilecehkan, dan diprofilkan, khawatir tentang kerabat mereka di luar negeri, dan mempertanyakan keselamatan mereka di rumah. Selama beberapa tahun terakhir, upaya untuk mengontrol pakaian, ucapan, dan gerakan umat Islam telah meningkat pesat. Awal tahun ini seorang siswa Muslim diborgol dan ditahan ketika dia membuat jam, yang dimaksudkan untuk mengesankan gurunya, yang disalahartikan sebagai sesuatu yang lebih jahat.

Muslim telah menjadi sasaran karena berusaha untuk berdoa. Serangan terhadap wanita Muslim yang mengenakan jilbab menjadi lebih umum. Baru-baru ini, sejumlah Muslim telah dikeluarkan dari penerbangan karena mereka berbicara bahasa Arab atau mengenakan pakaian Muslim. Pada saat yang sama umat Islam menderita karena Islamofobia, yang lain mendapat untung besar darinya.


Islamofobia adalah bisnis besar. Seperti yang didokumentasikan dalam studi 2011 berjudul Fear, Inc., menjelekkan Muslim itu menguntungkan, dengan lebih dari $40 juta disalurkan ke lembaga pemikir Islamofobia antara 2001 dan 2009. Dana ini telah digunakan untuk membuat kampanye kebencian seperti yang dijalankan oleh Stop Islamization of America. .

Mereka juga telah digunakan untuk mencoba mengekang kebebasan berbicara. Campus Watch, sebuah cabang dari Forum Timur Tengah, mengawasi para profesor universitas dalam upaya memecat siapa pun yang tidak menganut ideologi politik neokonservatif.

Banyak individu memiliki karir yang berfokus hanya pada demonisasi Muslim, termasuk Robert Spencer, Ayaan Hirsi Ali, Pamela Geller, dan Tawfiq Hamid. Mereka adalah orang-orang yang “keahliannya” merendahkan Islam dan Muslim. Sebagai salah satu contoh, Hirsi Ali mencari nafkah dengan menjelek-jelekkan Islam dan Muslim. Judul bukunya menampilkan kata-kata dan frase seperti “nomad,” “kafir,” “perawan terkurung,” dan “sesat,” menunjukkan Islam tidak beradab, eksotis, dan kekerasan tanpa keragaman.

*** Cendekiawan Islam dan Perbandingan Agama dan Penulis Muslim dalam Imajinasi Barat (oxford university Press 2015)

Sumber Tulisan: https://www.aa.com.tr/en/analysis-news/opinion-islamophobia-and-the-commodification-of-hate/580919

 
Berita Terpopuler