10 Bintang Top Sepak Bola yang Diwakili Mino Raiola: Dari Ibra, Pogba, Lozano, Hingga Haaland

Setidaknya ada 10 nama mentereng yang diwakili raja agen sepak bola Mino Raiola. Berikut ulasan lengkapnya.

network /Priana Putra
.
Rep: Priana Putra Red: Partner

Mino Raiola resmi diumumkan meninggal pada 30 April 2022 di Milan. Pria lahir di Nocera Inferiore, Italia, pada 4 November 2967 ini semasa hidup dikenal sebagai salah satu agen alias perwakilan atlet paling terkenal juga kontroversial.

Raiola digelari agen terbaik tahun ini pada 2016 dan 2020. Pada masa itu ia dikenal sebagai "Raja di Bursa Sepakbola ". Pemain pertama ia wakili adalah Bintang Belanda, Dennis Bergkamp, yang ia antar ke Inter Milan.

Raiola kemudian setidaknya memiliki sejumlah pemain bintang penting yang ia wakili sebelum meninggal. Siapa saja?

Berikut 10 bintang sepak bola penting yang diwakili Mino Raiola dan catatan transfernya

1. Zlatan Ibrahimovich (saat ini bernilai 4 juta euro)

Raiola berhasil memboyong bintang Swedia ini dari Juventus ke Inter Milan dengan kontrak senilai lebih dari 10 juga Euro pada 2026. Ibra kemudian pindah ke Barcelona. Dari sana Zlatan terbang ke AC Milan, PSG, Manchester United, dan LA Galaxy.

2. Erling Haaland (150 juta euro)

Bintang Norwegia mengawali kariernya di Bryne F.K, pindah ke Molde FK, lalu bermain di Austria bersama FC Red Bull Salzburg. Ia kemudian pindah ke Jerman untuk bergabung dengan Borussia Dortmund dengan masa kontrak empat tahun setengah bernilai 20 juta euro.

3. Matthijs De Ligt (70 juta euro)

Pemain 22 tahun asal Belanda ini memulai karier gemilangnya di Ajax. Ia tampil menyala dan kualitas bermain sebagai pemain bertahan menarik perhatian banyak klub Eropa. Raiola melihatnya dan langsung menggandengnya. Ia kemudian sukses mengantarnya ke Juventus pada 18 July 2019. De Ligt dikontrak hingga 30 Juni 2024 dengan nilai 75 juta euro plus 10.5 juta euros sebagai tambahan.


4. Gianluigi Donnarumma (65 juta Euro)

Kiper Italia ini memulai debutnya di AC Milan. Setelah 6 tahun di sana ia hijrah ke PSG dengan status bebas transfer dan menek kontrak hingga 5 tahun.

5. Paul Pogba (55 juta euro)

Gelandang Perancis memulai kariernya bersama Manchester United dan pindah dengan status gratis ke Juventus. Setelah ditangani Raiola pada 2016, Pogba kemudian kembali ke Manchester United dengan rekor transfer 120 juta euro. Pogba menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah pada masa itu.

6. Marco Verratti (55 juta euro)

Melakoni debut untuk klub Pescara di Italia pada 2008, Verratti kemudian perlahan menembus ke Timnas Italia. Raiola melihat potensinya dan kemudian mewakilinya. Pada 18 Juli 2012, Verratti dapat tawaran dari PSG dan dikontrak dengan mahar 12 juta euro.


7. Stefan De Vrij (35 juta euro)

Bek Belanda ini awalnya bermain untuk Lazio lalu pindah secara kontroversial ke Inter Milan pada 2018 dengan kontrak hingga 2023.

8. Ryan Gravenberch (35 juta euro)

Bek Belanda ini salah satu pemain terbilang penting yang baru saja diwakili Raiola. Gravenberch saat ini bermain untuk Ajax dan berharap Mino dapat mengantarnya menembus klub elit di Eropa.

9. Irving Lozano (35 juta euro)

Bintang Meksiko ini salah satu talenta menjanjikan negaranya. Dari Pachuca ia pindah ke PSV Eindhoven. Raiola kemudian membantunya berlabuh ke Napoli, Italia dengan kontrak senilai 42 juta euro bermasa lima tahun.


10. Moise Kean (28 juta euro)

Striker Italia ini melakoni debut di Juventus sebelum ke Hellas Verona dan EvertonThe Italian striker made his debut at Juventus, went to Hellas Verona and Everton. Ia sempat dipinjamkan ke PSG, sebelum dipinjamkan ke Juventus selama dua musim. Peminjaman itu kabarnya bernilai tujuh juta euro dengan opsi pembelian senilai 28 juta euro.

Sumber: Marca

 
Berita Terpopuler