Insiden Tabrakan di GP Imola Buat Carlos Sainz Marah, Daniel Ricciardo Langsung Minta Maaf

Saat melaju di chicane pertama, Carlos Sainz bersenggolan dengan Daniel Ricciardo.

EPA-EFE/SANNA
Pembalap Ferrari Carlos Sainz saat mobilnya masuk gravel pada balapan Formula Satu (F1) di GP Emilia Romagna yang membuatnya tidak bisa melanjutkan balapan.
Rep: Anggoro Pramudya Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, EMILIA ROMAGNA -- Tim Scuderia Ferrari harus menelan pil pahit setelah dua pembalapnya gagal naik podium Formula Satu (F1) di GP Emilia Romagna 2022. Carlos Sainz dan Charles Leclerc gagal memenuhi ekspektasi publik sendiri.

Baca Juga

Insiden nahas terjadi pada Carlos Sainz. Kiprahnya di lintasan hanya bertahan dua setengah tikungan. Ia dan Daniel Ricciardo terkena kontak pada lap pembuka yang memaksa Sainz masuk ke gravel dan keluar dari balapan.

Purnalomba, Sainz mengaku tidak senang setelah keluar dari lintasan kali kedua secara berturut. Pasalnya, sebelum turun di Imola, Italia, pembalap asal Spanyol juga gagal menginjak pedal gasnya di Sirkuit Melbourne, Australia.

"Itu awal yang sulit seperti yang Anda lihat. Saya pikir saya meninggalkan banyak ruang untuk Daniel di bagian dalam, tapi dia memutuskan untuk membanting stir ke saya," kata Sainz menyesali dilansir laman resmi F1, Senin (25/4/2022).

Sainz yang start dari posisi keempat mengawali balapan dengan kurang bagus dan melewati banyak pembalap. Saat melaju di chicane pertama, pembalap Spanyol ini malah bersenggolan dengan Ricciardo.

Mobil F1-75 yang dikendarai Sainz terjebak di gravel sementara Ricciardo masih bisa membawa mobilnya kembali ke trek. Yellow flag langsung dikibarkan disusul keluarnya safety car yang datang mengamankan balapan.

"Ya, seperti yang saya katakan, awalnya tidak bagus. Kami akan menganalisis, saya adalah orang yang tidak beruntung karena kesalahan seseorang, saya harus membayarnya. Begitulah adanya," sambung Sainz.

Keluarnya Carlos Sainz jelas sangat disayangkan karena mantan pembalap McLaren itu tampil sangat bagus pada balapan sprint sehari sebelumnya.

Di sisi lain, Daniel Ricciardo mengaku kesalahannya dengan mengangkat tangan dalam insiden tersebut. Pembalap asal Australia pun langsung meminta maaf kepada Sainz.

"Jelas itu bukanlah yang saya inginkan. Saya pikir saya naik ke trotoar hanya untuk mencoba memberikan ruang untuk diri saya sendiri, tetapi ketika saya kembali ke dalam lintasan saya meluncur ke dalam mobilnya," kata Ricciardo menjelaskan.

Gagal finisnya Sainz membuat tim Red Bull diuntungkan untuk bisa mengejar poin Ferrari di klasemen F1. Terlebih dua pembalap Red Bull Max Verstappen dan Sergio Perez sukses menduduki podium pertama dan kedua.

Saat ini Verstappen mengemas nilai 59 di klasemen sementara. Torehan tersebut membuatnya menduduki kursi kedua di bawah pembalap Leclerc yang bercokol di puncak klasemen.

Leclerc saat ini mendulang angka 86 poin meski pada balapan di GP Emilia Romagna, pembalap asal Monaco tersebut harus puas tertahan di posisi keenam.

Klasemen Sementara Pembalap Formula 1 Setelah GP Emilia Romagna:

1 Charles Leclerc Scuderia Ferrari 86

2 Max Verstappen Oracle Red Bull Racing 59

3 Sergio Perez Oracle Bull Racing 54

4 George Russell Mercedes AMG Petronas 49

5 Carlos Sainz Scuderia Ferrari 38

6 Lando Norris McLaren 35

7 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas 28

8 Valtteri Bottas Alfa Romeo Orlen 24

9 Esteban Ocon BWT Alpine 20

10 Kevin Magnussen Haas 15

11 Daniel Ricciardo McLaren 11

12 Yuki Tsunoda Scuderia AlphaTauri 10

13 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri 6

14 Sebastian Vettel Aston Martin Aramco Cognizant 4

15 Fernando Alonso BWT Alpine 2

16 Guanyu Zhou Alfa Romeo Orlen 1

17 Alexander Albon Williams Racing 1

18 Mick Schumacher Haas 0

19 Lance Stroll Aston Martin Aramco Cognizant 0

20 Nico Hulkenberg Aston Martin Aramco Cognizant 0

21 Nicholas Latifi Williams Racing 0

 
Berita Terpopuler