Tujuh Doa Harian Terbaik Umat Muslim, Mulai dari Perlindungan Hingga Depresi

Jangan banyak bicara tanpa mengingat Allah.

Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi). Tujuh Doa Harian Terbaik Umat Muslim, Mulai dari Perlindungan Hingga Depresi
Rep: mgrol135 Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika kita merasa cemas dan sulit di dalam hidup, ketika kita merasa rendah secara spiritual, dan jiwa kita menjadi gelap dan kita tidak merasa ingin melakukan apa-apa, hati kita menjadi keras dan hari-hari kita menjadi kosong.

Baca Juga

Beberapa dari kita menggunakan dokter dan obat-obatan atau mencari bantuan dalam membicarakan masalah mereka kepada orang-orang, tetapi beberapa dari kita ingat untuk berpasrah kepada Allah, di tempat pertama untuk mengobati masalah kita. Kita tahu bahwa Allah adalah Maha Kasih Sayang, kita percaya Dia lebih besar dari masalah kita.

Nabi Muhammad bersabda, “Jangan banyak bicara tanpa mengingat Allah. Sesungguhnya berbicara berlebihan tanpa mengingat Allah mengeraskan hati. Dan sesungguhnya orang yang paling jauh dari Allah adalah orang yang keras hati.” (HR At-Tirmidzi 2411)

Dia juga berkata, “Rumah yang di dalamnya ada dzikir kepada Allah dan rumah yang di dalamnya tidak berdzikir adalah seperti orang yang hidup dan yang mati.” (HR Muslim 779)

Berikut ini adalah beberapa doa dan hadits penting yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad (SAW) untuk kita praktikkan sehari-hari.

Tujuh Doa Harian Terbaik Umat Muslim

1. Dzikir Terbaik

Dzikir terbaik adalah “Tidak ada yang berhak disembah selain Allah (La ilaha illallah) dan doa terbaik adalah: Segala puji bagi Allah (alḥamdulillah). (HR At-Tirmidzi 3383)

2. Doa Terbaik untuk Memuliakan Allah

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقَهِ وَرِضَى نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ

“Subhana Allah wa bihamdihi adada khalqihi wa rida nafsihi wa zinata arshihi wa midada kalimatihi.”

Artinya: “Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, sebanyak hitungan makhluk-Nya, menurut keridhoan-Nya, menurut arsy-Nya, dan sebanyak tinta kalimat-Nya” “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya; sebanyak bilangan makhluk-Nya, serela diri-Nya, setimbangan ‘arsy-Nya, dan sebanyak tinta (bagi) kata-kata-Nya.” Tiga kali (HR Muslim dari Juwairiyah)

3. Doa Terbaik

رَبَّنَا آتِنَا فِي اَلدُّنْيَا حَسَنَةً, وَفِي اَلْآخِرَةِ حَسَنَةً, وَقِنَا عَذَابَ اَلنَّارِ

“Rabbana atina fi dunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qina adhaba an-nar.”

Artinya: Ya Tuhan kami, berikan kami yang terbaik di dunia ini dan yang terbaik di kehidupan berikutnya, dan lindungi kami dari siksa neraka. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

4. Doa Terbaik untuk Memohon Pengampunan

Nabi (saw) bersabda:

“Cara memohon ampunan Allah yang paling utama adalah:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa an abduk wa ana ala ahdika wa wa'dika ma istata'tu, a'udhu bika min sharri ma sana'tu, abou' laka bi ni'matika alaya, wa abou'u bi dhanbi , fa-ghfir li, fa innahu la yaghfiru dhunuba illa anta.”

Artinya: “Ya Allah! Anda adalah Tuhan saya. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau. Anda menciptakan saya dan saya adalah hamba Anda dan saya mematuhi perjanjian dan janji Anda sebaik mungkin. Aku berlindung kepadamu dari kejahatan yang telah aku lakukan. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengetahui dosa-dosaku, maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Jika seseorang membaca doa ini di malam hari, dan jika dia mati kemudian, dia akan masuk surga (atau dia akan menjadi penghuni surga). Dan jika dia membacanya di pagi hari, dan jika dia mati pada hari yang sama, dia akan memiliki nasib yang sama.” (Al-Bukhari 6323)

5. Doa Terbaik untuk Perlindungan

Bacalah doa ini yang membaca tiga kali setiap pagi dan sore, Nabi bersabda:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Bismillah alladhi la yadorru ma'a ismihi shay' fil ardi wala fi sama' wa huwa sami'u al alim”

Artinya: “Dengan Nama Allah yang dengan Nama-Nya ada perlindungan dari setiap jenis bahaya di bumi atau di langit, dan Dia adalah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui,' tidak ada yang akan menyakitinya.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

6. Dua Terbaik untuk Depresi

“Doa Dhun-Nun (Nabi Yunus) ketika dia berdoa, sementara di dalam perut ikan paus adalah:

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu mina adhalimeen.”

Artinya: “Tidak ada yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang melampaui batas.”

Maka sesungguhnya tidak ada seorang muslim pun yang berdoa dengannya untuk selamanya, kecuali Allah mengabulkannya.” (At-Tirmidzi)

7. Doa Terbaik untuk Kedamaian Batin

Abu Musa R.A. bersabda:

Rasulullah bersabda kepadaku:

“Maukah aku membimbingmu ke harta dari harta Jannah?”

Saya berkata:

“Ya, ya Rasulullah!”

Kemudian Rasulullah (SAW) berkata:

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

“La hawla wa la quwwata illa bi Allah al 'aliyyi al adhim.”

Artinya: (Bacalah) 'La hawla wa la quwwata illa billah' (Tidak ada perubahan keadaan dan kekuasaan kecuali dengan izin Allah). (HR Al-Bukhari dan Muslim)

https://aboutislam.net/reading-islam/finding-peace/remembering-allah/7-best-duas-every-muslim-should-say/

 
Berita Terpopuler