Ramadhan Penuh Berkah, Ini Hadis tentang Keistimewaan Orang Berpuasa

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Dianjurkan melakukan amal baik sebanyak-banyaknya

network /Rahmat Fajar
.
Rep: Rahmat Fajar Red: Partner

Keterangan: Jamaah masjid akan melaksanakan buka puasa

Sumber Foto: Republika

NYANTRI--Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Ia yang terbaik di antara bulan-bulan lainnya. Oleh karena itu banyak hadis yang menerangkan tengan keistimewaan ini. Banyak orang-orang juga yang berlomba-lomba melakukan amal kebaikan demi mendapatkan keberkahan ramadhan.

Dikutip dari laman resmi MUI Jawa Timur, ada beberapa hadis tentang keistimewaan orang yang berpuasa di bulan ramadhan di antaranya: “Surga memiliki delapan pintu, salah satunya adalah Rayyan, hanya dimasuki oleh orang yang berpuasa” (HR Al-Bukhari).

Doa-doa bagi mereka yang berpuasa juga mendapatkan tempat di bulan ramadhan. Doa mereka diantara yang dikabulkan sebagaimana bunyi hadis: “Ada tiga orang yang tidak ditolak doanya, Iman yang adil, orang puasa sampai berbuka dan doa orang yang dianiaya” (HR Ahmad).

Keberkahan bulan ramadhan lainnya adalah puasa sebenarnya menyehatkan sebagaimana hadis: “Lakukanlan perjalanan maka akan beruntung. Puasalah maka akan sehat. Peranglah mak akan mendapatkan harta rampasan perang” (HR Ahmad).

Di setiap ramadhan, ada banyak kegiatan amal yang dilakukan oleh individu, kelompok atau lembaga tertentu. Misalnya membagi-bagikan takjil. Dari kegiatan tersebut banyak orang menerima manfaatkan mulai dari pedagang asongan, warga yang sedang terjebak di jalan saat masuk berbuka puasa hingga orang-orang tak mampu.

Dalam sebuah hadis disebutkan: “Barangsiapa memberi makan buka puasa maka baginya seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahalanya sedikitpun” (HR Tirmidzi).

 
Berita Terpopuler