West Side Story Dipuji, Steven Spielberg Tetap tak MInat Arahkan Film Musikal Lagi

Steven Spielberg tak tertarik menyutradarai film musikal lagi usai West Side Story.

EPA
Sutradara film Hollywood Steven Spielberg tak ingin menyutradarai film musikal lagi. Padahal, West Side Story yang diarahkannya mendapat pujian dari kritikus.
Rep: Rahma Sulistya Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Steven Spielberg telah selesai mengarahkan sebuah film musikal. Meskipun dipuji atas karya-karyanya yang melintasi banyak genre, ia bertekad untuk tidak menyutradarai film musikal lain setelah film adaptasinya West Side Story mendapat pujian dari kritikus.

"Hari terburuk dalam syuting West Side Story adalah hari terakhir, karena saya tahu saya tidak akan mengarahkan film musikal lain," kata pria berusia 75 tahun itu ketika berbicara tentang film terbarunya dalam acara Producers Guild of America pada Sabtu (19/3/2022) lalu.

Meski tidak akan menyutradarai film musikal lagi, Spielberg tidak menutup kemungkinan akan terlibat sebagai produser dalam proyek musikal di masa depan. Dia saat ini ikut memproduksi film musikal The Color Purple yang dibintangi Fantasia Barrino dan Danielle Brooks.

Selama panel di Pusat Budaya Skirball, Spielberg juga menjawab pertanyaan tentang bagaimana produser bisa sukses dan memasuki bisnis. Menurutnya, itu berkat keterlibatan perempuan.

"Saya selalu dan akan selalu memiliki kerja sama dengan perempuan. Saya percaya pada kekuatan produser. Kita bukan hanya pemimpin. Kita adalah terapis. Saya mengandalkan seseorang yang lebih kuat dari saya untuk menghasilkan (film)," ujar dia.

Baca Juga

Spielberg sebelumnya berbicara tentang menantang dirinya sendiri dengan menangani genre musikal. Hal itu ia ungkapkan dalam sebuah wawancara tahun 2021 dengan Yahoo.

"Selama kurang lebih 40 tahun terakhir karier saya, saya selalu mengatakan, musik adalah satu hal yang belum saya lakukan," katanya.

Adegan film West Side Story arahan sutradara Steven Spielberg. - (Dok 20th Century Studios)

"Hal yang saya lupa katakan, yang belum pernah saya lakukan, dan satu genre yang belum benar-benar saya tangani, adalah West. Jadi, siapa tahu, mungkin saya akan memacunya suatu hari nanti. Ada beberapa film dalam pengembangan sekarang, tetapi siapa yang tahu mana yang akan muncul ke permukaan," ungkap dia.

Spielberg menerima beberapa nominasi karena mengarahkan West Side Story, termasuk nominasi di DGA Awards dan nominasi Oscar untuk Film Terbaik serta Sutradara Terbaik. Dia masuk nominasi untuk Penghargaan Darryl F Zanuck PGA, tetapi kalah dari CODA.

 
Berita Terpopuler