Dampak Invasi Rusia di Bidang Sains, Krisis Energi Hingga Misi Antariksa Ditangguhkan

Misi Rusia ke Mars bersama Eropa dibatalkan.

AP/AOES medialab M.Thiebaut/European Space Ag
Ilustrasi yang disediakan oleh Badan Antariksa Eropa ini menunjukkan penjelajah ExoMars Eropa-Rusia. Pada hari Senin, 28 Februari 2022, ESA mengatakan rencana peluncuran misi bersama dengan Rusia ke Mars tahun ini sekarang “sangat tidak mungkin” karena sanksi terkait dengan perang di Ukraina.
Rep: mgrol136 Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 24 Februari 2022, Rusia menyatakan perang terhadap Ukraina. Rusia menargetkan lebih dari selusin kota termasuk pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl pada hari pertama invasi.

Baca Juga

Konflik yang berkepanjangan memiliki konsekuensi luas bagi perusahaan dan organisasi yang terkait dengan sains di seluruh dunia.

Berikut ini adalah dampak-dampak invasi Rusia terhadap sains, dilansir dari Live Science:

Peringatan krisis energi 

Dilansir dari The New York Times, Badan Energi Internasional memperingatkan bahwa invasi Rusia ke Ukraina pasti akan mengakibatkan krisis energi di seluruh dunia. Badan tersebut, yang dibentuk setelah krisis minyak 1973 untuk membantu menstabilkan pasar energi global, menawarkan sejumlah saran untuk membantu negara-negara mengurangi ketergantungan mereka pada minyak.

Pasokan pangan terancam

Dilansir dari The Guardian, Program Pangan Dunia (WFP) sedang berusaha untuk mengangkut pasokan makanan darurat ke kota-kota Ukraina yang terkena dampak parah seperti Kiev, Kharkiv, dan Dnipro. 

Misi Antariksa yang ditangguhkan

Misi Mars yang bekerja sama dengan Rusia telah ditangguhkan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA). Dewan Badan Antariksa Eropa mengumumkan pada Kamis (1/3/2022) bahwa badan tersebut tidak dapat lagi melakukan kerja sama berkelanjutan dengan Roscosmos dalam misi penjelajah ExoMars dengan peluncuran pada tahun 2022.

Program ExoMars melibatkan pengiriman penjelajah dan platform permukaan Rusia ke Planet Merah.

Menurut ESA, studi jalur cepat akan dilakukan untuk mengidentifikasi kemungkinan kemungkinan jalan ke depan untuk mewujudkan misi penjelajah ExoMars. ExoMars akan mencari bukti kemungkinan kehidupan masa lalu di Mars. Karena masalah terkait pandemi, ekspedisi sebelumnya ditunda hingga 2020.

Kepulangan astronaut AS

Dilansir dari BBC, terlepas dari kekhawatiran awal bahwa kemungkinan tertinggal karena ketegangan atas invasi Rusia ke Ukraina, astronot AS Mark Vande Hei akan kembali ke Bumi dengan pesawat ruang angkasa Rusia bersama dua kosmonot Rusia.

Vande Hei, 55, telah berada di luar angkasa selama 355 hari. Ini adalah rekor baru AS untuk periode waktu terlama yang dihabiskan di orbit. Pada 30 Maret, dia dan dua kosmonot dijadwalkan mendarat di Kazakhstan.

 

Penjualan roket dihentikan

Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Rusia Roscosmos, menyatakan di televisi pemerintah awal bulan ini bahwa Rusia akan menghentikan penjualan roket ke Amerika Serikat sebagai reaksi terhadap sanksi AS.

Chernobyl kehilangan daya listrik

Konflik Rusia berdampak pada PLTN Chernobyl yang sudah tidak aktif di Ukraina. Pada 13 Maret, kurang dari 24 jam setelah listrik pabrik dipulihkan pada 13 Maret, pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang mati kehilangan daya lagi.

Ukrenergo, operator jaringan listrik Ukraina, telah meminta akses aman ke lokasi sehingga kru perbaikan dapat memeriksa dan memperbaiki saluran listrik tegangan tinggi pabrik.

Sekitar 20.000 unit bahan bakar nuklir bekas berada di tangki pendingin pabrik. Pejabat Ukraina telah memperingatkan bahwa tanpa daya yang dapat diandalkan, kemungkinan penguapan dan pelepasan bahan nuklir di lokasi akan meningkat.

Namun, para ahli nuklir, termasuk Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Perserikatan Bangsa-Bangsa, telah mengabaikan ketakutan ini, mengklaim bahwa mematikan daya ke pembangkit listrik Chernobyl tidak akan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keselamatan pembangkit.

Harga energi meningkat

Harga energi di Uni Eropa meroket sebagai akibat dari sanksi yang dikenakan kepada Rusia atas invasinya ke Ukraina.

Dilansir dari Reuters, Nikolai Kobrinets, pejabat kementerian luar negeri Rusia, memperingatkan UE akan membayar setidaknya tiga kali lebih banyak untuk minyak, gas, dan listrik Rusia. 

"Saya tidak percaya Uni Eropa akan mendapat manfaat dari ini - kami memiliki pasokan yang lebih tahan lama dan saraf yang lebih kuat," kata Kobrinets kepada Interfax

Rusia adalah produsen minyak utama di dunia, Badan Energi Internasional (IEA) merilis proposal 10 poin bulan ini untuk membantu Uni Eropa mengurangi ketergantungannya pada gas alam Rusia.

IAEA Kehilangan kontak dengan PLTN Zaporizhzhia 

Pada 10 Maret 2022, Badan Pengawas Atom PBB (IAEA) kehilangan kontak dengan PLTN Zaporizhzhia. Itu berarti IAEA tidak lagi menerima transmisi data dari pembangkit listrik Zaporizhzhia atau pembangkit listrik Chernobyl yang dinonaktifkan, yang jalur komunikasinya sebelumnya telah dihancurkan.

IAEA tidak dapat memeriksa apakah persyaratan keselamatan kritis sedang diikuti atau bahwa material tidak diangkut dari posisinya saat ini karena tidak memiliki mekanisme untuk memantau bagaimana material nuklir ditangani di fasilitas ini.

"Transmisi data jarak jauh dari peralatan pengamanan IAEA yang terletak di lokasi nuklir di seluruh dunia merupakan komponen penting dari penerapan pengamanan kami, di Ukraina dan secara global," 

 

Perang Rusia, perang bahan bakar fosil

Svitlana Krakovska, seorang ilmuwan terkemuka di Institut Hidrometeorologi Ukraina, dan tim ilmuwan Ukraina lainnya terus menghadiri pertemuan virtual yang dikelola PBB untuk mempersiapkan laporan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC). Dilansir dari The Guardian pada Rabu (9/3/2022), anggota delegasi harus meninggalkan proyek segera mencari perlindungan di tempat penampungan serangan udara atau melarikan diri sepenuhnya dari Ukraina.

"Jelas bahwa akar dari kedua risiko terhadap kemanusiaan ini berakar pada bahan bakar fosil." kata Krakowska.

"Pembakaran minyak, gas, dan batubara menyebabkan pemanasan dan dampak yang perlu kita adaptasi. Dan Rusia menjual sumber daya ini dan menggunakan uangnya untuk membeli senjata," katanya.

Uni Eropa akan mengurangi ketergantungan pada minyak Rusia

Presiden AS Joe Biden menyatakan pada hari Selasa (8/3/2022) bahwa Amerika Serikat akan melarang impor minyak, gas, dan batubara Rusia. Amerika Serikat mengimpor kurang dari 10 persen energinya dari Rusia, tetapi pembatasan itu diperkirakan akan mempengaruhi harga gas dan barang-barang minyak lainnya di Amerika Serikat.

 

Komisi Eropa juga meluncurkan dua langkah  untuk mengurangi ketergantungan Uni Eropa (UE) pada gas Rusia hingga dua pertiga tahun ini dan untuk membuat negara-negara yang berafiliasi dengan UE "independen" dari bahan bakar fosil Rusia pada tahun 2030. Gas alam cair sekarang akan datang dari Amerika Serikat dan Qatar, bukan dari Rusia. Sementara bio metana dan hidrogen akan digunakan lebih banyak di tahun-tahun mendatang.

 
Berita Terpopuler