Inovasi Casio Emi dalam Pusaran Krisis Manufaktur Global

Industri manufaktur global tengah menghadapi krisis berat, karena kombinasi dari berb

Istimewa
Casio Emi terus berinovasi dan rajin meluncurkan belasan model baru yang modern, inovatif dan unik di tengah krisis manufaktur global.
Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, sangat sulit bagi pabrikan ataupun mata rantai distribusi untuk melakukan forecast/prakiraan permintaan (bahan baku maupun produk jadi). Penyebabnya, karena situasi hulu dan hilir yang sangat tidak menentu. 

Dalam setahun belakangan ini, bahkan ada pabrikan yang mengubah harga hingga dua kali hanya dalam tempo 8 bulan. "Hal yang rasanya tidak mungkin terjadi dalam situasi normal dengan kenaikan harga berkisar antara 5 hingga 50 persen," kata Director of Sales PT Kairos Multi Jaya, Athanasius Cahyo Budiono, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (12/3/2022).

Adapun factor-faktor penyebab krisis manufaktur tersebut antara lain disebabkan oleh situasi pandemic Covid-19 yang secara drastis mengurangi interaksi sosial, memaksa struktur pasar untuk bertransformasi, masalah rantai pasokan elektroknik (electronic supply chain issue) yang disebabkan oleh kelangkaan chip/semikonduktor sebagai salah satu komponen penting.

Selain itu, lonjakan permintaan pasokan bahan baku dan permintaan akan produk jadi naik signifikan tanpa diimbangi dengan ketersediaan tenaga kerja yang cukup ditambah krisis energi di China serta diperburuk dengan masalah pengiriman global.

"Secara umum, industri apapun di dunia ini terkena dampak dari krisis global tersebut dan memaksa pabrikan untuk menaikkan harga secara signifikan termasuk industri Audio dan Musical Instrument. Tidak terkecuali Casio Emi," ujar Cahyo.

Namun di tengah krisis tersebut, ucap dia, pihaknya justru berhasil ‘mengamankan’ komponen-komponen produksi beserta proses produksinya. Sehingga, Casio Emi tidak sampai mengalami kelangkaan barang hingga berbulan-bulan seperti dialami oleh-brand-brand lain. 

Bahkan, boleh dibilang Casio Emi tidak mengalami kelangkaan tersebut. Untuk proses shipping, sampai saat ini masih tepat waktu walapun ongkos kirim harus mengikuti kenaikan biaya kirim yang terjadi.  

“Sebenarnya sejak April 2021, kami sudah berencana untuk menaikkan harga jual. Namun, dengan berbagai pertimbangan kenaikan tersebut, akhirnya kami putuskan untuk membatalkan dan baru pada Januari 2022 ini dengan sangat terpaksa menyesuaikan harga jual produknya karena situasi yang sudah tidak dapat dihindarkan,” ujar Cahyo.

Bahkan dalam situasi krisis seperti saat ini, kata dia, Casio Emi terus berinovasi dan rajin meluncurkan belasan model baru yang modern, inovatif dan unik. Namun, tetap dengan harga yang terjangkau! Seperti ditunjukkan pada model-model baru yang di-launching hari ini. Di antaranya CT-S1000V, CT-S500, CDP-S110, CDP-S160, CDP-S360, PX-S1100 dan PX-S3100.

"Ini adalah hal yang sangat luar biasa, mengingat brand kompetitor alih-alih meluncurkan produk baru mereka masih sibuk berkutat mengamankan pasokan ke pasar," ujarnya.

 

 
Berita Terpopuler