Menelusuri Jejak Islam di Wilayah Kutub Utara

Salah satu adaptasi yang paling rumit adalah adaptasi Islam ke Kutub Utara.

Kutub Utara
Rep: Umar Mukhtar Red: Agung Sasongko

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luke Campopiano memberikan gambaran tentang praktik ibadah Islam di wilayah kutub Utara, lewat artikelnya yang dimuat di laman The Arctic Institute. Dia menjelaskan, agama-agama universal, seperti Islam, Kristen, dan Buddha, sering kali menjangkau wilayah geografis yang jauh dari daerah asalnya untuk mencari pemeluk baru.

Baca Juga

"Tidak ada ritual harian agama yang berkaitan erat dengan pergerakan Matahari selain Islam. Lantas bagaimana ketika Matahari tidak pernah terbit atau terbenam," jelas Campopiano mempertanyakan.

Islam menonjol di seluruh Asia dan Afrika Utara, dan telah menyebar jauh melampaui wilayahnya di Jazirah Arab. Konsekuensi penting dari aspek agama universal ini adalah perlunya beradaptasi dengan budaya dan iklim yang sangat berbeda. Salah satu adaptasi yang paling rumit adalah adaptasi Islam ke Kutub Utara.

Masjid Inuvik, Winnipeg - ()

Terutama terkait persoalan latitudinal untuk menggambarkan kesulitan menerapkan praktik Islam dalam kondisi Arktik. "Saya akan mengeksplorasi masalah garis lintang melalui tiga periode waktu yang berbeda: abad pertengahan, abad kesembilan belas, dan zaman modern," kata Campopiano.

Pada periode abad pertengahan, para pelancong Muslim yang pergi ke wilayah utara berkomentar tentang kondisi matahari Arktik yang keras, tetapi jarang mempertimbangkan implikasi praktisnya bagi praktik Islam. Pada abad kesembilan belas, reformis Islam bentrok dengan otoritas agama tentang kemungkinan ijtihad mengenai sholat Isya.

 

Di dunia kontemporer, umat Islam di Kutub Utara harus menavigasi masalah global termasuk skeptisisme migran, perpecahan etnis, ekstremisme agama, dan sekuritisasi. Namun, Islam Arktik mempertahankan kekhasan pentingnya karena terdapat tantangan unik yang ditimbulkan oleh kondisi iklim dan matahari.

Umat Islam diwajibkan untuk memenuhi lima rukun Islam. Dua dari pilar ini dipengaruhi oleh lokasi latitudinal praktis. Yang pertama adalah puasa di bulan Ramadhan. Menurut Alquran, umat Islam harus berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam selama Ramadhan. Rukun Islam kedua yang relevan adalah sholat lima waktu yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Maghrib dan 'Isya dilakukan masing-masing saat matahari terbenam dan senja. Puasa Ramadhan dan sholat 5 waktu dikembangkan di tanah air Islam di Semenanjung Arab. Dengan demikian, waktu kegiatan tersebut didasarkan pada perilaku matahari di wilayah itu. Namun, di Kutub Utara, kondisinya sangat berbeda. Di lintang yang sangat tinggi, siang atau malam 24 jam terjadi, menghilangkan konteks matahari untuk puasa atau sholat 5 waktu.

"Di lintang yang lebih rendah, waktu sholat akan terpengaruh dan lamanya puasa Ramadhan akan jauh lebih banyak atau jauh lebih sedikit daripada yang semula dimaksudkan. Muslim, baik ulama dan praktisi awam, telah bergulat dengan efek lintang pada praktik Islam selama beberapa abad," paparnya.

Penjelajah muslim dari zaman keemasan. (ilustrasi) - (republika)

Pada tahun 921, Ibnu Fadlan, seorang utusan yang dikirim oleh Khalifah pada Era Abbasiyah, berangkat dari Baghdad menuju tanah Volga Bulghars (terletak di dekat Kazan, Rusia). Pemimpin Volga Bulghar masuk Islam dan meminta bantuan dari Khalifah dalam pengajaran Islam dan pembangunan masjid dan benteng.

Ibnu Fadlan dipilih menjadi penasihat agama Bulghar. Ibnu Fadlan menulis bahwa di tanah Bulghar, hari-hari sangat panjang dan terus begitu untuk bagian tertentu dalam setahun serta waktu malam yang pendek. Kemudian malam bertambah panjang dan siang bertambah pendek. Ibnu Fadlan sangat menyadari kesulitan menyesuaikan diri dengan praktik Islam di dataran tinggi seperti itu, terutama mengingat kebaruan agama di Bulghar.

 

 

Pada tahun 943, Al-Mas'udi menulis bahwa di negeri Bulghar, malam-malam sangat singkat selama sebagian tahun. Mereka bahkan mengatakan bahwa antara malam dan fajar seseorang hampir tidak punya waktu untuk memasak pancinya sampai mendidih.

Lalu pada tahun 951, Istakhri menulis bahwa di kota Bulghar, malam di musim panas begitu singkat sehingga seorang pria tidak bisa melakukan perjalanan lebih dari satu farsakh (3 hingga 4 mil atau 5 hingga 6 kilometer). Di musim dingin, siangnya pendek dan malamnya panjang, sampai-sampai siang di musim dingin seperti malam di musim panas.

Sebuah karya Marwazi dari sekitar tahun 1130 memuat informasi serupa. Dua abad kemudian, tulis Al-Umari, di Bulghar, malam terpendek berlangsung 4 jam dan sebuah kota yang berjalan dua puluh hari ke utara memiliki malam terpendek yaitu 3 jam.

Kemungkinan besar pelancong Muslim paling terkenal yang mengomentari masalah garis lintang adalah Ibnu Battuta, yang telah mendapat pengakuan luas karena pengembaraannya di seluruh dunia dari Afrika Utara ke tempat-tempat yang jauh seperti India, Cina, dan Eropa Timur dari tahun 1325 hingga 1354.

Ibnu Batuta menulis tentang kota Bulghar bahwa dirinya berada di kota tersebut selama bulan Ramadhan. "Ketika kami telah sholat Maghrib, kami berbuka. Adzan dikumandangkan saat kami makan-makanan ini dan pada saat kami shalat subuh telah terbit," tulis Ibnu Batuta.

Deskripsi ini, meskipun menggugah dan bahkan sedikit lucu, dianggap dengan kecurigaan oleh para sarjana di kemudian hari. Tim Mackintosh-Smith berpendapat bahwa perjalanan Ibnu Battuta ke Bulghar adalah mustahil dalam waktu yang ditentukan dan mungkin menjadi interpolasi oleh editornya.

 

 

Demikian pula, Stephen Janicsek menulis bahwa perjalanan ke dan dari Bulghar yang diklaim oleh Ibnu Batuta telah dilakukan adalah satu-satunya narasi dalam seluruh catatan pengembaraannya yang tampaknya, tanpa diragukan lagi, merupakan pemalsuan.

Janicsek menunjukkan bahwa Ibnu Batuta akrab dengan Ibnu Fadlan dan penulis lain yang telah mengunjungi High North dan menggunakan catatan mereka untuk mengarang kunjungannya. Faktanya, Janicsek melangkah lebih jauh dengan menyatakan, "Kita dapat berasumsi dengan pasti bahwa pergantian siang dan malam yang panjang dan pendek selama musim panas dan musim dingin di kota Bulghar dikenal luas di semua negeri Islam pada Abad Pertengahan."

Para sarjana Muslim pada periode abad pertengahan sebagian besar tidak tertarik pada penyelesaian praktis dari masalah garis lintang. Seperti yang dikatakan oleh Karim Meziane dan Nidhal Guessoum, bahwa masalah hilangnya landmark langit untuk beberapa sholat lima waktu tidak benar-benar muncul untuk umat Islam, kecuali untuk beberapa pelancong petualang yang melakukan perjalanan cukup jauh ke utara untuk mengalami situasi tersebut.

Sejarah Volga Bulghars dicirikan oleh periode kemakmuran yang dibawa oleh jaringan perdagangan yang luas dan masa kehancuran oleh kelompok-kelompok yang bertikai. Dua lawan utama Bulghar adalah Khanate Mongol dan berbagai kerajaan Rus. Pada 1431, Volga Bulghar akhirnya dikalahkan, tetapi Khanate of Kazan muncul di tempat mereka. Namun, pada tahun 1552, Kazan juga telah jatuh ke tangan Rusia.

Sejak saat itu, Muslim di wilayah tersebut berada di bawah kendali pemerintah Kristen. Meskipun Kazan adalah wilayah yang ditaklukkan, untuk sementara waktu, pemerintah Rusia beroperasi dengan jarak yang jauh, periferal terhadap keberadaan mayoritas Muslim. Pemerintahan Catherine pada tahun 1760-an, secara diam-diam memberikan sanksi pemerintah untuk lembaga-lembaga Islam. Secara eksplisit menegaskan hak eksklusif administrasi kekaisaran untuk mengawasi dan mengatur lembaga-lembaga tersebut.

Sanksi resmi negara menyebabkan penguatan keilmuan hukum dan agama di wilayah tersebut. Namun, pada saat yang sama, hubungan dekat ulama dengan pemerintah Rusia memicu kritik atas independensinya yang tidak memadai. Dalam konteks budaya inilah pembaharu Abu Nasr Qursawi (1776–1812) beroperasi. Qursawi berpendapat bahwa penyesatan (ḍalala) merajalela, dan orang-orang harus mempelajari masalah ini, daripada mengandalkan orang tua atau guru yang pengetahuannya mungkin cacat.

"Tidak mengherankan, sudut pandang ini tidak populer dengan ulama daerah dan Qursawi sering menemukan dirinya dalam konflik intelektual dan bahkan bahaya fisik. Salah satu perbedaan pendapat yang signifikan antara Qursawi dan ulama adalah tentang shalat Isya," jelas Campopiano.

 

 

Menurut sebagian besar ulama Rusia, sholat tidak boleh dilakukan selama bulan-bulan musim panas ketika kondisi matahari yang tepat tidak dapat dipenuhi. Qursawi, di sisi lain, berpendapat bahwa sholat harus selalu dilakukan dan waktunya di musim panas adalah pertanyaan yang harus dijawab melalui ijtihad. Dengan menyatakannya sebagai masalah ijtihad, Qurṣawi menyiratkan bahwa dia, atau ulama yang memenuhi syarat, memiliki wewenang untuk menentukan waktu.

Ijtihad adalah istilah yang menimbulkan kontroversi yang cukup besar di kalangan ulama pemikiran Islam. Dalam Islam abad pertengahan, ijtihad berarti pengerahan tenaga mental oleh seorang ahli hukum untuk menemukan prinsip-prinsip hukum ilahi yang tidak eksplisit dalam Alquran. Banyak ulama berpendapat bahwa sekitar tahun 900, pintu ijtihad” telah ditutup dan tidak ada lagi pertimbangan hukum independen yang diperlukan.

Kehadiran Islam di Kutub Utara sebelum zaman modern, diciptakan oleh para pelancong yang terisolasi dan perpindahan agama massal, seperti yang terjadi di Bulghar. Namun, saat ini, sebagian besar komunitas Muslim di Kutub Utara hampir seluruhnya terdiri dari para migran dan tidak memiliki akar sejarah yang menjadi ciri Bulghar dan Kazan.

Dengan demikian, mereka memiliki banyak kesamaan dengan komunitas Muslim migran di luar Kutub Utara, yaitu menumbuhkan multietnis, memperebutkan kontrol institusional komunitas, interpretasi ideologis Islam yang berbeda, dan tren sekuritisasi. Migrasi Muslim modern dimulai di Kanada pada awal abad ke-20. Ali Ahmed Abouchadi datang ke Kanada pada tahun 1905 dari Lembah Beqaa di Lebanon modern dengan harapan dapat berpartisipasi dalam Demam Emas Klondike. Namun, pada saat dia tiba, Demam Emas sudah lama berakhir.

Abouchadi tinggal di Kanada dan terlibat dalam perdagangan bulu. Ia belajar bahasa Cree dan akhirnya menetap di Lac La Biche, yang akan menjadi titik pusat imigrasi Muslim ke Kanada pada paruh pertama abad kedua puluh. Sekitar 10 persen dari populasi Lac La Biche adalah Muslim, kemungkinan persentase terbesar dari setiap kota Amerika Utara pada saat itu.

Edmonton adalah tujuan awal lainnya bagi para imigran Muslim, banyak dari mereka datang ke Kanada untuk menghindari wajib militer di militer Ottoman. Pada tahun 1938, komunitas Muslim di Edmonton menyewa pembangun Ukraina-Kanada, Mike Drewoth, untuk membangun masjid pertama di Kanada. Masjid Al Rashid, yang terkenal karena kemiripan arsitekturnya yang luar biasa dengan gereja-gereja Ortodoks Timur, dipindahkan ke museum sejarah hidup Taman Fort Edmonton pada tahun 1992.

 

 

Di Rusia, migran Muslim yang datang ke Kutub Utara berasal dari Kaukus dan Asia Tengah. Kelompok-kelompok yang berbeda ini dapat membawa konflik etnis dan agama dengan mereka ke kota-kota Arktik. Marlene Laruelle dan Sophie Hohmann mencatat adanya konflik antara migran Muslim yang menganut mazhab Syafii, dan kelompok etnis mayoritas Muslim lainnya yang tergabung dalam mazhab Hanafi.

Kesulitan lingkungan Arktik tidak terbatas pada sinar matahari. Masjid yang dibangun di Kutub Utara harus disesuaikan dengan suhu dingin dan permafrost. Wudhu sebelum sholat, yang biasanya dilakukan di luar masjid, harus dipindahkan ke dalam dan pemakaman pun harus lebih dalam daripada yang ditentukan dalam praktik Muslim tradisional.

Terlepas dari kesulitan ini, komunitas Muslim di Kutub Utara juga melihat sisi positif yang signifikan dari lokasi mereka. Banyak kota Arktik, terutama di Rusia, cenderung tidak mengembangkan akar sejarah daripada kota-kota di selatan. Ini berarti bahwa migran Muslim tidak terlalu menonjol karena semua orang di sana adalah migran.

Persepsi tentang Arktik yang bersih juga dapat memberikan peluang ekonomi. Berry Siberia, daging rusa, dan bahkan air es telah dipasarkan sebagai makanan organik dan halal untuk pasar Muslim yang lebih luas. Komunitas Muslim Arktik kontemporer terlibat dengan banyak masalah yang sama yang ada di dunia pada umumnya, sementara masalah unik mereka dan sumber daya memberi mereka posisi yang sangat dinamis dalam komunitas Muslim global.

 

"Sejarah Islam di Kutub Utara memiliki sejarah yang panjang dan beragam, sejak lebih dari satu milenium. Dari Ibnu Fadlan hingga Ibn Battuta hingga Abu Nasr Qursawi hingga Muslim Arktik kontemporer, Islam Arktik telah menangkap imajinasi dan pikiran komunitas Muslim global. Islam Arktik malah menjadi salah satu komponen regional yang paling menantang, inovatif, dan dinamis dari agama universal mana pun," kata Campopiano.

 
Berita Terpopuler