Ini Penjelasan Pelatih Tunjuk Siti Fadia Jadi Pengganti Greysia Polii

Siti Fadia akan menggantikan Greysia Polii untuk berpasangan dengan Apriyani Rahayu.

network /Bilal Ramadhan
.
Rep: Bilal Ramadhan Red: Partner

Pemain ganda putri, Siti Fadia akan berpasangan dengan Apriyani Rahayu, menggantikan Greysia Polii

Pemain spesialis ganda putri, Apriyani Rahayu akan dicoba untuk berpasangan dengan pemain muda, Siti Fadia Silva Ramadhanti tahun ini. Sedianya pasangan baru ini akan debut di Jerman Terbuka 2022 namun gagal karena Apriyani yang cedera.

Namun di turnamen-turnamen besar, Apriyani masih akan bermain dengan Greysia Polii. Sambil menunggu Greysia mengumumkan gantung raket dari dunia bulu tangkis. Pelatih kepala ganda putri Pelatnas, Eng Hian atau kerap disapa Koh Didi menceritakan alasan pemilihan Fadia menjadi tandem Apri ke depan.

"Tadinya saya menyiapkan empat nama untuk menjadi partner Apri selepas Greysia pensiun. Siti Fadia Silva Ramadhanti, Ribka Sugiarto, Febby Valencia Dwijayanti Gani, dan Putri Syaikah. Lalu mengerucut menjadi dua nama yaitu Fadia dan Ribka," tutur Didi.

"Setelah berdiskusi dengan Binpres dan pengurus, lalu kondisi Ribka yang cedera di akhir tahun 2021 dan perlu waktu untuk pemulihan, maka pilihan jatuh kepada Fadia. Secara kemampuan sebenarnya dua pemain ini berbeda tipis dan keduanya mampu menjadi pasangan yang cocok untuk Apri," kata Didi.

Didi pun menegaskan tidak mau menaruh target dulu terhadap Siti Fadia. Dia akan fokus mengevaluasi penampilan anak asuhnya tersebut.

"Kalau melihat di latihan, secara pola main, komunikasi, dan lain sebagainya tidak ada masalah. Tapi baru benar-benar bisa dinilai nanti saat pertandingan kompetitif," ujar dia.

"Dalam 5-6 bulan ini saya tidak mematok target babak untuk Apri/Fadia. Tetapi saya fokus pada peningkatan dan penilaian performa. Tapi karena mereka diproyeksikan tampil di Olimpiade Paris 2024, saya berharap mereka bisa mendulang poin ranking sebanyak-banyaknya," pungkas Didi.

 
Berita Terpopuler